RESEP GULAI IGA NANAS

Buah nanas cocok dipadukan dengan poly jenis kuliner. Rasanya yg manis dan asam ternyata bisa memperkaya cita rasa sebuah masakan. Salah satunya gulai. Rasa gulai yang cenderung legit serta kental karena berbahan santan akan sebagai segar bila dicampur menggunakan nanas. Lantaran dicampur nanas, pantaslah menu masakan ini diklaim gulai iga nanas.

Jika Anda merasa terlalu berat memakan gulai, resep gulai iga nanas ini patut dicoba. Rasa enek menurut santan bisa ditangkal dengan kesegaran butir nanas. Pastinya, resep masakan spesial Indonesia ini punya sensasi rasa tersendiri.

Berikut ini merupakan resep gulai iga nanas. Simak daftar resep gulai iga nanas di bawah ini menggunakan teliliti. Sebab, terdapat beberapa bahan yang jumlah atau takarannya dapat diadaptasi menggunakan selera Anda. Resep gulai iga nanas ini setara buat 8 porsi.

Bahan primer buat membuat gulai iga nanas:
1. 1 kilogram iga sapi. Anda bisa menggunakan bahan lain seperti iga kambing atau bahkan daging ayam.
2. 1 butir nanas, gunakan setengahnya saja. Potong kecil-kecil dengan bentuk sinkron selera.
3. Tiga btg serai, dimemarkan.
4. 5 lembar daun jeruk.
5. 1 liter santan kental berdasarkan satu buah kelapa.
6. 1 lbr daun kunyit, diikat.
7. Air asam jawa secukupnya sinkron kesukaan. Karena sudah nantinya ditambah nanas, disarankan tidak terlalu banyak menggunakan air asam jawa.
8. 2 sentimeter lengkuas, dimemarkan.

Bahan yang dihaluskan buat membuat gulai iga nanas:
1. 10 siung bawang merah.
2. 5 siung bawang putih.
3. 4 butir kemiri, disangrai terlebih dahulu.
4. Lima butir cabai rawit serta 5 butir cabe merah keriting (Jumlah cabai boleh ditambah atau dikurangi sesuai kesukaan)
5. 4 sentimeter kunyit.
6. Garam secukupnya.
7. 2 sentimeter jahe.
8. Gula pasir dan gula jawa secukupnya.
9. Minyak goreng secukupnya buat menumis


Tips memasak gulai iga nanas:
1. Sebelum memasak iga sapi, cuci bersih iga sapi dan balur dengan air jeruk nipis. Ini buat menghilangkan bau ayir pada bahan tersebut.
2. Setelah memasukkan santan, jaga agar santan tidak sampai pecah. Caranya, campurkan dan kocok sekali waktu secara teratur. Apabila santan pecah, kuliner jadi mudah basi serta mengurangi cita rasa serta tampilan kuliner.


Cara memasak gulai iga nanas:
1. Tumis semua bumbu halus menggunakan minyak goreng. Setelah berubah rona dan harum, tambahkan santan, serai, lengkuas dan daun jeruk.
2. Setelah sekali kecilkan apinya.
3. Kemudian masukkan iga sapi. Masak sampai daging iga empuk.
4. Setelah empuk, tuangkan air asam.
5. Besarkan apinya, serta masak hingga mendidih sekali lagi, matikan barah kompornya.
6. Pindah ke wadah saji, gulai iga nanas siap dihidangkan. Simak pula resep gulai daging kambing istimewa ala CARA FLEXI serta resep gulai ayam kampung cabai gelondongan.

Adapun resep gulai iga nanas ini setara buat 4 porsi atau lebih.

Comments