STRUKTUR TEKS PROSEDUR JENIS DAN PENJELASAN STRUKTURNYA

Seperti halnya jenis teks yang lain, teks mekanisme mempunyai struktur juga. Jika teks deskripsi hanya memiliki satu jenis struktur, dan teks fantasi mempunyai satu jenis struktur teks. Teks Prosedur memiliki dua jenis struktur teks sinkron menggunakan jenis strukturnya.
Teks mekanisme pada bahasa Indonesia dibagi menjadi 2 jenis utama, yaitu cara membuat dan cara melakukan.
Teks Prosedur cara menciptakan adalah teks prosedur yang berisi tahapan serta langkah-langkah buat menciptakan sesuatu. Maka hasil akhir berdasarkan tahapan sebuah teks prosedur adalah sebuah produk. Yang termasuk pada teks mekanisme cara menciptakan antara lain, resep masakan, cara menciptakan jamu serta obat tradisional, dan cara membuah output karya yang lain.
Teks Prosedur cara melakukan  adalah sebuah teks prosedur yg berisi tahapan untuk melakukan sesuatu tindakan, gerakan, pekerjaan, atau hal. Hasil akhir teks mekanisme jika diikuti langkah-langkahnya maka akan menghasilkan 'kemampuan' dan 'ke-sanggup-an' yg melakukan. Jadi nir membentuk produk atau barang baru. Tentu struktur ini memiliki disparitas dibanding struktur teks mekanisme cara menciptakan.
Struktur Teks Prosedur Cara Membuat

Secara mudah, teks mekanisme cara membuat dibagi menjadi empat bagian. Empat bagian inilah yg disebut sebagai struktur, yang meliputi:
1) Tujuan
2) Bahan dan Alat
3) Langkah-langkah
4) Penutup
Struktur Teks Prosedur Cara Melakukan Suatu Pekerjaan

Berbeda menggunakan teks mekanisme cara membuat, struktur teks mekanisme cara melakukan suatu pekerjaan hanya terdiri berdasarkan tiga bagian yaitu:
1) Tujuan
2) Langkah-langkah
3) Penutup
Jadi, antara struktur teks mekanisme cara membuat, dan struktur teks mekanisme cara melakukan terdapat disparitas di bagian bahan dan indera. Teks mekanisme cara membuat membutuhkan bahan dan indera. Karena menciptakan sesuatu maka, bahan dan alat perlu dijelaskan jua.
Meskipun teks mekanisme cara melakukan sesuatu acapkali pula memerlukan indera, namun tidak memerlukan penjelasan serta bagian khusus buat mernci indera tersebut.
Misalnya, sebuah teks prosedur yang berjudul Cara Mematikan Komputer dengan Benar pasti membutuhkan alat yang berupa perangkat personal komputer yang lengkap. Tetapi pada teks prosedurnya nir perlu dijelaskan lantaran seluruh alat itu telah dalam kondisi 'normal' serta tidak perlu diolah.
Berbeda dengan teks mekanisme cara membuat. Misalnya, dalam teks mekanisme cara menciptakan Obat Tradisional Insomnia. Dalam teks tadi diharapkan bahan berupa daun ilalang. Maka, harus dijelaskan terlebih dahulu dalam struktur teks mekanisme yang berupa bahan dan indera. Daun ilalang yg bagaimana yang dibutuhkan pada proses tadi, serta seberapa poly yg dibutuhkan.
Demikian penjelasan tentang struktur teks mekanisme yang sahih. Semoga dengan mengetahui struktur ini, kita mampu menulis teks prosedur yang benar.

Comments