DOWNLOAD CONTOH SOAL LATIHAN UKK KELAS 1 SD/MI

Download Contoh Soal Latihan UKK Kelas 1 SD/MI

Penilaian pendidikan merupakan proses pengumpulan dan pengolahan liputan buat memilih pencapaian hasil belajar peserta didik.  Berdasarkan pada PP. Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bahwa penilaian pendidikan pada jenjang Pendidikan Dasar dan menengah terdiri dari:
  1. Penilaian hasil belajar sang pendidik;
  2. Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan;
  3. Penilaian output belajar oleh Pemerintah.

Hal itulah yg berakibat di setiap satuan pendidikan melakukan perencanaan serta proses pembelajaran, jua melakukan penilaian output pembelajaran menjadi upaya terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien.

Merujuk pada PP. Nomor 19 mengenai Standar Nasional Pendidikan pasal 64 ayat (1) dijelaskan bahwa penilaian output belajar  sang pendidik dilakukan secara berkesinambungan buat memantau proses, kemajuan, dan pemugaran hasil belajar pada bentuk ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, serta ulangan kenaikan kelas.  Selanjutnya, ayat (dua) mengungkapkan bahwa penilaian output belajar sang pendidik dipakai untuk (a) menilai pencapaian kompetensi siswa; (b) bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar; dan (c) memperbaiki proses pembelajaran.

Dalam rangka evaluasi output belajar (rapor) dalam semester satu evaluasi dapat dilakukan melalui ulangan harian, ulangan tengah semester,  ulangan akhir semester, dan  dilengkapi dengan tugas-tugas lain misalnya pekerjaan rumah (PR), proyek, pengamatan dan produk.

Hasil pengolahan serta analisis nilai tersebut digunakan buat mengisi nilai rapor semester satu. Pada semester dua  evaluasi dilakukan melalui ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan kenaikan kelas serta dilengkapi dengan tugas-tugas lain misalnya PR, proyek, pengamatan dan  produk. Hasil pengolahan dan analisis nilai tadi digunakan untuk mengisi nilai  rapor dalam semester dua. Hal itulah akhirnya hasil nilai yang diperoleh oleh siswa pada evaluasi semester dua akan dijadikan menjadi pedoman pada menentukan kenaikan kelas peserta didik dalam satuan pendidikan.

Kenaikan kelas diartikan menjadi proses pengambilan keputusan bagi peserta didik buat naik atau tidak naik dari suatu taraf kelas ke taraf kelas berikutnya, yg berdasarkan dalam perolehan kualifikasi dan kompetensi tertentu sesuai dengan jenjang yg dipersyaratkan serta melalui suatu proses evaluasi atau penilaian yg komprehensif. Penentuan kriteria  kenaikan kelas diatur menggunakan mengikuti aturan menurut sentra dan juga ditambahkan  sendiri oleh madrasah.

Ingat ! Sebelum melaksanakan hal yang perlu diperhatikan merupakan kita membuat format daftar nilai, terutama kurikulum 2013 format daftar nilainya sulitnya minta ampun. Belum pula mempunya Daftar nilai Kurikulum 2013 Semester 2 ya ?
Baca dulu: Daftar nilai Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 4 serta Kelas lima Semester 2
Setelah daftar nilai disiapkan, baca dulu: Pedoman Penilaian K13 revisi 2017
Rambu-rambu dalam memilih kenaikan kelas adalah sebagai berikut:
  1. Peserta didik dinyatakan tidak naik kelas dan harus mengulang apabila (a) nir menuntaskan standar kompetensi dan kompetensi dasar lebih berdasarkan empat mata pelajaran hingga dalam batas akhir tahun pelajaran, (b) karena alasan yg bertenaga misal karena gangguan kesehatan fisik, emosi, atau mental sehingga nir mungkin berhasil dibantu mencapai kompetensi yang ditargetkan.
  2. Ketika mengulang pada kelas yang sama nilai siswa buat seluruh indikator, kompetensi dasar, serta baku kompetensi yang ketuntasan belajar minimnya sudah dicapai, minimal sama dengan yg dicapai pada tahun sebelumnya.

Demikian ulasan singkat menurut admin blog sederhana ini, sehingga materi yang sudah dibagikan secara suka rela ini dapat bermanfaat.
Soal UKK PAI dua Kelas 1.docx
Soal UKK PKn 1 Kelas 1.docx
Soal UKK PKn dua Kelas 1.rtf
Soal UKK PKn tiga Kelas 1.docx
Soal UKK B. Indonesia 1 Kelas 1.docx
Soal UKK B. Indonesia 2 Kelas 1.docx
Soal UKK IPA 1 Kelas 1.rtf
Soal UKK IPA dua Kelas 1.docx
Soal UKK IPS 1 Kelas 1.docx
Soal UKK IPS dua Kelas 1.docx
Soal UKK IPS tiga Kelas 1.docx
Soal UKK SBK Kelas 1.docx
Soal UKK PJOK Kelas 1.rtf
Terima kasih atas segala dukungannya, sebagai akibatnya blog kmi selalu yg terdepan pada pencarian google, semoga anda tidak bosan buat menaruh komentar, kritik, juga saran demi kemajuan blog ini.

Baca pula:

Terimakasih telah berkunjung di blog kami, kami tunggu kunjungan dengan materi pencarian yg tidak sinkron juga. Sukses Guruku .....


Materi bersumber berdasarkan: //www.carasunda.com

Comments