8 TIPS MUDAH MERAWAT MEJA MAKAN BERBAHAN KAYU

Sama misalnya dapur, meja makan memiliki fungsi yang krusial pada pada sebuah rumah. Selain sebagai loka makan, meja makan pula menjadi wadah dimana kita bisa bercengkrama hangat beserta anggota famili satu sama lain.
Bahkan terkadang, segala macam masalah rumit mampu diselesaikan pada meja makan. Tak hanya itu, di meja makan pula seorang bunda bisa memberitahuakn betapa sayangnya dia terhadap anak-anak dan suami lewat aneka macam masakan yg dihidangkan di atasnya.

Mengingat betapa pentingnya meja makan dalam sebuah keluarga atau rumah tangga, tidak berlebihan kiranya apabila kita selalu merawatnya supaya tidak cepat lapuk dimakan usia, khususnya meja makan yang terbuat dari kayu.
Ada beberapa tips khusus buat merawat meja makan berbahan kayu. Yuk simak!
1. Letakkan pada lokasi bersuhu normal
Sebisa mungkin letakkan meja makan pada lokasi yang bersuhu normal. Pasalnya, apabila sampai terpapar matahari secara langsung, meja makan berbahan kayu akan mengering dan menyusut. Tak jarang hal itu mengakibatkan keluarnya retakan.
Simak jua: 10 Cara Mudah Merawat Rumah Agar Tetap Rapi Sehat dan Bersih

2. Selalu gunakan alas
Alas misalnya taplak sangat penting peranannya dalam merawat meja makan. Alas atau taplak akan memininalisir goresen atau benturan benda tajam atau keras lainnya yg dapat Mengganggu lapisan kayu.
Simak jua: 10 Cara Agar Tidak Ngantuk pada Malam Hari Biar Kuat Begadang Semalaman

3. Hati-hati ketika memindah
Tak jarang meja makan cepat rusak lantaran acapkali dipindah-pindah. Jika tak hati-hati, meja makan rentan terbentur tembok atau benda keras lain pada dalam rumah.
Simak jua: Gampang Diaplikasikan! Begini Cara Membuat Hembusan Kipas Angin Jadi Sesejuk AC (Air Conditioner)

4. Bersihkan meja makan secara teratur
Minimal seminggu sekali, kita harus membersihkan meja makan berbahan kayu. Apabila nir, noda yang terlanjur melekat jadi sulut dibersihkan.
Simak jua: Tak Usah Pakai Racun, 3 Bahan Alami Ini Sangat Ampuh buat Membasmi Tikus

5. Segera keringkan apabila terkena air
Cipratan air cola atau bahkan air putih dapat meninggalkan noda pada meja makan berbahan kayu. Apabila ingin meja makan berbahan kayu milik kita permanen awet, segera bersihkan bila terkena noda air.
Simak jua: Banyak Orang Belum Tahu, Inilah Sejumlah Bahan Makanan yang Harusnya Tak Disimpan di Kulkas

6. Gunakan kuas lukis buat membersihkan bagian yang sulit

Meja makan berbahan kayu umumnya memiliki majemuk contoh. Model ukir atau klasik umumnya memiliki bagian-bagian yg sulit dijangkau menggunakan lap atau kemoceng. Nah, kalau telah begini, kita sanggup memanfaatkan kuas lukis atau bahkan sikat gigi anak-anak untuk membersihkan bagian-bagian yg sulit dijangkau.
Simak jua: Ibu Rumah Tangga Wajib Tahu! Tips Menghemat Penggunaan Gas tiga Kilogram

7. Lap menggunakan air seduhan teh
Jika ingin lapisan kayu meja makan kita permanen bersih serta terlihat misalnya baru, ada cara gampang buat merawatnya. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan air rendaman teh. Cukup seduh teh tubruk atau teh kepyur dan abaikan sampai warnanya menjadi sangat pekat. Celupkan kain lap ke pada air seduhan dan peras. Kemudian, lap seluruh bagian atas meja makan berbahan kayu hingga bersih.
Simak jua: Jangan Sampai Tertitu, Pakai Tips Ini buat Mendapatkan Beras Berkualitas Bagus

8. Beri lapisan secara berkala
Jika lapisan cat atau vernis pada meja makan berbahan kayu sudah mulai pudar, supaya tetap awet serta terlihat baru, tidak ada salahnya buat melapisinya balik . Hal ini mampu kita lakukan setidaknya setahun sekali.

Comments