RESEP GUDEG MANGGAR KULINER JOGJA WARISAN KERATON

Kalau umumnya gudeg dibentuk menurut nangka belia, kali ini CARA FLEXI akan memperkenalkan varian gudeg lain. Yaitu, gudeg manggar.

Manggar merupakan bunga pohon kelapa yang masih belia. Konon, gudeg manggar pertama diperkenalkan hanya dilingkungan Keraton Yogjakarta. Tentu saja yang mampu menikmati gudeg manggar merupakan hanya keluarga keraton.

Belakangan, keluarga keraton mewariskan resep manggar ini kepada warga Jogja. Namanya juga kuliner famili keraton, soal cita rasa, masakan Jogja yg satu ini tidak perlu diragukan lagi.


Biasanya, gudeg manggar dihidangkan beserta resep sambal goreng krecek pedas spesial, resep opor ayam kampung spesial, resep tahu tempe bacem yg niscaya enak, resep sambal tomat multi guna. Berikut penjelasan cara memask gudeg manggar lengkap dengan dosis bumbu dan bahan yang dibutuhkan.


Bahan buat resep gudeg manggar, masakan Jogja warisan keraton:
1. 1 kilogram maggar.
2. 1 liter santan kental yg dibuat dari 1 butir kelapa.
3. Minyak sayur secukupnya buat menumis.

Bumbu gudeg manggar:
1. Dua lembar daun salam.
2. Lengkuas seukuran 2 sentimeter, dimemarkan.
3. 150 gr tempe semangit (tempe yg hampir basi), potong menggunakan bentuk dan ukuran sinkron selera. Tempe semacam ini kondusif dikonsumsi dan jua dipakai buat resep sambal tumpang ayam goreng kampung dan resep tumis kacang panjang tempe semangit sedap lezat.
4. 200 gram gula merah, disisir supaya mudah larut.
5. Garam serta lada putih serbuk secukupnya.

Bumbu gudeg manggar yang dihaluskan:
1. 50 gr bawang putih.
2. 100 gr bawang merah.
3. Dua sendok makan ketumbar.
4. 30 gram kemiri.

Cara mengolah gudeg manggar, masakan Jogja warisan keraton:
1. Panaskan minyak sayur untuk menumis.
2. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum dan matang.
3. Masukkan manggar, tumis sampai tercampur rata.
4. Tuangkan santan dan masukkan gula merah, garam, dan lada putih bubuk, masak menggunakan api kecil sambil diaduk sampai matang dan meresap, angkat.
5. Pindah ke wadah saji, gudeg manggar siap dihidangkan bersama aneka resep masakan pelengkapnya seperti yang sudah disebut di atas dan resep minuman peninggalan Sri Sultan atau resep minuman wedang ronde spesial multi khasiat.

Resep gudeg manggar, masakan Jogja warisan keraton ini setara 8 porsi. 

Comments