SEJARAH PANCASILA


Padatanggal 29 Mei 1945 - 1 Juni 1945 buat merumuskan falsafah dasar negara baginegara Indonesia. Selama empat hari bersidang ada 3 puluh tiga pembicara.pada hari keempat, Soekarno mengusulkan 5 asas yaitu kebangsaan Indonesia,internasionalisme atau peri-humanisme, persatuan dan kesatuan, kesejahteraansosial, dan ketuhanan yang Maha Esa, yg sang Soekarno dinamakan Pancasila,Pidato Soekarno diterima dengan gegap gempita oleh peserta sidang. Oleh karenaitu, tanggal 1 Juni 1945 diketahui menjadi hari lahirnya pancasila.

Tokohlain yang yang menyumbangkan pikirannya mengenai Dasar Negara diantaranya adalahMohamad Hatta, Muhammad Yamin serta Soepomo.

Padatanggal 17 Agustus 1945, setelah upacara proklamasi kemerdekaan, datangberberapa utusan dari daerah Indonesia Bagian Timur. Berberapa utusan tersebutadalah sebagai berikut:
  1. Sam Ratulangi, wakil dari Sulawesi
  2. Hamidhan, wakil dari Kalimantan
  3. I Ketut Pudja, wakil dari Nusa Tenggara
  4. Latuharhary, wakil berdasarkan Maluku.
Merekasemua berkeberatan dan mengemukakan pendapat tentang bagian kalimat dalamrancangan Pembukaan Undang-Undang Dasar yg juga merupakan sila pertama Pancasila sebelumnya,yang berbunyi, "Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagipemeluk-pemeluknya".

PadaSidang PPKI I, yaitu dalam lepas 18 Agustus 1945, Hatta kemudian mengusulkanmengubah tujuh kata tadi sebagai "Ketuhanan Yang Maha Esa".pengubahan kalimat ini sudah dikonsultasikan sebelumnya oleh Hatta dengan 4orang tokoh Islam, yaitu Kasman Singodimejo, Ki Bagus Hadikusumo, dan Teuku M.hasan. Mereka menyetujui perubahan kalimat tersebut demi persatuan dan kesatuanbangsa, peristiwa ini juga adalah keliru satu sejarah yang terdapat dalamkiasan lambang sangga pendobrak. Dan akhirnya bersamaan menggunakan penetapanrancangan pembukaan dan btg tubuh UUD 1945 dalam Sidang PPKI I lepas 18Agustus 1945 Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara Indonesia.

ØSimbol-simbolmelambangkan sila-sila pada Pancasila, yaitu:


1.ketuhanan Yang Maha Esa dilambangkandengan Perisai hitam menggunakan sebuah bintang emas berkepala lima menggambarkanagama yang terdapat di Indonesia.

2.kemanusiaanyang adil dan beradab : Rantai yg disusun atas gelang-gelang mini inimenandakan hubungan manusia satu menggunakan yang lainnya saling membantu.gelangyang berbentuk bundar melambangan wanita serta gelang persegi melambanganpria.
3.persatuanIndonesia : Pohon berngin merupakan sebuah pohon Indonesia beraar tunjang,sebuahaar tumggal panjang yg menunjang pohon yang akbar tadi menggunakan bertrumbuhsangat pada ke dalam tanah.ini menggambarkan kesatuan Indonesia. Pohon inijuga mempunyai banya akar yang menggelantung menurut ranting-rantingnya.hal inimenggambarkan Indonesia menjadi Negara kesatuan namun memiliki aneka macam akarbudaya yang berbeda-beda.

4.kerakyatanyang dipimpin sang hikmat kebijaksanaan pada permusyawaratan perwakilan :Banteng merupakan binatang sosial, sama halnya menggunakan insan cetusan PresidenSoekarno dimana pengambilan keputusan yg dilakuakan bersama(musyawarah),gotong royong,dan kekeluargaan merupakan nilai-nilai spesial bangsaIndonesia.

5.keadilansosial bagi seluruh masyarakat Indonesia : Padi dan Kapas adalah kebutuhan pokoksetiap rakyat Indonesia tanpa melihat status maupunkedudukannya.menggambaran persamaan sosial dimana nir adanya kesenjangansosial satu dengan yang lainnya,tetapi hal itu buan berarti bahwa NegaraIndonesia menggunakan Ideologi Komunisme.

ØHariKesaktian Pancasila



Padatanggal 30 September1965, merupakan awal menurut Gerakan30 September(G/30S/PKI). Pemberontakan ini merupakan wujud bisnis membarui unsur Pancasilamenjadi ideologi komunis. Hari itu, enam Jendral dan berberapa orang lainnyadibunuh menjadi upaya perebutan kekuasaan. Namun berkat pencerahan buat mempertahankanPancasila maka upaya tadi mengalami kegagalan. Maka 30 Septemberdiperingati menjadi Hari Peringatan Gerakan 30 September dan lepas 1 Oktoberditetapkan menjadi Hari Kesaktian Pancasila, memperingati bahwa dasarIndonesia, Pancasila, merupakan sakti, tak tergantikan.

Comments