CARA MEMPERBAIKI KIPAS ANGIN YANG RUSAK

Panduan lengkap tentang bagaimana cara Memperbaiki banyak sekali kerusakan pada Kipas angin
Beberapa jenis Kerusakan pada kipas angin, misalnya kipas angin tidak mau menyala, kipas angin berputar pelan, kipas angin suaranya berisik, serta bagaimana cara memperbaiki kipas angin yang rusak tadi?
Kipas angin merupakan suatu alat yang bisa menghembuskan udara dingin, menggunakan prinsip kerja baling-baling yang berputar dengan memakai motor energi listrik.
Baca jua: Berbagai jenis kipas angin
Tentunya setiap benda yg bergerak atau berputar, lama kelamaan akan mengalami keausan serta kerusakan dalam beberapa komponennya, serta hal ini menjadi salah satu penyebab kipas angin rusak.
Mungkin anda pernah mengalami saat menyalakan Kipas angin di tempat tinggal , datang-datang Kipas angin tersebut nir mau berputar, padahal kabelnya telah terhubung ke stop hubungan, serta tombol sudah pada posisi “On”.
Baling-baling kipas angin nir mau berputar, bahkan lampu-lampu tanda yg ada dalam kipas angin tadi tidak ada yg menyala sama sekali, Kerusakan kipas angin seperti ini biasa diklaim menggunakan kipas angin meninggal total.
Atau mungkin kerusakan kipas angin yg anda miliki merupakan kipas nir berputar padahal lampu-lampu tandanya sudah menyala, serta terkadang ada suara bising atau mendengung.
Biasanya karena tidak mengerti tentang bagaimana cara memperbaiki kipas angin yg rusak tadi, penyelesaiannya merupakan membeli kipas angin yang baru, dan yg lama disimpan pada gudang atau bahkan pada buang.
Baca jua: Tips memilih Kipas angin yg anda butuhkan
Padahal sebenarnya, kipas angin yang rusak tadi masih sanggup diperbaiki dan anda bisa berhemat pengeluaran buat porto beli kipas angin baru.
Lalu bagaimana cara memperbaiki kipas angin yang rusak?
Untuk bisa memperbaiki banyak sekali kerusakan dalam kipas angin, pada kesempatan kali ini kita akan coba menyebarkan tentang berbagai macam kerusakan pada kipas angin serta bagaimana cara memperbaikinya.

Berbagai kerusakan dalam Kipas Angin serta Cara memperbaikinya


Beberapa jenis Kerusakan yg terjadi dalam kipas angin, antara lain:
  • Kipas angin Mati Total
  • Kipas angin nir mau berputar, tetapi lampu tanda masih menyala
  • Kipas angin berputar tapi pelan
  • Kipas angin berputar namun suaranya berisik
  • Putaran kipas angin terbalik
Bagaimana cara memperbaiki aneka macam kerusakan Kipas Angin tadi?
1. Kipas angin Mati total
Kipas angin rusak atau meninggal total, ditandai dengan Kipas angin tidak berputar sama sekali, serta seluruh lampu-lampu dalam kipas angin tersebut nir menyala.
Penyebabnya:
  • Arus listrik ke kipas angin terputus
Bagaimana cara memperbaiki kerusakan kipas angin yang mati total?
Cara perbaikannya:
  • Periksa arus listrik dalam Stopkontak
Periksa terlebih dahulu stopkontak yg digunakan untuk kipas angin tadi, menggunakan menggunakan testpen, stopkontak yang bagus yaitu: salah satu lubang waktu pada testpen maka tespen akan menyala, dan satu lubang lagi testpen nir menyala.
Baca jua: Cara menggunakan Testpen yang sahih serta aman
Jika pada tespen ke 2 lubang stopkontak nir menyala, berarti stopkontak tersebut rusak atau kabelnya putus, dan apabila saat pada tespen ke 2 lubang stopkontak tespen menyala, penjelasannya bisa anda lihat dalam: Kenapa ditespen menyala semua?
Atau, anda bisa mencoba menyalakan Kipas angin tadi pada stopkontak lain di tempat tinggal anda, apabila kipas angin bisa menyala, berarti masalahnya terdapat pada stopkontak sebelumnya, namun apabila kipas angin permanen tidak menyala, berarti kerusakan ada dalam kipas angin.
  • Periksa kabel serta Steker
Periksa steker dan kabel yg terdapat dalam kipas angin, apakah terdapat terlihat rusak atau putus, karena kabel putus merupakan galat satu penyebab kipas angin tewas total.
Selanjutnya jika syarat kabel terlihat cantik, maka anda wajib memakai indera ukur (multitester) buat mengetahui penyebab arus listrik tidak masuk ke kipas angin.
Baca jua: Cara menggunakan Multitester
  • Periksa Kabel yang putus dengan multitester

Gunakan multitester dalam posisi buat mengukur resistan (Ohm), lalu hubungkan kedua ujung probe multitester dalam ke 2 ujung steker kipas angin.
Buka penutup kipas angin, untuk melihat syarat kabel-kabel pada dalamnya (Ingat: Pastikan kabelnya sudah terputus menurut arus listrik).
Hubungkan satu ujung probe (stick pengukur) multitester pada salah satu ujung steker, serta probe lainnya dihubungkan ke sambungan kabel yang terdapat di pada kipas angin.
Jika jarum pengukuran bergerak ke kanan dengan aporisma, maka ini berarti kabel yang anda ukur dalam keadaan terhubung atau masih rupawan, tetapi Jika jarum pengukuran tidak berkiprah waktu dilakukan pengukuran, ini menandakan kabel terputus, dan pastikan ujung kabel yg anda ukur adalah kabel yg satu jalur atau sewarna.
Jika sudah ditemukan kabel yg putus, maka lakukan perbaikan menggunakan menyambung atau mengubah kabel tersebut.
2. Kipas Angin nir berputar, namun lampu pertanda menyala
Kerusakan Kipas Angin menggunakan pertanda-pertanda lampu-lampu indikasi masih menyala, tetapi kipas nir berputar bisa disebabkan beberapa hal, diantaranya:
Penyebabnya, antara lain:
  • Poros kipas angin kering serta macet
  • Kapasitor rusak
  • Kabel ke gulungan terputus
  • Kawat gulungan atau Fuse dalam gulungan putus
  • Gulungan rusak / terbakar
Bagaimana cara memperbaiki kerusakan kipas angin tadi?
Cara perbaikannya:
  • Periksa syarat poros baling-baling kipas angin
Jika ketika dinyalakan, kipas angin mengeluarkan suara mendengung namun kipas tidak berputar, ini mampu disebabkan sang poros yg macet.
Coba matikan kipas angin, lalu putar baling-baling memakai tangan, apabila terasa berat ini berarti poros kemarau, buka baling-balingnya serta beri pelumas dalam dudukan poros hingga bisa berputar dengan lancar.
  • Periksa kapasitornya
Jika selesainya diperiksa dan poros dapat berputar menggunakan lancar, kemungkinan lain yang menyebabkan Kipas angin tidak bisa berputar adalah ditimbulkan Kapasitor telah rusak.
Baca jua: Cara mengukur Kapasitor memakai Multitester
Untuk mengetahui kondisi Kapasitor baik atau telah rusak, wajib menggunakan alat ukur kapasitor, jika setelah diukur didapat bahwa kapasitor telah rusak, maka lakukan penggantian kapasitor dengan yg baru.
  • Periksa kabel ke Gulungan
Jika setelah diukur, kapasitor masih pada keadaan mengagumkan, penyebab selanjutnya merupakan Kabel yg menuju ke gulungan ada yg putus.
Periksa jalur kabel yang menuju ke gulungan, dengan memakai multitester, serta caranya sama seperti mengukur kabel yg putus sebelumnya, serta lakukan pemugaran apabila masih ada kabel yang putus.
  • Periksa gulungan dan fuse

Periksa syarat gulungan secara visual, bila terlihat dalam syarat bagus maka lakukan pengukuran pulang dengan menggunakan multitester buat mengetahui apakan gulungan masih tersambung seutuhnya atau ada yang telah terputus.
Masalah yg acapkali dialami merupakan, gulungan diukur tidak tersambung lantaran fuse yg tersimpan di pada gulungan sudah putus, bila selesainya anda ukur hasilnya jarum pengukuran tidak beranjak ini berarti gulungan terdapat yg terputus, coba cari fuse yang terdapat di dalam gulungan (biasa tempatnya relatif tertutup sang dawai gulungan), serta ganti fuse dengan yang baru.
Jika anda kesulitan buat mencari fuse pengganti, bisa pula disambung langsung tanpa fuse, serta kipas angin akan menyala balik , tetapi selanjutnya bila terjadi arus lebih maka gulungan akan rusak lantaran tidak dilengkapi menggunakan fuse pengaman.
  • Periksa syarat gulungan
Jika secara visual terlihat gulungan kipas angin telah terbakar atau gosong, maka solusinya wajib diganti atau pada gulung ulang (Rewinding).
3. Kipas angin berputar pelan
Kerusakan selanjutnya yg tak jarang dialami dalam kipas angin merupakan, kipas angin menyala serta berputar namun pelan.
Penyebabnya:
  • Tegangan listrik kurang
  • Poros kipas angin kering
Bagaimana cara memperbaiki kerusakan kipas angin tadi?
Cara perbaikannya:
  • Periksa tegangan listrik pada tempat tinggal anda
Coba periksa tegangan listrik di tempat tinggal anda menggunakan menggunakan multitester, buat caranya bisa anda lihat pada: Cara mengukur dengan Multitester.
Tegangan listrik normal pada tempat tinggal lebih kurang 220Volt, bila terlalu rendah maka dapat juga menyebabkan kipas angin berputar pelan, serta solusinya stabilkan tegangan listrik dirumah anda menggunakan menggunakan penstabil tegangan (Stabilizer).
  • Beri pelumas dalam poros

Jika tegangan listrik pada rumah anda normal, penyebab selanjutnya merupakan poros kipas angin kering, coba buka kipas angin, serta lepaskan baling-balingnya buat memberi pelumas pada poros dan bantalan kipas angin tersebut.
4. Kipas Angin berisik
Saat dinyalakan, kipas angin berputar namun suaranya berisik, hal ini dapat ditimbulkan karena ada baut-baut pengikat yang longgar, atau bantalan poros kesat/kemarau.
Bagaimana cara memperbaiki kerusakan kipas angin tadi?
Periksa baut-baut pengikat yang terdapat pada kipas angin tadi, dan selanjutnay beri pelumas pada poros serta bantalannya.
5. Putaran Kipas angin terbalik
Mungkin peristiwa ini agak jarang terjadi, namun ada kemungkinan hal ini terjadi, kemudian bagaimana cara membarui arah putarannya?
Bagaimana cara memperbaiki kerusakan kipas angin tadi?
Untuk megetahui bagaimana cara membalik putaran, anda dapat melihat penjelasannya dalam artikel:
" Cara membarui arah putaran motor listrik"
Semoga bermanfaat!
CARA FLEXI

Comments