PENJELASAN LENGKAP TENTANG SATUAN DAYA LISTRIK WATT KW HP PK DAN SEJARAHNYA

KW (Kilowatt), HP (Horse Power), PK (Paar den Kraft) serta PS (PferderStaerke)
Pada alat-alat listrik yg biasa kita pakai sehari-hari, kita niscaya pernah menjumpai keterangan bahwa suatu indera listrik tadi mempunyai besaran daya dalam satuan Watt.
Seperti contoh, contohnya alat listrik setrika, biasanya memakai daya listrik sebesar 300 watt, atau sebuah lampu penerangan yang kita pakai memiliki berbagai macam akbar daya, ada lampu lima watt, 18 watt, 26 watt dan lainnya.
Baca jua: Penjelasan satuan KW, KVA, KWH, KVAr
Dari beberapa contoh peralatan listrik diatas, kita dapat mengetahui seberapa besar daya listrik yang diharapkan atau yg dikonsumsi oleh suatu peralatan listrik, yaitu menggunakan melihat besaran daya Watt dalam alat-alat listrik tersebut.
Namun terkadang, dalam beberapa peralatan listrik nir kita temukan besaran daya berapa Watt, bagaimana mengetahui besaran Wattnya?
Seperti halnya pada sebuah pendingin ruangan atau AC (Air Conditioner), umumnya nir kita jumpai warta berapa akbar daya dalam satuan Watt, yang terdapat dalam suatu pendingin ruangan atau AC (air conditioner) adalah besaran tegangan (volt), besaran arus listrik dalam satuan ampere (amp), serta satuan PK.
Sebenarnya apabila kita telah mengetahui tegangan listrik (Volt) serta Arus listrik (Ampere) berdasarkan suatu alat-alat listrik, kita sudah mampu mengetahui berapa daya listrik atau berapa Watt yang diperlukan atau dipakai oleh peralatan listrik tadi.
Baca jua: 3 macam Daya Listrik
Bagaimana caranya?, Caranya adalah dengan memakai rumus daya listrik , yaitu:
Rumus daya listrik 1 phase (220 Volt)
P = V x I
  • P merupakan Power atau daya listrik pada satuan Watt
  • V adalah Voltage atau tegangan listrik dalam satuan Volt
  • I merupakan Intensitas atau Arus listrik dalam satuan Ampere

Contoh menghitung daya:
Jika dalam sebuah pendingin ruangan atau AC (Air conditioner) tertulis data bahwa tegangan listrik yg dipakai merupakan 220 Volt, dan Arus listriknya adalah 1,7 Ampere.
maka daya listriknya merupakan:
  • P = V x I
  • P = 220 Volt x 1,7 Ampere
  • P = 374 Watt.

maka didapat bahwa daya listrik yg diperlukan buat AC (Air conditioner) tadi adalah 374 Watt.

Penjelasan mengenai satuan Watt, KW, HP, PK, PS

Namun jika kita ingin mengenal serta mengetahui apa sebenarnya yg dimaksud menggunakan satuan daya PK yg biasa kita dengar buat menyatakan besaran daya sebuah pendingin ruangan atau AC (Air conditioner), kita mampu mengetahuinya melalui penjelasan berikut ini.
Pasti kita lebih tak jarang mendengar kata PK, dalam suatu pendingin ruangan atau AC (Air conditioner), AC (air conditioner) dengan besaran ½ PK, 1 PK, dua PK, serta lainnya.
Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan PK pada pendingin ruangan atau AC, serta apakah terdapat hubungannya menggunakan daya listrik (Watt)?

Pengertian satuan PK
PK merupakan singkatan menurut bahasa Belanda yaitu Paar den Kraft, yang ialah daya kuda.
Daya kuda jika pada satuan daya bahasa inggrisnya merupakan Horse Power atau HP.
Sedangkan 1 HP (Horse Power) adalah sama menggunakan 745,7 watt, atau 0,7457 KW.
1 PK = 1HP = 745,7Watt
1 HP (Horse Power) = 745,7 Watt
1 KW (1000 Watt) merupakan sama dengan 1,34 HP
Karena 1 PK sama dengan 1 HP, maka 1 PK sama menggunakan 745,7 watt.
Nah, kini kita sudah mengetahui bahwa satuan PK yang tak jarang kita dengar dan biasa dipakai buat satuan daya suatu pendingin ruangan atau AC (Air Conditioner), sebenarnya merupakan termasuk galat satu satuan besaran daya listrik, serta dapat kita konversikan kedalam satuan Watt.
Lalu , ada pertanyaan lagi, Kenapa satu HP (Horse Power) itu sama dengan 745,7 watt?
Sejarah satuan HP (Horse Power)
Satuan daya dengan menggunakan satuan HP (Horse power) biasa digunakan untuk satuan daya pada electro motor listrik, pada mesin-mesin diesel, serta lainnya.
Satuan daya menggunakan menggunakan energi kuda, daya kuda atau Horse Power (HP), berawal berdasarkan seseorang ilmuwan penemu mesin uap yaitu James Watt.
Dahulu, Seiring dengan produksi Mesin uap yang dikembangkan sang James Watt, dan buat lebih berbagi pemasaran mesin uapnya, James watt melakukan perbandingan antara energi mesin uap yang diproduksinya menggunakan Tenaga kuda.
Kenapa mesin uap dibandingkan dengan energi kuda?
Pada masa itu, rakyat dalam umumnya memakai tenaga kuda sebagai alat penggerak, baik buat kendaraan, mesin-mesin pabrik serta lainnya.
Agar warga menjadi calon konsumen mau membeli mesin uap yg diproduksi sang James Watt, maka James Watt melakukan percobaan buat dapat mengetahui berapa tenaga menurut mesin uap yg diproduksinya apabila dibandingkan dengan tenaga kuda.
Dengan demikian para masyarakat sebagai calon konsumen bisa menghitung seberapa akbar laba yg akan mereka dapatkan, apabila energi kuda yang biasa mereka pakai digantikan menggunakan menggunakan Mesin uap.
James Watt ketika itu menghitung bahwa seekor kuda bisa memutar sebuah alat mesin penggilingan sebesar 144 kali pada satu jam atau dua,4 kali pada satu menit.
Radius dari roda yg berputar adalah 12 kaki, sebagai akibatnya kuda berkiprah sejauh 2.4 x 2pi x 12 kaki pada satu menit.
James Watt konfiden bahwa satu kuda bisa menarik dengan gaya 180 pound, berdasarkan data perhitungan ini, didapatkan hasil bahwa:

Hasil 32.572 kaki-pound / mnt dibulatkan sebagai 33.000 kaki-pound / mnt.
1 HP (Tenaga Kuda) = 33000 kaki-pound/mnt (745,7Watt)
Daya kuda mekanis (mechanical horse power) adalah nilai yg besarnya setara dengan 550 kaki-pound per dtk atau 33000 kaki-pound per menit atau setara dengan 745.7 Watt.
Definisi Horse Power, Daya kuda atau energi kuda
Horse Power atau daya kuda merupakan termasuk galat satu satuan besaran buat pengukuran daya yang dalam umumnya setara dengan 735.lima sampai 745.7 watt.
Dahulu , istilah Horse power atau daya kuda banyak digunakan untuk membandingkan kekuatan antara daya mesin uap dengan daya tarik seekor kuda.
Setelah itu, satuan ini dipakai pula buat mengukur daya keluaran dari mesin diesel, piston, turbin, motor listrik, serta mesin lainnya.
Berbagai definisi atau arti Horse Power (HP) dicermati menurut penggunaannya, antara lain:
Horse Power, daya kuda mekanik.
Mechanical Horse Power atau daya kuda mekanik merupakan nilai daya yang besarannya sama dengan 550 kaki/detik, atau sama dengan 33.000 kaki-pound/mnt.
33.000 kaki-pound / mnt sama dengan 745.7 Watt.
Horse Power, daya kuda Metrik.
Dalam satuan metrik, satu daya kuda atau satu Horse Power (HP) sama menggunakan,
75 kgf-m / dtk. Nilai ini setara menggunakan 735,499 Watt.
Daya kuda Boiler atau Boiler Horse Power.
Satuan daya kuda boiler digunakan buat mengukur kemampuan suatu Boiler uap.
Nilai satuan daya kuda boiler sama menggunakan daya yang diperlukan buat membarui air menjadi uap sebanyak 34,lima pound air dalam suhu 212 derajat Fahrenheit. Nilainya merupakan 9809,lima Watt.
Satuan daya kuda atau HP (Horse Power) dalam Motor listrik.
Satuan daya kuda atau Horse Power (HP) yg biasa digunakan buat menyatakan besaran daya pada sebuah elektro motor listrik merupakan merupakan daya yg diperlukan elektromotor tersebut (Daya Output).
Dan nilai satu daya kuda atau Horse Power, 1 HP pada elektronika motor sama menggunakan 746 Watt.
Namun buat elektromotor listrik yg diproduksi berdasarkan benua eropa menggunakan baku CE (Continental European) menggunakan dua satuan HP (Horse Power).
1 HP dalam Elektromotor yang memiliki standar Continental European (CE) biasa pula menggunakan nilai 735 Watt.
PS (PferderStaerke)
Mungkin juga kita pernah mendengar satuan dengan kata PS, lalu apa yg dimaksud dengan satuan PS, serta berapa besaran nilai dayanya jika diubah ke dalam satuan daya Watt.
Satu lagi satuan daya yg juga acapkali kita gunakan yaitu PS (PferderStaerke).
PS adalah singkatan dari bahasa Jerman yaitu: PferderStarke
PferderStarke apabila diartikan adalah sama jua dengan energi kuda, daya kuda, Horse Power (HP).
1 PS = 1 Metrik HP = 735,3Watt
Definisinya sama menggunakan 1 metrik Horse power (HP), yang nilainya sama dengan 735,3 Watt.
Satuan daya menggunakan menggunakan istilah PS (PferderStarke) biasa digunakan buat menentukan kekuatan daya suatu Mobil, Truk, kendaraan, mesin-mesin diesel, serta lainnya
Demikianlah penerangan tentang satuan daya listrik dalam satuan Watt, KW (KiloWatt), HP (Horse Power), PK (Paar den Kraft), DK (Daya Kuda), PS (PferderStaerke) yg acapkali kita dengar pada kehidupan sehari-hari.
Dengan demikian kita sanggup memahami 1 KW berapa HP, atau 1 HP berapa Watt, 1 PK berapa HP, serta kebalikannya.
Semoga berguna !
CARA FLEXI
dikutip dari aneka macam asal

Comments