9 TIPS MENYIMPAN BERAS AGAR TAK BAU APEK DAN BERKUTU

Masyarakat Indonesia sudah tidak sanggup dipisahkan menggunakan beras. Pasalnya, beras telah menjadi bahan pokok pangan primer.
Wajar saja, sudah sejak dari dulu nenek moyang kita pun mengonsumsi nasi yang diolah berdasarkan beras. Sampai-hingga ada ungkapan, "Serasa belum makan, jika belum makan nasi."
Sebagai negara agraris, dulu Indonesia sempat mencapai swasembada pangan. Harga beras murah dan harganya nisbi tidak berfluktuasi, salah satunya lantaran kita mampu menucukupi kebutuhan beras dengan tingkat produksi beras pada pada negeri.

Tapi sayang, belakangan status swasembada pangan itu misalnya panggang jauh berdasarkan barah. Kini, Indonesia harus mengimpor beras untuk memenuhi kebutuhan rakyatnya. Oleh sebab itu jua, tak heran apabila harga beras seringkali berfluktuasi.
Sayang cita rasanya apabila beras yang telah kita beli mahal-mahal malah berbau apek dan berkutu karena terlalu usang atau disimpan dengan cara yang nir sahih. Nah, buat Anda yang belum memahami cara menyimpan beras menggunakan benar agar tak berbau apek dan berkutu meskipun disimpan dalam jangka saat lama , CARA FLEXI punya tipsnya.
Berikut 9 tips menyimpan beras supaya tidak bau apek dan berkutu:
1. Pastikan beras berkualitas
Sebelum menyimpan beras, pastikan bahwa beras yg Anda beli adalah beras yang berkualitas cantik. Beras yg berkualitas mengagumkan umumnya berwarna putih bersih, utuh, nir bau apek, dan tentu saja nir berkutu.
Simak jua: 10 Cara Mudah Merawat Rumah Agar Tetap Rapi Sehat dan Bersih

2. Pastikan beras dalam kondisi kering
Sebelum menyimpan beras di dalam wadah, pastikan bahwa beras telah dalam kondisi kering. Jika beras yg Anda dapatkan masih basah, segera jemur pada bawah sinar surya hingga benar-benar kering. Pasalnya, syarat beras yg basah atau lembab akan memicu pertumbuhan fungi dan kutu.
Simak jua: 10 Makanan dan Minuman Sehat Pengganti Susu Kental Manis

3. Jangan menyimpan beras dalam jumlah banyak
Menyimpan beras dalam jumlah poly sangat berisiko memicu munculnya kutu beras. Jika sudah ada kutu, beras akan menjadi rusak. Kualitas beras akan menurun drastis: warnanya menjadu kusam dan timbul bau apek. Simpanlah beras dalam jumlah secukupnya.
Simak jua: Terkuak! Begini Cara Memasak Telur Asin Mentah Agar Mansir

4. Tidak lebih menurut sebulan
Jangan pernah menyimpan beras lebih berdasarkan sebulan. Hal ini akan sangat berisiko memicu pertumbuhan fungi dan kutu. Oleh sebab itu, sebaiknya buat tidak menyimpan beras lebih menurut sebulan.
Simak jua: Gampang Diaplikasikan! Begini Cara Membuat Hembusan Kipas Angin Jadi Sesejuk AC (Air Conditioner)

5. Simpan pada tempan yang kering
Jika Anda biasa menyimpan beras di dalam wadah ember plastik atau rice box, sebaiknya buat menempatkannya pada lokasi yang kering. Jangan meletakkan rice box atau tempat menyimpan beras di lokasi yg basah atau lembab.
Simak jua: Tidak Usah Aneh-aneh, Begini Cara Praktis dan Aman Mengurangi Rasa Asin pada Ikan Asin

6. Simpan di loka yang tertutup
Agar nir tercemar dengan bakteri, kuman, atau bahkan kutu, simpan beras di dalam wadah tertutup. Tutup rapat supaya kualitasnya tetap terjaga.
Simak jua: Tak Disangka, Hanya Dengan Bahan Dapur Ini, Jerawat dan Kulit Berminyak Perlahan Bisa Sirna

7. Tambahkan beberapa jenis bumbu dapar

Agar baunya tetap wangi serta sedap, tips paling mudah buat mempertahankan kualitas beras merupakan dengan menambahkan beberapa jenis bumbu dapur seperti bawang putih, bawang merah, atau cabai. Selain menjaga kualitas beras agar tetap wangi, ketiga jenis bumbu dapur itu jua bisa mencegah keluarnya kutu pada pada beras. Anda sanggup meletakkan bumbu dapur tersebut pada bagian atas atau menguburkan di pada beras.
Simak jua: 3 Bumbu Dapir Ini Ampuh untuk Mengatasi Bau Mulut

8. Tambahkan beberapa jenis daun-daunan
Selain bumbu dapur, kita jua bisa memanfaatkan beberapa jenis daun-daunan untuk menjaga kualitas beras agar nir bau apek serta berkutu. Beberapa jenis daun yang sanggup kita manfaatkan merupakan daun jeruk, daun pandan, serta daun salam. Aroma khas 2 daun tersebut dapat menjaga supaya beras nir bau apek dan berkutu.
Simak jua: Tak Usah Pakai Racun, 3 Bahan Alami Ini Sangat Ampuh buat Membasmi Tikus

9. Membersihkan wadah secara rutin
Bersihkan wadah penyimpanan beras secara rutin. Ini bertujuan buat menjaga kualitas beras baru yang akan kita simpan agar permanen wangi dan nir berkutu.
Simak jua: Belum Banyak Orang Tahu, Inilah Sejumlah Bahan Makanan yang Harusnya Tak Disimpan pada Kulkas

Nah, itulah 9 tips menyimpan beras agar tidak berkutu serta berbau. Semoga berguna. 

Comments