TRIK MENGHILANGKAN BAU TAK SEDAP PADA REBUNG

Membahas soal rebung niscaya eksklusif jangan lupa lumpia, pilihan menu masakan khas Kota Semarang. Sebab, pada Indonesia sepertinya tidak ada hidangan kuliner yang diolah menurut rebung yg cita rasanya melebihi kelezatan lumpia.
Perlu diketahui, rebung merupakan tunas bambu. Teksturnya empuk dan berwarna putih. Selain cita rasanya yang spesial , rebung juga mempunyai bau yang khas yg cenderung nir sedap.
Nah, bau inilah yg akan dibahas lebih lanjut. Yakni, mengenai bagaimana cara menghilangkan bau tak sedap dalam rebung.


Perlu diketahui jua, orang-orang yang suka dengan cita rasa lumpia nir sedikit jumlahnya. Tak sebatas masyarakat Semarang, banyak pula warga berdasarkan luar kota yang suka menggunakan cita rasa lumpia.
Buktinya, pedagang yang menjajakan panganan ini di wilayah sentra sang-sang Kota Semarang selalu dikerumuni pembeli berkendaraan dengan pelat angka luar kota.

Cita rasa lumpia memang boleh diacungi jempol. Tak hanya sedap dan lezat , lumpia ini punya sensasi yg disuka banyak orang. Yakni, garing, empuk serta renyah. Makanya, selain sebagai lauk, lumpia jua cocok dikonsumsi sebagai makanan ringan.

Tapi, perlu diketahui juga kalau sebenarnya nir gampang memasak rebung yang sebagai bahan utama menurut lumpia. Sebab, apabila nir diproses secara benar, nir seluruh orang bisa mendapat bau khas dalam rebung. Bagi sebagian orang, bau rebung dianggap mengganggu.

Ingin mencium aroma asli rebung? Coba saja jalan-jalan ke pasar tradisional, kemudian cari pedagang yang menjual rebung. Setelah menemukannya, coba cium baunya.

Nah, aroma ini yg dikhawatirkan bakal menggangu. Maka berdasarkan itu, perlu diporses secara spesifik agar aroma nir sedap itu hilang. Caranya menjadi berikut:

  1.  Setelah diiris tipis-tipis, rebung dicuci dengan air hingga bersih.
  2.  Proses pencucian rebung disarankan dilakukan sampai tiga kali atau lebih dibilas dengan air higienis.
  3.  Setelah itu, siapkan air secukupnya buat mengungkep rebung (volume air sampai bisa merendam seluruh rebung yg direbus).
  4.  Tambahkan daun jeruk yang relatif poly dan jahe yg sudah diiris tipis-tipis. Nah, selama proses perebusan, dua bahan itu akan bekerja menghilangkan bau tidak sedap pada rebung secara alami. Rebus sampai tekstur rebung menjadi lunak. Matikan api kompornya, buang airnya.
  5.  Nah, selesainya melalui proses ini rebung baru mampu diolah sebagai lumpia atau menu masakan lain.

Adapun trik menghilangkan bau tak sedap pada rebung ini bisa Anda terapkan ketikan mengaplikasikan resep tumis rebung khas pedas, resep masakan mudah: lumpia udang orak-arik telur, dan resep lumpia segitiga goreng crispy. Nah, relatif poly bukan resep kuliner yg bisa Anda coba buat mengaplikasikan trik tersebut.

Comments