RESEP MIE KOCOK KHAS MEDAN KAYA KALDU

Resep mie campurkan dan kocok spesial Medan memang kaya kaldu. Tak hanya menggunakan satu jenis kaldu, masakan peranakan ini memakai 2 jenis kaldu sekaligus, yaitu kaldu ayam dan kaldu seafood. Kalian sanggup menggunakan seluruh jenis seafood. Tapi, lantaran resep masakan ini memakai udang, maka yang digunakan merupakan kaldu udang.

Perlu diketahui kuliner peranakan merupakan hidangan masakan yg lahir dari 2 kebudayaan yang tidak selaras. Adapun kebudayaan yang memengaruhi mie kocok khas Medan ini merupakan kebudayaan memasak dari masyarakat Medan dan warga Tionghoa.

Tekstur kuahnya memang sedikit kental karena dicampur dengan tepung maizena. Tapi, bila ingin mempertahankan kesejukan cita rasa kuahnya, kalian boleh nir menggunakan bahan tersebut pada resep mie kocok spesial Medan kaya kaldu berikut ini. Resep ini setara 4 sampai 5 porsi.

Bahan buat menciptakan atau mengolah resep mie kocok spesial Medan kaya kaldu:
1. 1 sendok teh tepung maizena, larutkan dengan air putih.
2. 450 ml air kaldu udang.
3. 300 gram udang, kupas kulit, ekor dan kepalanya.
4. 150 gram daging ayam tanpa tulang, pangkas-potong dadu dengan berukuran sesuai selera, panaskan hingga matang.
5. 3 buah telur ayam, rebus sampai matang.
6. 100 garam tauge, siram dengan air panas, tiriskan.
7. 500 gr mie telur, panaskan menggunakan air mendidih hingga matang. Jika ingin menciptakan sendiri, simak resep masakan mudah: resep mie, bekal menciptakan masakan berbahan mie.
8. tiga sendok makan minyak ayam. Kalian mampu mengetahui cara menciptakan minyak ayam pada resep mie ayam sedap & lezat : ini rahasianya.
9. 300 mililiter air kaldu ayam.

Bumbu:
1. 4 siung bawang putih, dihaluskan.
2. Lima siung bawang merah, dihaluskan.
3. Dua tangkai cengkih.
4. Jahe seukuran 1 ruas jari, dimemarkan, kemudian dicincang hingga halus.
5. 0,lima butir pala, dimemarkan.
6. 1 utas daun bawang, potong dengan ukuran sesuai selera.
7. Gula pasir secukupnya.
8. Garam secukupnya.
9. Merica bubuk secukupnya.


Tips membuat atau memasak resep mie mixer khas Medan kaya kaldu:
1. Setelah dicuci higienis, balur daging ayam dan udang menggunakan air jeruk nipis atau lemon buat menghilangkan bau amis.
2. Supaya cita rasanya tidak hambar, sebelum mengungkep ayam, balur ayam menggunakan garam dan merica, pisahkan sebentar. Rebus daging ayam menggunakan air putih sedikit saja.
3. Untuk menciptakan kaldu ayam, kalian sanggup memanfaatkan kaldu bubuk instan rasa ayam. Tambahkan air putih sinkron menggunakan takaran air kaldu ayam yang ada pada daftar bahan.
4. Gunakan gula pasir sedikit saja. Fungsi gula pasir hanya menjadi pemantap rasa. Cita rasa yg menonjol pada mie mixer khas Medan adalah asin dan gurih.


Cara mie aduk khas Medan kaya kaldu:
1. Panaskan minyak ayam.
2. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum.
3. Tambahkan cengkih, pala, jahe dan daun bawang, tumis sebentar sampai layu.
4. Masukkan udang, tumis sampai berubah warna.
5. Tuangkan air kaldu ayam dan air kaldu udang.
6. Tambahkan gula pasir, garam dan merica serbuk secukupnya. Masak hingga kuah mendidih.
7. Tambahkan larutan tepung maizena, aduk rata sampai mengental, matikan api kompornya, pisahkan. Pertimbangkan juga buat mencoba resep mie kocok khas Bandung yg paling dicari dan resep mie panaskan sederhana pedas menggoda selera.

Susun mie telur, telur ayam, daging ayam serta tauge di mangkuk atau piring saji, siram dengan kuah yg tadi sudah dibuat, hidangkan.

Comments