SAMBAL TUMPANG SEBUAH WARISAN KULINER NUSANTARA YANG BERADA DI AMBANG KEPUNAHAN

Entah siapa yg menamai menu kuliner yang berbahan primer tempe (kedelai yg diberi ragi) ini. Pun belum bisa dipastikan apa yg dijadikan latar belakang sampai sajian masakan ini diklaim sambal tumpang. Sambal tumpang merupakan menu masakan yg diolah dari tempe, santan serta banyak sekali bumbu yang dikukus sebelum dimasak. Beberapa orang menjamin bahwa sambal tumpang merupakan sajian kuliner spesial satu daerah. Sebagian orang di daerah lain lagi mengakui bahwa sambal tumpang merupakan hidangan spesial wilayahnya.

Sementara itu, terdapat jua sebagian orang yg mengklaim bahwa sambal tumpang adalah kuliner khas Kediri, Jawa Timur. Ini dikait-kaitkan dengan sebuah jalan yang punya nama sama persis menggunakan nama hidangan kuliner tersebut. Yaitu, Jalan Lebak Tumpang, Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kediri. Tapi, hal itu nir dasarkan pada referensi yg dapat dipercaya serta objektif.

Fenomena lain, karena ada segelintir warung makan yang menyajikan pilihan menu sambal tumpang pada Boyolali, kemudian sebagian orang wilayah setempat menyebut-nyebut bahwa pilihan menu masakan ini merupakan kuliner spesial wilayah mereka. Hal yg sama jua berlaku di Solo dan Semarang. Sebagian masyarakat dari ke 2 wilayah tadi menjamin bahwa sambal tumpang merupakan sajian kuliner khas wilayah masing-masing.

Nah, jika sudah demikian, lalu siapa sebenarnya pencipta hidangan masakan sambal tumpang ini? Begitu pula dengan atas latar belakang apa menu ini hingga diberi nama sambal tumpang? Tak akan pernah terjawab menggunakan niscaya. Toh, jawaban berdasarkan satu pihak akan menerima tentangan berdasarkan pihak lain yg merasa punya interaksi erat dengan sajian masakan ini.

Agar tidak terlalu "menyakiti" berbagai pihak, sebut saja sambal tumpang merupakan kuliner khas masyarakat pulau Jawa bagian tengah serta timur. Toh, mereka yg saling menjamin masakan ini dari dari ke 2 bagian pulau Jawa. Jadi, mampu pula disepakati bahwa sambal tumpang merupakan warisan masakan khas nusantara (Indonesia).

Tapi sayangnya, lambat laun sambal tumpang mulai dilupakan. Meski terdapat beberapa warung makan di Kediri, Solo, Boyolali dan Semarang, yg menjajakan sambal tumpang, tapi populasi warung semacam itu tidak pernah bertambah. Bahkan, ada beberapa warung yang wajib tutup, karena bangkrut karena sepi pembeli atau pemiliknya telah tutup usia, ad interim keturunannya tidak ada yang mau atau bisa meneruskan bisnis tersebut sebab tidak mengerti cara mengolah sambal tumpang. Keberadaan warung-warung makan seperti itu seolah tertutup distrik makan yang menunjukkan pilihan menu terbaru yang tampil begitu genit menarik hati selera. Seperti, pizza, burger, fried chicken, steak, kebab hingga gulai bustaman yang selalu berusaha tampil up to date menyapa pembeli.

Sementara itu, di era terbaru seperti kini ini, tak poly remaja yang bisa mengolah sambal tumpang. Apalagi memasak, bumbu yg digunakan buat menciptakan sambal tumpang saja, mungkin mereka nir memahami. Atau, mungkin juga mereka malah belum pernah mendengar terdapat sebuah kuliner yg bernama sambal tumpung. Yang begitu inheren di benak mereka hanya pizza, burger, fried chicken, susi, shabu-shabu, kebab, karenanya sejumlah pilihan menu kuliner itu yang beliau acapkali dengar menurut orang tuanya. Bisa jadi hanya segelintir remaja Indonesia saja yg masih tahu mengenai sambal tumpang.

Sambal tumpang menyimpan cita rasa yg unik. Tempe yg digunakan bukan sekadar tempe, melain tempe yg sengaja dibentuk hampir busuk (semangit, begitu masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur biasa menyebutnya). Aroma dan cita rasa tempe semangit begitu menyengat. Dibalut dengan rempah, beragam sayuran serta santan, cita rasanya begitu nikmat. Sebenarnya, ini adalah warisan kuliner nusantara yang memiliki sensasi cita rasa kuat dan unik. Tengok saja resep sambal tumpang solo spesial serta resep sambal tumpang ayam goreng kampung. Nah, 2 kuliner tadi bisa Anda jadikan sebagai surat keterangan.

Comments