4 BAGIAN PENTING OTAK MANUSIA BESERTA FUNGSINYA

Cara flexi--Warga Belajar dan anak didik sekalian, berikut ini kita akan memperlajari mengenai beberapa bagian otak manusia, yg pada dasarnya terbagi menjadi 4 bagian. Otak merupakan salah satu organ terbesar dan paling kompleks yg terdapat dalam tubuh insan, dimana keberadaannya adalah sebagai sistem pusat saraf guna mengendalikan semua fungsi tubuh. Dengan kata lain, otak merupakan organ tubuh yg bertanggung jawab buat melakukan pengaturan terhadap pemikiran serta seluruh tubuh manusia yaitu menggunakan cara mengkoordinir dan mengatur perilaku, gerak, serta fungsi tubuh misalnya detak jantung, keseimbangan suhu serta cairan dalam tubuh, dan tekanan darah.
Otak tersusun atas dua sel penting, yaitu :
1. Sel Neuron
Yaitu suatu jenis sel yang terdapat pada otak, batang otak, sumsum tulang belakang, serta sel-sel saraf yg berfungsi buat menyimpan serta mengirimkan liputan ke otot dan mengirim pulang fakta sensorik. Neuron otak mempunyai 3 komponen, yaitu badan sel, akson, dan dendrit. Selain itu, neuron otak pula mengandung dua jenis asam lemak yaitu asam lemak PUFA, yaitu asam arakidonat (AA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA).
Neuron pada otak jumlahnya milyaran, dimana masing-masing neuron terhubung menggunakan neuron-neuron lainnya melewati sinapsis. Sinapsis sendiri adalah titik temu antara terminal akson keliru satu neuron menggunakan neuron lainnya.
 
2. Sel Glia
Yaitu sel-sel pada otak selain neuron yang berfungsi buat menaruh nutrisi serta dukungan struktural ke dalam otak. Dengan kata lain, sel ini bertugas buat melindungi serta menunjang kegiatan neuron.
Otak merupakan sistem saraf pusat yg sangat lunak, sehingga keberadaannya dilindungi sang tengkorak serta ruas-ruas tulang belakang. Selain itu, otak pula dilindungi sang lapisan  membran meninges yang memiliki 3 lapisan, yaitu :
  1. Piameter yg adalah lapisan terdalam serta berbentuk menyerupai lipatan-lipatan bagian atas otak.
  2. Arachnoidea mater yg memiliki bentuk misalnya sarang keuntungan-laba yang berisi semacam cairan limfa yang mengisi celah-celah membran arachnoid. Cairan tersebut dinamakan liquor cerebrospinalis yang berfungsi menjadi bantalan yang melindungi otak berdasarkan kerusakan mekanik.
  3. Durameter yang terbagi pada dua lapisan, dimana lapisan yang terluar bertingdak sebagai endostium yang menyatu dengan tengkorak. Sementara lapisan yg lain berfungsi sebagai durameter yg mudah dilepaskan dari tulang kepala.
Otak merupakan organ tubuh yang paling penting sekaligus organ yang paling rumit. Dikatakan paling krusial lantaran bila sedetik saja otak kita nir bekerja, maka tubuh akan mangkat dikarenakan organ tubuh yang lain juga berhenti bekerja.
Otak adalah organ tubuh manusia yang paling rumit, dimana organ tersebut terbagi atas beberapa bagian, yaitu :


1. Otak Besar (Telencephalon atau Celebrum)
otak besarIni merupakan bagian otak terbesar dan yang paling menonjol menurut otak manusia, yaitu menepati dua/3 berdasarkan massa otak serta terletak pada  permukaan rongga tengkorak.  Bagian luar menurut serebrum ini dilindungi sang lapisan tipis jaringan abu-abu yg dianggap kortek celebral. Secara garis besar , otak besar berfungsi buat memproses seluruh kegiatan intelektual, misalnya :
  • Menentukan kecerdasan
  • Menentukan kepribadian
  • Untuk berfikir
  • Mengingat
  • Membayangkan
  • Merencanakan sesuatu
  • Sensasi sentuhan

Memahami bahasa, serta lain sebagainya
Otak akbar dibagi menjadi dua bagian, yaitu :
1. Belahan otak bagian kanan
otak kanan
Otak besar mempunyai 2 bagian belahan otak yaitu otak belahan bagian kanan serta otak bagian kiri. Disetiap belahan otak memiliki kegunaannya masing-masing seperti
Bagian otak kanan mempunyai fungsi antara lain buat :
Mengontrol sisi tubuh bagian kiri
Bertanggung jawab atas perkembangan Emotional Quotient (EQ) misalnya bersosialisasi, berkomunikasi, mengendalikan emosi, dan berinteraksi menggunakan insan yang lain
Bertanggung jawab atas kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, serta mengekspresikan tubuh seperti menari, melukis, bernyanyi, maupun aktivitas-kegiatan lainnya.
melukis kemampuan yg memakai otak kanan
2. Belahan otak bagian kiri
otak kiri
Bagian otak ini memiliki beberapa fungsi diantaranya :
Mengontrol sisi tubuh bagian kanan
Merupakan sentra Intelegent Quotient (IQ) atau hal-hal yg memiliki hubungan dengan rasio dan logika misalnya kemampuan buat membaca dan menulis.
Kedua belahan otak diatas terhubung oleh corpus callomsum, yaitu massa materi putih besar yang terdiri dari ikatan serat yang menghubungkan materi putih dari dua belahan otak.
Tiap belahan otak, yaitu otak bagian kanan serta otak bagian kiri terbagi pada 4 lobus, yaitu :
Lobus frontal, yaitu bagian terdepan menurut otak besar, dimana lobus ini berkaitan menggunakan fungsi motorik, kemampuan untuk merampungkan kasus, kemampuan buat menilai sesuatu, kreativitas, kemampuan untuk mengontrol perasaan serta konduite seksual, kemampuan buat tahu bahasa, membuat alasan, merencanakan sesuatu, dan lain sebagainya.
Lobus parietal, yaitu bagian tengah serebrum yang herbi sensor perasaan seperti rasa sakit, sentuhan, tekanan, serta lain sebagainya.
Lobus Temporal, yaitu bagian bawah berdasarkan serebrum yg berhubungan dengan memori serta pendengaran.
Lobus Occipital, yaitu bagian belakang otak besar yang berhubungan dengan sistem pengolahan otak visual insan sehingga nantinya dapat berinterpretasi dengan segala sesuatu yang ditinjau.
2. Otak Kecil (Cerebellum)
Otak kecilOtak mini adalah bagian terbesar menurut otak belakang, dimana dia terletak pada atas batang otak serta pada bawah oksipital serebrum. Otak mini memiliki bagian atas yg berlekuk-lekuk dan memiliki bentuk sebesar bola base. Cerebellum terbagi menjadi tiga bagian, yaitu :
  1. Vestibuloserebelum, yaitu bagian otak kecil yang berfungsi untuk mengontrol serta menjaga ekuilibrium pergerakan mata
  2. Spinoserebelum, yaitu bagian otak mini yg berfungsi untuk mengontrol kemampuan otot dan gerakan tubuh
  3. Sereberoserebelum, yaitu bagian otak kecil yang berfungsi menjadi penyimpan memori, menginisiasi gerakan yg disadari, dan buat melakukan perencanaan.
Secara garis besar , otak kecil mempunyai aneka macam macam fungsi seperti :
Mengontrol mobilitas dan ekuilibrium tubuh, misalnya mengatur posisi tubuh
Membantu menaikkan sistem motorik misalnya koordinasi gerakan otot, jadi apabila otak kecil mengalami cidera, kondisi tadi dapat berpengaruh pada gerakan tubuh yg tidak terkoordinasi akibat terganggunya sikap dan koordinasi gerak otot.
4. Batang Otak (Brainstem)
Batang otakBatang Otak adalah bagian otak yang menghubungkan otak dengan sumsum tulang belakang. Batang otak terletak pada dasar rongga kepala yg memanjang sampai ke sumsum tulang belakang (tulang punggung). Batang otak terdiri dari otak tengah medula oblongata serta pons. Motor dan neuron sensorik yang berkecimpung melalui batang otak yang dapat meneruskan sinyal antara otak serta sumsum tulang belakang. Batang otak pula berfungsi buat mengkoordinasikan frekuwensi kontrol motor yang dikirim dari otak menuju tubuh.
Batang otak sebagai loka melekatnya keseluruhan saraf kranial, kecuali saraf I dan saraf II yang letaknya melekat dalam otak besar (celebrum).
Bagian otak ini terdiri menurut 3 bagian, yaitu :
1. Otak tengah (mesencephalon)

Otak tengah
Ini merupakan bagian batang otak yg mempunyai letak paling atas, dimana otak ini merupakan penghubung antara serebrum dan otak kecil. Otak tengah tersusun atas 2 struktur primer, yaitu :
Tektum, yaitu bagian berdasarkan otak tegah yang terdiri dua colliculi yaitu Inferior Colliculi yg terkait dengan proses pendengaran, serta superior Colliculi yang terkait menggunakan proses visual dan gerakan mata.


Celebral peduncle, yaitu bagian otak tengah yang terbagi sebagai tegmentum (bagian posterior) dan crus celebri (bagian anterior) yang terpisah oleh substansia nigra.
Fungsi otak tengah diantaranya adalah :

Mengontrol respon penglihatan seperti mobilitas mata dan pembesaran pupil mata
Mengatur sistem pendengaran dan mobilitas tubuh.
2.  Medula Oblongata
medula oblongataMedula oblongata atau yg acapkali diklaim dengan medula terletak dibagian otak belakang yg adalah bagian paling bawah batang otak yang menghubungkan medulla spinalis dan pons varoly. Bagian ini memiliki fungsi diantaranya :
  • Sebagai pusat pernafasan pada dua loka yaitu dorsal serta ventral
  • Sebagai sentra pengatur jantung, yaitu menaikkan denyut dan kekuatan kontraksi jantung melalui saraf simpatis dan menurunkan denyut jantung ke saraf parasimpatis.
  • Sebagai sentra vasomotor yaitu mengatur tekanan darah dengan cara mengontrol diameter pembuluh darah melalui saraf parasimpatis
  • Sebagai pusat refleks non vital misalnya menelan, muntah, batuk, bersin, serta tersedak.

4. Pons
ponsPons merupakan bagian otak berupa serabut saraf yg menghubungkan otak mini bagian kanan serta bagian kiri. Pons mempunyai kandungan inti yang membicarakan signal menurut otak depan ke otak kecil bersamaan menggunakan inti yang berhubungan dengan tidur, respirasi, kegiatan menelan, telinga, rasa, keseimbangan, kontrol kandung kemih, mobilitas mata, postur tubuh, aktualisasi diri wajah, dan sensasi paras. Pons merupakan bagian otak yg berperan dalam membentuk mimpi dalam ketika seorang tidur.
Pon pada insan tindakan kurang lebih dua,5 cm atau panjangnya 1 inchi. Sebagian besar muncul menjadi tonjolan anterior rostral luas buat medula. Posterior terdiri dari dua pasang tangkai tebal pada sebut peduncles serebelum yg menghubungkan otak mini buat pons dan otak tengah.


Sistem Limbik (Limbic System)
Sistem Limbik atau yg pula diklaim otak paleomammalian adalah bagian otak yang membungkus batang otak yg terletak di dalam otak besar. Dalam bagian ini, seluruh neuron bekerja mengatur tingkah laris emosional dan dorongan motivasional. Sistem limbik tersusun atas beberapa bagian, yaitu :
1. Hipotalamus
hipotalamusHipotalamus merupakan bagian otak yang tersusun atas sejumlah nukleus yg memiliki aneka macam macam fungsi yg peka terhadap suhu, glukosa, steroid, serta glukokortikoid. Hipotalamus terletak pada bagian batang otak, yaitu di diencephalon. Ia bertindak sebagai sentra kontrol autonom, dimana beliau mempunyai fungsi yang terkait menggunakan sistem saraf dan kelenjar hipofisis. Selain itu, hipotalamus pula adalah suatu bagian berdasarkan sistem limfatik yang nir pernah terpisahkan dan menjadi konektor signal yang asal berdasarkan bagian otak menuju korteks serebrum. Hipotalamus mengirim signal berupa epinephrine serta neropinephrine ke kelenjar adrenal. Fungsi hipotalamus sendiri antara lain merupakan :
  • Mengontrol dan mengatur hormon-hormon endokrin guna memelihara homeostasis tekanan darah, suhu tubuh, denyut jantung, emosi, cairan tubuh, nafsu makan, serta perilaku.
  • Mengontrol dan memonitoring banyak sekali macam kegiatan tubuh.
  • Mengatur fungsi sekretorik pada posterior dan anterior kelenjar hipofisis

2. Thalamus
thalamusJika dipandang berdasarkan segi lokasi dan koneksi saraf, thalamus merupakan struktur simetris garis tengah otak yg terletak diantara otak tengah dan kortek selebral. Ini adalah struktur terbesar yang dimiliki diencephalon, yaitu bagian otak yg terletak diantara otak tengan serta otak depan. Pada manusia, thalamus membangun bola masa menggunakan berukuran sekitar 5,7 cm serta terletak simetris pada setiap sisi ventrikel ketiga menggunakan kemiringan mencapai 30°. Thalamus dipercaya sebagai pusat liputan diotak, karena beliau bertindak sebagai mediator atau penyampai antara subkortikal  dengan kortek selebral.
Fungsi berdasarkan bagian ini diantaranya merupakan :
Menyampaikan signal sensorik dan motorik kepada kortek selebral
Mengatur pencerahan, kewaspadaan, dan tidur
3. Amigdala
amigdalaAmigdala atau maygdalae adalah sekumpulan saraf yang berbentuk menyerupai kacang almond yang terletak pada bagian medial temporal lobe. Amigdala adalah bagian menurut bangsal ganglia dan bagian dari sistem limbik  yang memiliki kiprah buat merngolah ingatan,reaksi emosi, dan pengambilan keputusan. Adapun fungsi yg dimiliki bagian otak ini merupakan :
Mengirimkan proyeksi ke bagian hipotalamus, thalamus dorsomedial, inti thalamic retikuler, area ventral tegmental, locus coeruleus, inti saraf trigeminal serta saraf paras, serta tegmental inti laterodorsal.
Membentuk serta menyimpan memori yg herbi insiden emosional.
Mengatur konsolidasi memori di wilayah otak yang lain.
4. Hipocampus
hipokampusHippocampus adalah komponen primer menurut otak yg dimiliki manusia juga jenis vertebrata yang memiliki peranan yang sangat penting dalam konsolidasi keterangan dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang serta berperan pada navigasi spasial. Hipocampus pada otak manusia terletak di bawah kortek selebral, sedangkan pada primata terletak dalam lobus temporal medial dibwah permukaan kortikal. Beberapa peneliti telah menganggap bahwa hippocampus merupakan bagian dari sistem memori lobus temporal medial yg bertanggung jawab atas memori deklaratif umum. Adapaun fungsi menurut hippocampus adalah :
Membentuk kenangan baru terkait dengan insiden yang pernah dialami, baik itu memori yang bersifat episodik atau otobiografi yaitu menggunakan cara mendeteksi insiden baru, loka, dan rangsangan.
Berperan dalam pembentukan memori spasial serta navigasi
Demikianlah mengenai 4 Bagian penting Otak Manusia Beserta Fungsinya, semoga berguna. Terimakasih.


Sumber : //dosenbiologi.com/manusia/bagian-bagian-otak-insan

Comments