RESEP BUNTUT PEDAS TUMIS TERASI

Cita rasa sup buntut sapi selalu berhasil menarik hati kesukaan. Gurih dan tekstur daging dalam bagian buntut sapi begitu enak. Tak heran apabila hidangan masakan tersebut begitu populer. Jangan berhenti pada sensasi sup buntut saja. Sajian menu kuliner lain yg menggunakan buntut sapi menjadi bahan utama, juga tak kalah menggiurkan. Salah satunya, buntut pedas tumis terasi (udang yang dihaluskan, kemudian dicetak dan dikeringkan).

Dibalut menggunakan rasa pedas, sensasi kelezatannya begitu menggoda kesukaan. Sajian ini semakin menarik hati dengan sensasi legit dan sedap bau terasi sehabis ditumis. Sepertinya, sayang apabila wajib menyisakan sedikit saja resep pilihan menu kuliner khas Indonesia ini.

Tertarik mencicipi? Berikut ini adalah resep buntut pedas tumis terasi. Baca daftar resep dengan teliti, sebab ada beberapa bahan yg dosis dan jumlahnya dapat diadaptasi menggunakan selera Anda. Penting pula membaca tipsnya. Resep ini setara 4-6 porsi.

Bahan utama buat membuat buntut pedas tumis terasi:
1. 500 gram buntut sapi. Rebus dengan air hingga empuk.
2. Air kaludu. Anda mampu menggunakan air rebusan buntut sapi, pakai 200 ml saja. 

Bahan pelengkap buat menciptakan buntut pedas tumis terasi:
1. 10 butir cabe merah/hijau besar , diiris tipis.
2. 10 butir cabe rawit merah.
3. Minyak goreng secukupnya untuk menumis. Jumlah cabai yang digunakan bisa diadaptasi menggunakan selera Anda.

Bahan yg dihaluskan buat membuat buntut pedas tumis terasi:
1. Lima butir cabai merah besar , direbus terlebih dahulu.
2. 5 butir cabe rawit.
3. 3 siung bawang merah.
4. Dua siung bawang putih.
5. Merica secukupnya.
6. Garam dan gula pasir secukupnya.
7. 4 jumput terasi yg sudah digoreng dengan minyak goreng kemudian dihancurkan.


Tips mengolah buntut pedas tumis terasi:
1. Usahakan mengungkep buntut sapi hingga dagingnya menjadi benar-benar lunak. Hal ini jua krusial buat mendapatkan air kaldu buntut sapi dengan kualitas yang baik.
2. Anda bisa pula mengubah buntut sapi dengan daging spesial dalam, iga sapi dan kambing atau daging ayam maupun daging bebek pada resep kuliner ini.


Cara mengolah buntut pedas tumis terasi:
1. Siapkan minyak goreng panas buat menumis bahan yang sudah dihalus. Tumis sampai tercium bau harum. Kemudian, tambahkan cabe yg telah diiris-iris. Tumis hingga cabai menjadi layu.
2. Masukkan air kaldu. Biahkan sampai mendidih sambil terus diaduk perlahan.
3. Masukkan buntut sapi yang sudah matang dan empuk tadi. Aduk sekali waktu. Biarkan sampai airnya menyusut sehingga seluruh bumbu meresap ke pada buntut.
4. Setelah air kaldu mengering, segera matikan api kompornya. Pindah ke wadah saji, buntut pedas tumis terasi siap tersaji. Pertimbangkan pula untuk mencoba resep empal goreng enak sederhana dan resep hati sapi masak kecap sedap dan resep dendeng kemarau daging sapi.

Adapun resep buntut pedas tumis terasi ini setara untuk 4 porsi atau lebih.

Comments