CARA MEMPERBAIKI KIPAS ANGIN YANG RUSAK

Panduan lengkap mengenai bagaimana cara Memperbaiki banyak sekali kerusakan pada Kipas angin
Beberapa jenis Kerusakan dalam kipas angin, seperti kipas angin tidak mau menyala, kipas angin berputar pelan, kipas angin suaranya berisik, serta bagaimana cara memperbaiki kipas angin yg rusak tersebut?
Kipas angin adalah suatu alat yang bisa menghembuskan udara dingin, menggunakan prinsip kerja baling-baling yg berputar menggunakan memakai motor tenaga listrik.
Baca pula: Berbagai jenis kipas angin
Tentunya setiap benda yang berkecimpung atau berputar, usang kelamaan akan mengalami keausan serta kerusakan dalam beberapa komponennya, dan hal ini sebagai galat satu penyebab kipas angin rusak.
Mungkin anda pernah mengalami ketika menyalakan Kipas angin di rumah, datang-tiba Kipas angin tadi nir mau berputar, padahal kabelnya telah terhubung ke stop hubungan, serta tombol sudah pada posisi “On”.
Baling-baling kipas angin tidak mau berputar, bahkan lampu-lampu pertanda yang ada pada kipas angin tadi tidak terdapat yang menyala sama sekali, Kerusakan kipas angin misalnya ini biasa disebut dengan kipas angin mati total.
Atau mungkin kerusakan kipas angin yang anda miliki adalah kipas tidak berputar padahal lampu-lampu tandanya telah menyala, serta terkadang muncul suara bising atau mendengung.
Biasanya karena tidak mengerti tentang bagaimana cara memperbaiki kipas angin yang rusak tersebut, penyelesaiannya adalah membeli kipas angin yg baru, serta yg usang disimpan di gudang atau bahkan pada buang.
Baca pula: Tips memilih Kipas angin yang anda butuhkan
Padahal sebenarnya, kipas angin yg rusak tadi masih bisa diperbaiki dan anda sanggup menghemat pengeluaran buat biaya beli kipas angin baru.
Lalu bagaimana cara memperbaiki kipas angin yang rusak?
Untuk dapat memperbaiki banyak sekali kerusakan pada kipas angin, pada kesempatan kali ini kita akan coba membuatkan mengenai berbagai macam kerusakan pada kipas angin dan bagaimana cara memperbaikinya.

Berbagai kerusakan dalam Kipas Angin serta Cara memperbaikinya


Beberapa jenis Kerusakan yg terjadi dalam kipas angin, antara lain:
  • Kipas angin Mati Total
  • Kipas angin tidak mau berputar, tetapi lampu pertanda masih menyala
  • Kipas angin berputar akan tetapi pelan
  • Kipas angin berputar namun suaranya berisik
  • Putaran kipas angin terbalik
Bagaimana cara memperbaiki berbagai kerusakan Kipas Angin tadi?
1. Kipas angin Mati total
Kipas angin rusak atau meninggal total, ditandai menggunakan Kipas angin tidak berputar sama sekali, dan semua lampu-lampu pada kipas angin tersebut nir menyala.
Penyebabnya:
  • Arus listrik ke kipas angin terputus
Bagaimana cara memperbaiki kerusakan kipas angin yang tewas total?
Cara perbaikannya:
  • Periksa arus listrik dalam Stopkontak
Periksa terlebih dahulu stopkontak yg dipakai untuk kipas angin tadi, dengan menggunakan testpen, stopkontak yang indah yaitu: keliru satu lubang ketika di testpen maka tespen akan menyala, serta satu lubang lagi testpen nir menyala.
Baca pula: Cara memakai Testpen yang sahih serta aman
Jika pada tespen kedua lubang stopkontak nir menyala, berarti stopkontak tersebut rusak atau kabelnya putus, serta Jika ketika pada tespen ke 2 lubang stopkontak tespen menyala, penjelasannya dapat anda lihat pada: Kenapa ditespen menyala semua?
Atau, anda dapat mencoba menyalakan Kipas angin tersebut pada stopkontak lain pada tempat tinggal anda, jika kipas angin bisa menyala, berarti masalahnya terdapat pada stopkontak sebelumnya, namun apabila kipas angin tetap tidak menyala, berarti kerusakan terdapat dalam kipas angin.
  • Periksa kabel serta Steker
Periksa steker dan kabel yg ada pada kipas angin, apakah terdapat terlihat rusak atau putus, karena kabel putus merupakan galat satu penyebab kipas angin mati total.
Selanjutnya bila syarat kabel terlihat cantik, maka anda wajib menggunakan alat ukur (multitester) buat mengetahui penyebab arus listrik tidak masuk ke kipas angin.
Baca pula: Cara memakai Multitester
  • Periksa Kabel yg putus menggunakan multitester

Gunakan multitester dalam posisi buat mengukur resistan (Ohm), kemudian hubungkan ke 2 ujung probe multitester dalam ke 2 ujung steker kipas angin.
Buka epilog kipas angin, buat melihat syarat kabel-kabel pada dalamnya (Ingat: Pastikan kabelnya telah terputus berdasarkan arus listrik).
Hubungkan satu ujung probe (stick pengukur) multitester pada salah satu ujung steker, dan probe lainnya dihubungkan ke sambungan kabel yang ada pada dalam kipas angin.
Jika jarum pengukuran bergerak ke kanan menggunakan maksimal , maka ini berarti kabel yang anda ukur pada keadaan terhubung atau masih indah, tetapi apabila jarum pengukuran nir bergerak ketika dilakukan pengukuran, ini menandakan kabel terputus, serta pastikan ujung kabel yang anda ukur adalah kabel yg satu jalur atau sewarna.
Jika telah ditemukan kabel yg putus, maka lakukan pemugaran menggunakan menyambung atau mengganti kabel tadi.
2. Kipas Angin tidak berputar, namun lampu indikasi menyala
Kerusakan Kipas Angin dengan tanda-tanda lampu-lampu pertanda masih menyala, namun kipas tidak berputar bisa disebabkan beberapa hal, diantaranya:
Penyebabnya, diantaranya:
  • Poros kipas angin kering serta macet
  • Kapasitor rusak
  • Kabel ke gulungan terputus
  • Kawat gulungan atau Fuse dalam gulungan putus
  • Gulungan rusak / terbakar
Bagaimana cara memperbaiki kerusakan kipas angin tadi?
Cara perbaikannya:
  • Periksa kondisi poros baling-baling kipas angin
Jika saat dinyalakan, kipas angin mengeluarkan suara mendengung tetapi kipas tidak berputar, ini bisa ditimbulkan oleh poros yg macet.
Coba matikan kipas angin, kemudian putar baling-baling menggunakan tangan, apabila terasa berat ini berarti poros kemarau, buka baling-balingnya serta beri pelumas dalam dudukan poros sampai dapat berputar menggunakan lancar.
  • Periksa kapasitornya
Jika selesainya diperiksa dan poros dapat berputar menggunakan lancar, kemungkinan lain yang menyebabkan Kipas angin tidak bisa berputar merupakan ditimbulkan Kapasitor telah rusak.
Baca pula: Cara mengukur Kapasitor menggunakan Multitester
Untuk mengetahui syarat Kapasitor baik atau telah rusak, wajib menggunakan alat ukur kapasitor, bila selesainya diukur didapat bahwa kapasitor sudah rusak, maka lakukan penggantian kapasitor menggunakan yang baru.
  • Periksa kabel ke Gulungan
Jika setelah diukur, kapasitor masih dalam keadaan bagus, penyebab selanjutnya adalah Kabel yg menuju ke gulungan ada yang putus.
Periksa jalur kabel yang menuju ke gulungan, menggunakan memakai multitester, dan caranya sama misalnya mengukur kabel yang putus sebelumnya, dan lakukan pemugaran bila masih ada kabel yg putus.
  • Periksa gulungan serta fuse

Periksa syarat gulungan secara visual, apabila terlihat dalam syarat indah maka lakukan pengukuran pulang menggunakan memakai multitester untuk mengetahui apakan gulungan masih tersambung seutuhnya atau ada yg telah terputus.
Masalah yg tak jarang dialami adalah, gulungan diukur nir tersambung lantaran fuse yg tersimpan pada dalam gulungan sudah putus, bila selesainya anda ukur hasilnya jarum pengukuran nir berkecimpung ini berarti gulungan ada yg terputus, coba cari fuse yang terdapat di pada gulungan (biasa tempatnya agak tertutup sang kawat gulungan), dan ganti fuse menggunakan yang baru.
Jika anda kesulitan buat mencari fuse pengganti, mampu juga disambung langsung tanpa fuse, dan kipas angin akan menyala pulang, tetapi selanjutnya bila terjadi arus lebih maka gulungan akan rusak karena nir dilengkapi dengan fuse pengaman.
  • Periksa syarat gulungan
Jika secara visual terlihat gulungan kipas angin sudah terbakar atau gosong, maka penyelesaiannya harus diganti atau di rol ulang (Rewinding).
3. Kipas angin berputar pelan
Kerusakan selanjutnya yg tak jarang dialami dalam kipas angin adalah, kipas angin menyala serta berputar namun pelan.
Penyebabnya:
  • Tegangan listrik kurang
  • Poros kipas angin kering
Bagaimana cara memperbaiki kerusakan kipas angin tadi?
Cara perbaikannya:
  • Periksa tegangan listrik pada rumah anda
Coba periksa tegangan listrik di rumah anda menggunakan memakai multitester, buat caranya dapat anda lihat dalam: Cara mengukur menggunakan Multitester.
Tegangan listrik normal di tempat tinggal sekitar 220Volt, jika terlalu rendah maka dapat jua mengakibatkan kipas angin berputar pelan, serta penyelesaiannya stabilkan tegangan listrik dirumah anda dengan menggunakan penstabil tegangan (Stabilizer).
  • Beri pelumas pada poros

Jika tegangan listrik pada tempat tinggal anda normal, penyebab selanjutnya adalah poros kipas angin kering, coba buka kipas angin, serta lepaskan baling-balingnya buat memberi pelumas pada poros dan bantalan kipas angin tadi.
4. Kipas Angin berisik
Saat dinyalakan, kipas angin berputar namun suaranya berisik, hal ini bisa disebabkan lantaran ada baut-baut pengikat yang longgar, atau bantalan poros kesat/kemarau.
Bagaimana cara memperbaiki kerusakan kipas angin tadi?
Periksa baut-baut pengikat yg terdapat pada kipas angin tersebut, serta selanjutnay beri pelumas pada poros serta bantalannya.
5. Putaran Kipas angin terbalik
Mungkin insiden ini relatif sporadis terjadi, namun ada kemungkinan hal ini terjadi, kemudian bagaimana cara mengganti arah putarannya?
Bagaimana cara memperbaiki kerusakan kipas angin tadi?
Untuk megetahui bagaimana cara membalik putaran, anda dapat melihat penjelasannya pada artikel:
" Cara mengganti arah putaran motor listrik"
Semoga berguna!
CARA FLEXI

Comments