PENGERTIAN SIFATSIFAT WIRAUSAHA MENURUT AHLI

Pengertian, Sifat-Sifat Wirausaha Menurut Ahli
Kata Wirausaha dari Holt (1992), berasal menurut bahasa Perancis, Entrepreneur. Kata Entrepreneur dan Entrepreneurship kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai to undertake (menjalankan, melakukan, berusaha), to set about (memulai), to begin (memulai), to attempt (mencoba, berusaha). Dalam bahasa Jerman menggunakan istilah unternerhmer yg diturunkan menurut istilah kerja unternehmen yg berarti sama dengan arti entrepreneur. (Sukardi, 1991), dalam bahasa Indonesia Kata “wirausaha” adalah adonan kata wira (gagah berani,perkasa) serta bisnis. Jadi, wirausaha berarti orang yg gagah berani atau perkasa pada bisnis.

Adam Smith, yg kita kenal sebagai bapak ekonomi memiliki pandangan tersendiri. Dalam pandangannya wirausaha berarti orang yg sanggup bereaksi terhadap perubahan ekonomi, kemudian sebagai agen ekonomi yang mengganti permintaan sebagai produksi. Ahli ekonomi perancis Jean Baptise beropini bahwa wirausaha merupakan orang yang memiliki seni dan kterampilan tertentu dalam menciptakan usaha ekonomi yg baru. Sedangkan Cantilon beropini bahwa wirausaha adalah seseorang inkubator gagasan-gagasan baru yang sellau berusaha menggunakan asal daya secara optimal buat mencapai tingkat paling tinggi.

Secara komprehensif Meng & Liang, (1996), merangkum pandangan beberapa ahli, dan mendefenisikan wirausaha sebagai: (a) Seorang inovator (b) Seorang pengambil resiko atau a risk-taker (c) Orang yang memiliki misi dan visi (d) Hasil dari pengalaman masa kanak-kanak (e) Orang yang memiliki kebutuhan berprestasi tinggi. (f) Orang yg memiliki locus of control internal.

Sifat-Sifat Wirausaha
Dari aneka macam penelitian yg terdapat ditemukan sembilan belas sifat penting wirausaha yang diperoleh menurut tujuh penelitian yang pernah dilakukan. Kesembilan belas sifat itu dikelompokkan sebagai enam sifat unggul (research methodology workshop, 1977), sebagai berikut:

1. Percaya Diri
  • Yakin serta optimisme: ia harus yakin serta optimis bahwa usahanya akan maju dan berkembang buat itu Seorang wirausaha harus bisa menyusun planning keberhasilan perusahaannya.
  • Mandiri: Tidak mengandalkan dan bergantung orang lain atau keluarga.
  • Kepemimpinan, dan dinamis: Seorang wirausaha wajib mampu Bertanggung jawab terhadap segala kegiatan yg dijalankannya, baik kini maupun yang akan datang. Tanggung jawab seseorang pengusaha tidak hanya pada material, tetapi juga moral pada aneka macam pihak.
2. Originalitas, terdiri dari:
  • Kreatif: sanggup menyebarkan inspirasi-pandangan baru baru dan menemukan cara-cara baru pada memecahkan dilema.
  • Inovatif: sanggup melakukan sesuatu yang baru yang belum dilakukan banyak orang menjadi nilai tambah keungulan bersaing.
  • Inisiatif/proaktif, sanggup mengerjakan banyak hal menggunakan baik, serta mempunyai pengetahuan. Inisiatif serta selalu proaktif. Ini merupakan karakteristik fundamental dimana pengusaha nir hanya menunggu sesuatu terjadi, permanen terlebih dahulu memulai dan mencari peluang menjadi pelopor dalam banyak sekali aktivitas.
3. Berorientasi Manusia, terdiri berdasarkan:
  • Sifat senang bergaul dengan orang lain berarti anda wajib mampu mengembangkan serta memelihara hubungan baik dengan aneka macam pihak, baik yg berafiliasi langsung dengan usaha yg dijalankan juga tidak. Hubungan baik yang perlu dijalankan antara lain kepada para pelanggan, pemerintah pemasok, dan rakyat luas.
  • Komitmen, Komitnen dalam banyak sekali pihak adalah ciri yang harus dipegang teguh dan harus ditepati. Komitmen buat melakukan sesuatu memang merupakan kewajiban buat segera ditepati serta direalisasikan.
  • Responsive terhadap saran/kritik. Menganggap saran serta kritik merupakan dasar buat mencapai kemajuan. Saran dan kritik yang masuk di respon dengan baik buat memperbaiki pelayanan kepada pelanggan, proses bisnis dan efesiensi perusahaan.
4. Berorientasi Hasil Kerja, terdiri menurut sifat:
  • Ingin berprestasi, kemauan buat terus maju dan mengembangkan usaha. IQ serta EQ nir relatif buat memprediksi keberhasilan. Dibutuhkan AQ (Adversity quotient) yaitu tingkat ketahanan terhadap hambatanhambatan yg ditemuinya pada mencapai keberhasilan. Dalam AQ terdapat 3 tipe pendaki puncak keberhasilan, yaitu quitter, champer, serta climber. Tipe quitter merupakan mereka yg eksklusif menyerah atau tidak mau memanfaatkan peluang. Tipe champer adalah mereka yg cepat puas menggunakan apa yang telah dicapai walaupun sanggup mencapai keberhasilan yg lebih tinggi jikalau mereka mau. Tipe climber adalah orang yang terus mendaki tangga keberhasilan hingga mencapai puncak tertinggi meski menemui berbagai hambatan atau rintangan.

Ketahanan terhadap banyak sekali kendala ini terdiri dari empat komponen, yaitu reach, ownership & original,control, endurance. Reach berarti seberapa jauh kemalangan/rintangan yang ditemui itu mensugesti hal-hal lain pada kehidupan. Ownership & original merupakan persepsi orang terhadap rintangan/hambatan. Control berarti melihat kemampuan mengontrol hambatan/rintangan dalam kehidupan. Endurance berarti sejauh mana kita melihat rintangan/hambatan sebagai sesuatu yang terus terjadi atau hanya terjadi secara kebetulan, cepat berlalu serta nir akan terjadi lagi.
  • Berorientasi laba, seluruh cara dan bisnis yg dilakukan wajib mendatangkan profit, lantaran usaha nir akan sanggup bertahan dan berkembang jika nir terdapat profit.
  • Teguh, tekun, dan kerja keras, Kerja keras. Jam kerja pengusaha nir terbatas pada ketika, di mana ada peluang pada situ beliau tiba. Kadang-kadang seseorang pengusaha sulit buat mengatur ketika kerjanya. Benaknya selalu memikirkan kemajuan usahanya. Ide-ide baru selalu mendorongnya buat bekerja keras merealisasikannya. Tidak terdapat istilah sulit serta tidak ada perkara yang nir dapat diselesaikan.
  • Penuh semangat, serta Penuh energi. Melakukan semua kegiatan dengan semangat buat keberhasilan.
5. Berorientasi masa depan: terdiri dari sifat pandangan ke depan, ketajaman persepsi.
Untuk itu anda harus Memiliki visi serta tujuan yg kentara. Hal ini berfungsi buat menebak ke mana langkah serta arah yg dituju sehingga bisa diketahui apa yang akan dilakukan oleh pengusaha tersebut Beorientasi dalam prestasi. Pengusaha yang sukses selalu mengejar prestasi yang lebih baik daripada prestasi sebelumnya. Mutu produk, pelayanan yg diberikan, dan kepuasan pelanggan menjadi perhatian utama. Setiap ketika segala kegiatan bisnis yang dijalankan selalu dievalusi dan harus lebih baik dibanding sebelumnya.

6. Berani ambil risiko: terdiri menurut sifat sanggup ambil risiko, suka tantangan. Berani mengambil risiko. Hal ini adalah sifat yg harus dimiliki seseorang pengusaha kapan pun serta di mana pun, baik pada bentuk uang maupun ketika.

Penelitian Mc Ber & Co pada Amerika Serikat pada bisnis mini (dalam Zimmerer & Scarborough, 1998) menemukan sembilan karakteristik wirausaha yang berhasil, yg dibagi ke pada tiga kategori, menjadi berikut:
  1. Bersifat proaktif, yaitu inisiatif yang tinggi dan asertif.
  2. Orientasi prestasi, yaitu melihat kesempatan dan bertindak langsung, orientasi efisiensi, menekankan pekerjaan dengan kualitas tinggi, perencanaan yang sistematis, monitoring.
  3. Komitmen dengan pihak lain,yaitu komitmen yang tinggi pada pekerjaan, dan menyadari pentingnya hubungan usaha yang mendasar.
Sukardi(1991) menciptakan kesimpulan tentang sembilan sifat yang ada dalam wirausaha menjadi berikut:
  1. Sifat fragmental, yaitu tanggap terhadap peluang serta kesempatan berusaha juga yang berkaitan dengan perbaikan kerja.
  2. Sifat prestatif, yaitu selalu berusaha memperbaiki prestasi, mempergunakan umpan pulang, menyenangi tantangan serta berupaya agar output kerjanya selalu lebih baik menurut sebelumnya.
  3. Sifat keleluasan berteman, yaitu selalu aktif bergaul dengan siapa saja, membina kenalan-kenalan baru dan berusaha mengikuti keadaan pada banyak sekali situasi.
  4. Sifat kerja keras, yaitu berusaha selalu terlibat dalam situasi kerja, tidak gampang menyerah sebelum pekerjaan selesai. Tidak pernah memberi dirinya kesempatan buat berpangku tangan, mencurahkan perhatian sepenuhnya pada pekerjaan, serta memiliki energi buat terlibat terus-menerus pada kerja.
  5. Sifat keyakinan diri, adalah dalam segala kegiatannya penuh optimisme bahwa usahanya akan berhasil. Dia percaya diri bergairah eksklusif terlibat pada kegiatan nyata,jarang terlihat ragu-ragu.
  6. Sifat pengambilan risiko yang diperhitungkan, yaitu nir khawatir akan menghadapi situasi yg serba nir niscaya dimana usahanya belum tentu membuahkan keberhasilan.
  7. Sifat swa-kendali, yaitu sahih-benar memilih apa yang harus dilakukan serta bertanggung jawab pada dirinya sendiri.
  8. Sifat inovatif, yaitu selalu bekerja keras mencari cara-cara baru buat memperbaiki kinerjanya. Terbuka untuk gagasan, pandangan, penemuan-penemuan baru yg bisa dimanfaatkan untuk menaikkan kinerjanya.
  9. Sifat berdikari, yaitu apa yg dilakukan merupakan tanggung jawab pribadi.

Kepribadian Wirausaha
Menurut Miner (1996), ada empat tipe kepribadian wirausaha, yaitu:
1. Personal Achiever. Ciri-karakteristik wirausaha tipe personal achiever merupakan menjadi berikut:
  • Memiliki kebutuhan berprestasi;
  • Memiliki kebutuhan akan umpan pulang;
  • Memiliki kebutuhan perencanaan serta penetapan tujuan;
  • Memiliki inisiatif eksklusif yang kuat;
  • Memiliki komitmen pribadi yg kuat buat organisasi;
  • Percaya bahwa satu orang bisa memainkan peran krusial;
  • Percaya bahwa pekerjaan seharusnya dituntun oleh tujuan eksklusif bukan sang hal lain.
2. Supersalesperson. Ciri-ciri wirausaha tipe supersalesperson merupakan menjadi berikut:
  • Memiliki kemampuan memahami dan mengerti orang lain;
  • Memiliki cita-cita buat membantu orang lain;
  • Percaya bahwa proses-proses sosial sangat krusial;
  • Kebuhan memilik interaksi positif yang kuat menggunakan orang lain;
  • Percaya bahwa bagian penjualan sangat krusial buat melaksanakan taktik perusahaan.

3. Real managers. Ciri-karakteristik wirausaha tipe real managers merupakan sebagai berikut:
  • Keinginan buat menjadi pemimpin perusahaan;
  • Ketegasan;
  • Sikap positif terhadap pemimpin;
  • Keinginan buat bersaing;
  • Keinginan berkuasa;
  • Keinginan buat menonjol di antara orang-orang lain.
4. The expert idea generator. Ciri-ciri wirausaha tipe expert idea generator merupakan sebagai berikut:
  • Keinginan buat melakukan penemuan: Keinginan buat berinovasi menyebabkan expert idea generator senang menemukan gagasan baru dan melaksanakannya. Keinginan buat berinovasi konsisten dengan bisnis sendiri untuk mencapai keberhasilan dan merasakan kepuasan eksklusif menggunakan itu.
  • Menyukai gagasan-gagasan. Suka akan gagasanmencakup banyak unsur, seperti antusiame, menampakan perhatian terhadap pendapat orang lain.
  • Percaya bahwa pengembangan produk baru sangat penting untuk menjalankan strategi serta organisasi.
  • Inteligensi yg tinggi: inteligensi meliputi kemampuan seperti evaluasi dan penalaran,serta kemampuan buat menggunakan abstraksi, konsep, serta gagasan. Juga kemampuan buat belajar, menganalisis serta menciptakan sintetis.
  • Ingin menghindari risiko. Meskipun poly orang yg menduga sifat suka ambil risiko menjadi esensi profesi wirausaha, banyak wirausaha yang sangat berhati-hati, serta baru melangkah jikalau betul-benar sudah yakin. Bagi wirausaha tipe ini, sifat ini memang krusial karena gagasan-gagasannya sanggup saja sangat baru dan aneh.
Menurut Miner (1996) tipe kepribadian wirausaha dapat memilih bidang usaha yg akan membawanya pada keberhasilan.

Berdasarkan penelitiannya, beliau menemukan bahwa seseorang wirausaha akan berhasil bila dia mengikuti achieving route tertentu sinkron tipe kepribadiannya.
  1. Personal achiever akan sukses jika monoton mengatasi rintangan serta menghadapi krisis, dan pada menghadapi segalanya berusaha sedapat mungkin bersikap positif.
  2. Supersalesperson akan berhasil kalau memanfaatkan banyak waktunya untuk menjual serta minta mengelola bisnisnya.
  3. Real managers akan berhasil kalau dia memulai usaha baru serta mengelola sendiri usaha tadi.
  4. Expert idea generation akan berhasil kalau terjun ke bisnis teknologi tinggi.

Faktor-Faktor yg Mempengaruhi Keberhasilan Usaha
a. Motivasi:
Hasil penelitian yg dilakukan sang Center for Entrepreneurial Research (pada Zimmerer & Scarborough; 1998) menemukan 69% anak didik menengah atas ingin mulai menjalankan bisnis mereka sendiri. Motivasi utamanya adalah be their own bosses.

b. Usia:
Menurut National Federation of Independent Businesess, Washington, usia waktu seseorang memulai bisnis sendiri merupakan sebagai berikut (pada Zimmerer & Scarborough, 1998). Usia Kronologis bervariasi. Ronstandt (dalam Staw1991) menyatakan bahwa kebanyakan wirausaha memulai usahanya antara usia 25-30 tahun. Sementara Staw (1991), membicarakan bahwa umumnya laki-laki memulai usaha sendiri ketika berumur 30 tahun serta perempuan dalam usia 35 tahun. Hurlock (1991)beropini bahwa perkembangan karier berjalan seiring menggunakan perkembangan insan. Setiap grup insan memiliki karakteristik-karakteristik spesial apabila dikaitkan menggunakan perkembangan karier.

Ciri khas perkembangan karier dari Hurlock adalah sebagai berikut:
  1. Usia dewasa awal (18 tahun sampai 40 tahun), masa dewasa awal sangat terkait menggunakan tugas perkembangan pada hal membangun famili serta pekerjaan. Ketika seseorang masuk dalam masa dewasa awal yg mempunyai tugas utama yaitu menentukan bidang pekerjaan yang cocok pada bakat, minat dan faktor psikologis yg dimilikinya. Masih banyak orang dewasa muda yang galau dengan pilihan kariernya, situasi seperti ini sanggup juga terjadi dalam wirausaha. Hurlock (1991) menyebut masa dewasa awal itu coba-coba buat berkarier. Itulah sebabnya usia sanggup berpengaruh pada tinggi rendahnya prestasi kerja mereka.
  2. Usia dewasa madya (usia 40 tahun sampai 60 tahun), masa dewasa madya bercirikan keberhasilan dalam pekerjaan. Prestasi puncak padausia ini jua mampu berlaku bagi wirausaha.
  3. Usia dewasa akhir (usia di atas 60 tahun), dalam masa ini orang mulai mengurangi aktivitas kariernya atau berhenti sama sekali.mereka tinggal menikmati jerih payahnya selama bekerja dan mencurahkan perhatian pada kehidupan spiritual serta sosial. Pendapat Hurlock senada menggunakan pendapat Staw (1991) bahwa usia bisa terkait dengan keberhasilan. Bedanya,Hurlock menekankan dalam kemantapan karier, sedangkan Staw (1991) menekankan bertambahnya pengalaman. Menurut Staw (1991), usia mampu terkait dengan keberhasilan bila dihubungkan menggunakan lamanya seorang sebagai wirausaha. Dengan bertambahnya pengalaman saat usia seseorang bertambah maka usia memang terkait menggunakan keberhasilan.
c. Pengalaman:
Staw (1991) berpendapat bahwa pengalaman pada menjalankan usaha adalah predictor terbaik bagi keberhasilan, terutama bila bisnis baru itu berkaitan menggunakan pengalaman bisnis sebelumya. Menurut Hisrich & Brush (pada Staw, 1991) wirausaha yg mempunyai bisnis maju ketika ini bukanlah usaha pertama kali yg dimiliki. Pengalaman mengelola usaha bisa diperoleh semenjak mini karena pengasuhan yang diberikan oleh orang tua yang berprofesi sebagai wirausaha.

Menurut Staw (1991) ada bukti kuat bahwa wirausaha mempunyai orang tua yg bekerja berdikari atau berbasis menjadi wirausaha. Menurut Duchesneau et al.(dalam Staw 1991),wirausaha yang berhasil merupakan mereka yg dibesarkan oleh orang tua yang jua wirausaha, karena mereka memiliki pengalaman luas pada usaha. Haswell et al.(dalam Zimmerer & Scarborough, 1998) menyatakan bahwa alasan utama kegagalan bisnis merupakan kurangnya kemampuan manajerial serta pengalaman.wood (pada Zimmerer & Scarborough, 1998) juga menyatakan bahwa kurangnya pengalaman adalah salah satu penyebab kegagalan bisnis. Dari pendapat dan inovasi para ahli pada atas bisa disimpulkan bahwa

pengalaman pada mengelola usaha memberi dampak dalam keberhasilan usaha skala kecil. Dengan demikian, taraf keterlibatan seseorang dalam suatu aktivitas usaha bisa sebagai tolak ukur pengalaman dalam berusaha.

d. Pendidikan:
Pendidikan merupakan kondisi keberhasilan bagi seseorang wirausaha. Dalam penelitiannya terhadap sejumlah wirausaha, Bowen & Robert (pada Staw, 1991) merangkum hasil penelitian tentang taraf pendidikan wirausaha,dan hasilnya table pada bawah ini :

Tingkat Pendidikan Wirausaha Menurut Bowen & Robert
  • Brockhaus (1982) Mengulas empat penelitian yang menyimpulkan bahwa wirausaha cenderung memiliki pendidikan yang lebih baik menurut populasi umum, tetapi di bawah para manajer.
  • Cooper&Dunkelberg (1984) Ditemukan bahwa taraf pendidikan wirausaha pada bawah universitas (64%).
  • Gasse (1982) Mencatat menurut empat studi di mana wirausaha mempunyai pendidikan yang lebih baik daripada rakyat umum.
  • Jacobowitz & Vidler (1982) Hasil wawancara dengan 430 wirausaha menampakan bahwa mereka memiliki pendidikan yg kurang memadai, yaitu 30% drop-out berdasarkan SMA. Hanya 11% lulus menurut universitas 4 tahun.
Berdasarkan output rangkuman di atas ,dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan homogen-homogen wirausaha merupakan pendidikan menengah atas. Menurut penelitian Kim (pada Meng & Liang,1996)pada para wirausaha pada Singapura, bahwa wirausaha yg berhasil memiliki taraf pendidikan yg lebih baik daripada wirausaha yang kurang berhasil. Berdasarkan pendapat para pakar di atas,dapat disimpulkan bahwa pendidikan adalah galat satu factor yg menunjang keberhasilan usaha skala mini ,menggunakan asumsi bahwa pendidikan yg lebih baik akan memberikan pengetahuan yang lebih baik dalam mengelola bisnis.

Jika seluruh orang ditanya, apakah Anda ingin sukses? Sudah tentu jawabannya pasti semua orang ingin meraih kesuksesan. Semua orang tidak ingin hidupnya sengsara, miskin, susah, pasti ingin sukses. Sekarang yg menjadi permasalahannya adalah nir semua orang memahami arti sukses yang sebenarnya dan bagaimana cara mencapainya sebagai akibatnya sangat sedikit sekali orang yang sahih-sahih mampu menikmati sukses yang diimpikannya. Kesuksesan merupakan hak setiap orang yang mau berusaha.

Sering kali kita menyamakan antara sukses & prestasi, padalah dua kata ini mempunyai perbedaan yang sangat fundamental. Contoh, pada sebuah lomba lari maraton keluarlah kampiun menggunakan ketika tempuh tercepat, dia bisa dikatakan berprestasi, akan tetapi apa beliau sukses? Bayangkan dengan peserta yang nir memiliki kaki, dia hanya menggunakan tangannya untuk berlari walaupun beliau ikut dan pada lomba maraton ini dia tidak mencatat ketika tercepat, bahkan beliau berhasil masuk finish urutan paling belakang, namun beliau sukses, sukses sudah mengakhiri lomba maraton dengan segala daya upaya yg orang lain belum tentu menghargai ini menjadi suatu kesuksesan. Definisi sukses di sini merupakan dimana setiap orang bisa berhasil keluar berdasarkan zona nyamannya, itu adalah suatu kesuksesan. Ingat, sukses bukan tujuan namun sukses adalah sebuah bepergian.

Comments