PENGERTIAN TURNOVER MENURUT PARA AHLI

Pengertian Turnover Menurut Para Ahli
Permasalahan turnover di Indonesia belum dapat terselesaikan, serta masih menjadi suatu momok yg berbahaya bagi setiap perusahaan. Seperti yang dikutip di dalam website majalah SWA, di sektor perbankan, turnover SDM berkeahlian khusus jua sangat tinggi. Survei Watson Wyatt yang dilaksanakan tahun 2007 ini menerangkan persentase turnover posisi krusial pada perbankan mencapai 6,tiga%-7,5%, ad interim di industri lain 0,1%-0,74%. Survei pula mengungkapkan bagaimana perusahaan mengatasi kasus attraction (merekrut) serta retention (mempertahankan) karyawan dikaitkan menggunakan praktik manajemen reward. Artikel ini membahas lebih mendalam mengenai turnover yang terjadi dalam perbankan nasional. Sektor industri ini sangat rentan terjadi turnover yg tinggi. Rata-rata turnover karyawan pada perbankan nasional mencapai 10 - 11% per tahun. Meskipun jumlah ini lebih kecil dari taraf turnoverpada industri migas yg mencapai 12% namun melebihi sektor manufaktur yang berkisar 8%.

Kesimpulan yg dapat di ambil berdasarkan artikel pada atas, bahwa turnover karyawan masih sangat akbar di Indonesia. Turnover karyawan ini ada di setiap sektor industri bisnis, mulai berdasarkan perbankan, industri migas, sektor manufaktur, serta sebagainya. Menurut Feinstein serta Harrah adanya turnover ini dapat mengganggu produktifitas perusahaan, menurunkan kepuasan kerja bagi karyawan yang masih bertahan diperusahaan, dan dapat mengakibatkan pandangan negatif tentang perusahaan yang mengalami turnovertersebut.

Arti turnover merupakan berhentinya seseorang karyawan menurut tempatnya bekerja secara sukarela, menurut Zeffane (2003, p24-25). Dalam penelitian voluntary turnover yg memakai variabel tingkat perputaran sesungguhnya yang dihadapi perusahaan, maka jumlah karyawan yang meninggalkan organisasi lantaran alasan sukarela menggunakan sama maka akan mengalami kelemahan metodologi. Teori ini membagi konduite berpindah secara suka rela (voluntary turnover) dalam 2 grup, yang bisa dihindari (avoidable) serta yg tidak bisa dihindari (unavoidable). Menurut Zeffane (2003, p27-31) terdapat beberapa faktor yg mempengaruhi turnover, antara lain merupakan faktor eksternal, yakni pasar tenaga kerja, faktor institusi, yakni kondisi ruang kerja, upah, keterampilan kerja, dan faktor menurut karyawan itu sendiri, seperti intelegensi, perilaku, masa lalu, jenis kelamin, minat, umur, dan usang bekerja

Menurut Robert L. Mathis serta John H. Jackson (2004, p125) turnoverbehubungan menggunakan kepuasan kerja serta komitmen organisasional. Turnover adalah proses dimana karyawan-karyawan meninggalkan organisasi dan harus segera digantikan. Dan hal ini adalah keliru satu kerugian terbesar yang akan dialami perusahaan ketika banyak karyawannya yang meninggalkan perusahaannya, apalagi karyawan yang keluar adalah karyawan yg berpotensi.

Jenis Turnover
Menurut Robert L. Mathis dan John H. Jackson (2004, p125-126), turnoverdikelompokkan dalam beberapa cara yang tidak sama. Setiap pembagian terstruktur mengenai berikut bisa dipakai dan nir terpisah satu sama lain.

· Turnover secara tidak sukarela
Adalah munculnya karyawan dampak dari pemecatan karena kinerja yang buruk serta pelanggaran peraturan kerja.

· Turnover secara suka rela
Adalah keluarnya karyawan yang dikarenakan impian sendiri (turnover intention).

Turnover secara nir sukarela dipicu sang kebijakan organisasional, peraturan kerja, dan baku kinerja yg nir dipenuhi oleh karyawan. Turnover secara sukarela dapat ditimbulkan sang poly faktor, termasuk peluang karir, honor , supervisi, geografi, serta alasan eksklusif atau famili. Turnover sukarela jua tambah meningkat seiring menggunakan bertambahnya berukuran organisasi, mungkin sekali dikarenakan semakin perusahaan besar mempunyai lebih banyak karyawan yang mungkin keluar, semakin perusahaan tadi bersifat impersonal, begitu jua menggunakan birokrasi organisasi yg ada dalam perusahaan tersebut.

· Turnover Fungsional
Keluarnya karyawan yang mempunyai kinerja lebih rendah atau karyawan yang menganggu proses perusahaan.

· Turonover Disfungsional
Keluarnya karyawan penting, berkompetensi, serta memiliki kinerja yg tinggi.

Tidak seluruh turnover memberi dampak negatif bagi suatu organisasi karena kehilangan beberapa angkatan kerja sangat diinginkan, terutama bila karyawan-karyawan yg keluar merupakan mereka yg masuk kedalam kategori berkinerja rendah, kurang dapat diandalkan, atau mereka yg mengganggu rekan kerja lainnya pada perusahaan. Sayangnya bagi suatu perusahaan, perputaran disfungsional terjadi waktu karyawan yg krusial keluar berdasarkan perusahaan, dan sering kali terjadi pada waktu yang kurang tepat.

· Turnover yg Tidak Dapat Dikendalikan
Suatu momentum munculnya karyawan karena alasan pada luar efek pemberi kerja.

· Turnover yg Dapat Dikendalikan
Suatu momentum keluarnya karyawan lantaran faktor-faktor yang dipengaruhi oleh pemberi kerja.

Banyak alasan karyawan yang berhenti tidak bisa dikendalikan oleh perusahaan, dan alasan-alasan tersebut meliputi karyawan pindah berdasarkan wilayah geografis, karyawan tetapkan buat tinggal pada rumah buat alasan keluarga, suami atau istri karyawan dipindahkan, atau karyawan adalah mahasiswa yg baru lulus dari perguruan tinggi. Tetapi, yang wajib disampaikan merupakan turnover yang bisa dikendalikan. Perusahaan lebih bisa memelihara karyawan bila mereka menangani problem karyawan yang dapat mengakibatkan turnover. Walaupun beberapa turnover nir bisa dihindari, poly pemberi kerja yang mengetahui bahwa mengurangi turnover sangatlah penting. Kerugian turnover, termasuk produktivitas perusahaan yg berkurang, sudah menciptakan para pemberi kerja mengeluarkan usaha buat dapat memelihara dan mempertahankan karyawan.

Biaya Turnover
Menurut Robert L. Mathis dan John H.jackson (2004, p138) salah satu kerugian terbesar pada terjadinya turnover merupakan biaya yg harus dikeluarkan. Model asumsi porto turnover ini selalu mempertimbangkan beberapa faktor. Faktor-faktor tadi adalah :

· Biaya Perekrutan
Meliputi beban perekrutan dan iklan, biaya pencarian, ketika dan gaji pewawancara serta staf SDM, biaya penyerahan karyawan, biaya relokasi dan pemindahan, waktu dan honor supervisor serta manajerial, porto pengujian perekrutan, saat pengecekan surat keterangan, beban medis sebelum pekerjaan, dan sebagainya.

· Biaya Pelatihan
Meliputi waktu orientasi yang dibayar, ketika serta honor staf latihan, biaya materi training, saat dan honor para supervisor dan manajer, dan sebagainya.

· Biaya Produktivitas
Meliputi produktivitas yang hilang karena waktu pelatihan karyawan baru, hilangnya interaksi pelanggan, nir biasa dengan produk dan jasa perusahaan, lebih banyak ketika buat memakai asal dan sistem perusahaan, dan sebagainya.

· Biaya Pemberhentian
Meliputi ketika dan honor staf dan supervisor SDM buat mencegah pemberhentian, ketika wawancara keluar kerja, beban pengangguran, biaya hukum yg dituntut sang karyawan yang diberhentikan, dan sebagainya.

Comments