PENGERTIAN JENISJENIS PRODUKTIVITAS

Pengertian, Jenis-Jenis Produktivitas
Produktivitas ikut memilih pembentukan angka indeks pertumbuhan nasional. Suatu negara atau industri bisa dikatakan mengalami kemajuan bila dapat mengurangi pengorbanan asal daya, untuk membentuk produk yang lebih akbar dengan mutu yang lebih baik. Peningkatan produktivitas secara holistik akan memajukan potensi pengadaan barang dan jasa dalam jumlah yang lebih akbar buat setiap pekerja sehingga lebih besar unsur-unsur kebutuhan hidup masyarakat yang dapat dipenuhi sendiri. Ini berarti tingkat kesejahteraan rakyat bertambah tinggi. Alasannya merupakan bahwa peningkatan produktivitas berarti peningkatan pendapatan pekerja, serta peningkatan pendapatan selanjutnya menambah kuat daya beli masyarakat akan barang dan jasa. Peningkatan produktivitas membutuhkan perencanaan yg cermat, yg tidak lagi adalah hasil sampingan berdasarkan bisnis perencanaan lainnya tetapi merupakan perencanaan yg berdiri sendiri menggunakan banyak sekali upaya yang terkandung di dalamnya.

Menurut Blocher, Chen dan Lin yang diterjemahkan sang Susty (2001;847) pada bukunya Manajemen Biaya mengemukakan mengenai pengertian produktivitas sebagai berikut :

“Hubungan antara berapa hasil yg hasilkan serta berapa input yg dibutuhkan untuk menghasilkan output tersebut.”

Sedangkan menurut Hansen dan Mowen yg diterjemahkan oleh Hermawan (2000;22) dalam bukunya Akuntansi Manajemen menyebutkan sebagai beikut :

“Produktivitas merupakan berkaitan menggunakan pembuatan hasil secara efisien dan secara spesifik menunjuk dalam interaksi antara hasil (hasil produksi) serta input (bahan baku) yg dipakai buat menghasilkan hasil.” 

Menurut Alma 2003 (www majalahswa com) menyatakan bahwa terdapat tiga kekuatan internal yg berpengaruh pada produktivitas, diantaranya yaitu:

1. Proses manajemen 
Menyangkut tentang merencanakan internal organisasi, mengintegrasikan, dan mengawasi segala kegiatan. Jika organisasi strukturnya tidak benar, pekerjaan semrawut, supervisi lemah, maka tingkat produktivitas akan menurun.

2. Kepemimpinan manajerial
Berhubungan menggunakan tujuan perusahaan, penyediaan syarat kerja, ruangan, ventilasi, peralatan, yang dapat mendorong pekerja lebih ulet serta semangat

3. Motivasi
Faktor-faktor yang bisa memotivasi karyawan buat bekerja lebih produktif, mempertinggi prestasi, mengurangi kesalahan dan menaikkan efisiensi.”

Menurut Umar (2007:81) mengemukakan produktivitas adalah sebagai berikut :

“Produktivitas mempunyai dua dimensi, dimensi pertama merupakan Efektivitas yg mengarah pada pencapaian unjuk kerja yang maximal yaitu pencapaian target yang berkaitan dengan kualitas, kuantitas, serta saat yg kedua yaitu Efisiensi yg berkaitan dengan upaya membandingkan input menggunakan realisasi penggunaanya atau bagai mana pekerjaan tersebut dilakukan”

Produktivitas dari dewan produktivitas nasional (2007:79) adalah sebagai berikut:

sikap mental yg selalu berpandangan bahwa mutu kehidupan hari ini wajib lebih baik dari hari kemarin serta hari esok harus lebih baik dari hari ini

John soeprihanto (2007:80) beropini bahwa produktivitas adalah menjadi berikut : 

Perbandingan antar hasil-output yang sudah dicapai menggunakan keseluruhan asal daya yang digunakan atau perbandingan jumlah produksi (hasil) dengan asal daya yang dipakai (input)

Klingner serta Nanbaldian (2007:82) mengemukakan produktivitas adalah menjadi berikut: 

Merupakan pungsi perkalian dari bisnis pegawai (effort), yang didukung dengan motivasi yg tinggi, dengan kemampuan pegawai (ability) yg diperoleh melalui latihan-latihan. Selain keterkaitan produktivitas menggunakan bisnis sumberdaya insan, produktivitas pula memiliki hubungan keterkaitan dengan efesiensi, efektivitas, dan kualitas

Dari beberapa pengertian produktivitas diatas bisa disimpulkan bahwa program peningkatan produktivitas berupaya buat mencapai total efisiensi produktif. Peningkatan produktivitas teknis dapat dicapai melalui penggunaan lebih sedikit input buat membentuk hasil yang sama atau memproduksi output lebih banyak dengan jumlah input yang sama.

Jenis-jenis Pengukuran Produktivitas 
Pengukuran produktivitas memperlihatkan adanya perubahan-perubahan dalam tingkat eksklusif, dengan adanya taraf pengukuran produktivitas ditingkat perusahaan, pihak manajemen akan mengetahui bahwa usahanya sedang berkembang. Pengukuran produktivitas dilakukan menggunakan mengukur perubahan produktivitas sehingga bisa dilakukan penilaian terhadap usaha buat memperbaiki produktivitas. Pengukuran produktivitas bisa bersifat prosfektif serta berfungsi menjadi masukan buat pengambilan keputusan strtegik.

Jenis-jenis produktivitas berdasarkan Mulyadi (2001:466) pada bukunya Akuntansi Manajemen megemukakan sebagai berikut:
1. Produktivitas Total pengukuran produktivitas total dapat dilakukan dalam 2 syarat, tanpa adanya pertukaran produktivitas antarmasukan dan menggunakan memperhitungkan adanya pertukaran produktivitas antarmasukan 
                                            Output Total
Produktivitas Total =  ------------------
                                              Input Total

2. Produktivitas Parsial
Pengukuran produktivitas dapat dilakukan buat setiap masukan secara terpisah atau secara total buat holistik masukan yang dipakai buat membentuk keluaran. Pengukuran produktivitas buat satu masukan pada suatu ketika diklaim menggunakan pengukuran produktivitas parsial
                                           OutputTotal
Produktivitas Total =   ------------------
                                             Input Total


Tujuan Dan Manfaat Pengukuran Produktivitas
Suatu organisasi perusahaan perlu mengetahui dalam tingkat produktivitas mana perusahaan itu beroperasi, yang bertujuan supaya perusahaan itu bisa menaikkan daya saing menurut produk yg dihasilkannya pada pasar dunia yg amat kompetitif.

Menurut Vincent yang diterjemahkan oleh Sukoco (2000:24-25) dalam bukunya Manajemen Produktivitas Total terdapat beberapa manfaat pengukuran produktivitas pada suatu organisasi perusahaan, diantaranya:
  1. Perusahaan bisa menilai efisiensi konversi asal dayanya, supaya bisa mempertinggi produktivitas melalui efisiensi penggunaan sumber-sumber daya itu.
  2. Perencanaan asal-asal daya akan sebagai lebih efektif serta efisien melalui pengukuran produktivitas, baik pada perencanaan jangka pendek juga jangka panjang.
  3. Tujuan ekonomis dan non irit menurut perusahaan dapat diorganisasikan pulang menggunakan cara memberikan prioritas eksklusif yang ditinjau berdasarkan sudut produktivitas. 
  4. Perencanaan sasaran taraf produktivitas di masa mendatang bisa dimodifikasi balik berdasarkan keterangan pengukuran tingkat produktivitas sekarang.
  5. Pengukuran produktivitas perusahaan akan menjadi liputan yg berguna dalam membandingkan taraf produktivitas di antara organisasi perusahaan dalam industri homogen dan berguna juga buat informasi produktivitas industri pada skala nasional maupun global.
  6. Nilai-nilai produktivitas yang didapatkan dari suatu pengukuran bisa menjadi kabar yg berguna untuk merencanakan taraf laba berdasarkan perusahaan itu.
  7. Pengukuran produktivitas akan menciptakan tindakan-tindakan kompetitif berupa upaya-upaya peningkatan produktivitas terus menerus (continuous productivity improvement)
  8. Pengukuran produktivitas terus menerus akan menaruh kabar yang berguna buat memilih serta mengevaluasi kecenderungan perkembangan produktivitas perusahaan berdasarkan waktu ke saat.
  9. Pengukuran produktivitas akan memberikan kabar yg bermanfaat dalam mengevaluasi perkembangan dan efektifitas menurut pemugaran terus menerus yang dilakukan dalam perusahaan itu.
  10. Aktivitas negosiasi usaha (kegiatan tawar menawar) secara kolektif dapat diselesaikan secara rasional, jika telah tersedia ukuran-ukuran produktivitas.
Dengan adanya pengukuran peroduktivitas di perusahaan dapat memberi manfaat bagi perusahaan yaitu bisa membandingkannya dengan produktivitas standar yang sudah ditetapkan manajemen, mengukur taraf pemugaran produktivitas berdasarkan saat ke ketika, serta membandingkan dengan produktivitas industri sejenis yg menghasilkan produk serupa.

Adapun tujuan primer mengukuran produktivitas menurut Blocher, Chen, serta Lin yang diterjemahkan oleh Susty (2001;847) dalam bukunya Manajemen Biaya merupakan menjadi berikut :

Memperbaiki operasi menggunakan cara menggunakan input yg telah sedikit buat menghasilkan hasil yg sama atau memproduksi output lebih banyak dengan input yg sama

Bagaimana Meningkatkan Produktivitas
Bidang-bidang yg berkaitan menggunakan acara-acara produktivitas antara lain merupakan yang pertama mencakup dinamika struktur organisasi, mengcakup proses-prose pada manajemen sumber daya insan.

Lingkup perbaikan produktivitas menurut Gomes (2007:85) dalam bukunya Manajemen asal daya manusia merupakan menjadi berikut:
1. Fleksibelitas dalam melakukan prosedur-mekanisme pelayanan sipil
2. Sentralisasi manajemen yg mendukung pelayanan, antara lain mencakup mengetik daftar honor serta pembelian
3. Mengumpulkan laporan-laporan keuangan buat mempertinggi pendapatan
4. Desentralisasi yang terpilih atau terorganisasi kedalam unit-unit yang sama
5. Pemakaian yg meningkat mengenai ukuran-berukuran kinerja dan standar-baku kerja buat memonitori produktivitas
6. Konsolidasi pelayanan-pelayanan
7. Penggunaan model-model keputusan ekonomi rasional buat menjadwalkan serta perkara konservasi tenaga lainnya 

Cara Meningkatkan Produktivitas 
Menurut Nasution dalam kitab Manajemen Mutu Terpadu yg dikutip berdasarkan Ross (2001;209) mengemukakan cara buat mempertinggi produktivitas perusahaan menjadi berikut :
1. Menerapkan Program Reduksi Biaya
2. Mengelola Pertumbuhan
3. Bekerja Lebih Tangkas
4. Mengurangi Aktivitas
5. Bekerja Lebih Efektif

Adapun penjelasan berdasarkan kutipan cara menaikkan produktivitas tersebut di atas adalah menjadi berikut :

1. Menerapkan Program Reduksi Biaya
Reduksi biaya berarti pada menghasilkan output menggunakan kuantitas yg sama, kita memakai input pada jumlah yg lebih sedikit. Jadi, peningkatan produktivitas melalui acara reduksi porto berarti output yg tetap dibagi dengan input yang lebih sedikit. Program reduksi biaya mengacu kepada menghilangkan porto-porto yg dikeluarkan pada kegiatan-aktivitas yang nir perlu. 

2. Mengelola Pertumbuhan
Peningkatan produktivitas melalui mengelola pertumbuhan berarti kita menaikkan hasil pada kualitas yg lebih besar melalui peningkatan penggunaan input pada kuantitas yg lebih kecil. Artinya, output meningkat lebih poly, sedangkan input semakin tinggi lebih sedikit. Dalam pendekatan peningkatan produktivitas melalui pengelolaan pertumbuhan, suatu investasi atau tambahan biaya yang dimuntahkan akan membentuk lebih poly output menurut investasi itu sehingga nomor rasio output terhadap input akan semakin tinggi. 

3. Bekerja Lebih Tangkas
Peningkatan produktivitas melalui jurus ini adalah dengan memakai input yg sama, kita meningkatkan output. Jadi, produksi meningkat, tetapi jumlah input permanen sehingga akan diperoleh biaya produksi per unit output yg rendah. Meningkatkan arus perputaran inventori dan memperbaiki desain produk adalah aktivitas konkret menurut jurus bekerja lebih tangkas.

4. Mengurangi Aktivitas
Jurus ini mengajarkan dalam kita untuk mengurangi aktivitas produksi serta menghilangkan atau membuang asset yg nir produktif. Jadi, kita mempertinggi produktivitas perusahaan melalui pengurangan sedikit output serta mengurangi poly input yang nir perlu.

5. Bekerja Lebih Efektif
Peningkatan produktivitas melalui jurus ini merupakan menaikkan hasil, tetapi mengurangi penggunaan input. Caranya adalah menggunakan bekerja lebih efektif sebagai akibatnya kita akan memperoleh output yang lebih banyak menggunakan memakai input yang lebih sedikit.

Sedangkan berdasarkan Kussriyanto (2001:211) dalam bukunya Manajemen mutu terpadau mengemukakan bahwa peningkatan produktivitas pada dasarnya dapat dikelompokan pada empat bentuk atau cara yaitu sebagai berikut:
1. Pengurangan sedikit asal daya untuk memperoleh jumlah produksi yang sama
2. Pengurangan asal daya sekadarnya untuk memperoleh jumlah produksi yg lenih besar
3. Penggunaan jumlah asal daya yg sama buat memperoleh jumlah produksi yg lebih besar
4. Penggunaan jumlah asal daya yg lebih akbar untuk memperoleh jumlah produksi yang lebih akbar lagi

Peranan Entrepreneurship Dalam Meningkatkan Produktivitas
Peningkatan produktivitas membutuhkan perencanaan yang cermat, yg tidak lagi adalah output sampingan dari bisnis perencanaan lainnya tetapi merupakan perencanaan yg berdiri sendiri dengan banyak sekali upaya yg terkandung pada dalamnya.

Partisipasi para karyawan buat mendukung bisnis manajemen sangat dibutuhkan buat keberhasilan usaha peningkatan produktivitas, terutama pada melakukan tidakan dalam aktivitas usahanya.

Menurut Winardi (2003:81) pada bukunya entrepreneur serta entrepreneurship menyatakan sebagai berikut:

“Banyak pakar ekonomi mengambil kesimpulan serta sampai kini masih tetap berlaku, bahwa masalah yang paling mendasar pada perekonomian adalah menurunnya tingkat produktivitas, keliru satu alasan mengapa perhatian orang terhadap entrepreneurship semakin semakin tinggi merupakan semakin disadarinya peranan entrepreneurship dalam menaikkan produktivitas”

R.J Gordon yang dialih bahasakan atau diterjemahkan oleh Wahibur Rokhman (2003:122)

“Kemampuan pemimpin memiliki peranan strategis dalam proses produktivitas sebagai agen perubahan karena dalam kemampuan pemimpin ada proses peningkatan mutu yang seimbang, penjualan, serta output-hasil ekonomi yang lain, dan penemuan dalam pengembangan produk dan jasa baru, peningkatan kemampuan secara berkesinambungan mampu mencapai produktivitas yang aporisma”

Zimmerer yang dialih bahasakan oleh Buchari Alma (2007:67) mengemukakan

Entrepreneur merupakan satu gerombolan yg bagus, insan kreatif serta inovatif. Mereka merupakan bahan bakar pertumbuhan ekonomi rakyat, lantaran dia memiliki kemampuan berfikir dan bertindak produktif 

Demikian pentingnya produktivitas bagi pencapaian tujuan organiosasi, maka perhatian pimpinan terhadap kemajuan produktivitas sangatlah dibutuhkan, melalui kemapuan pimpinan tadi akan terjadi kemajuan mutu, penjualan dan output-output ekonomi yang lain serta penemuan, pengembangan produk serta jasa baru. Demikian bagi peningkatan disiplin kerja, keterampilan, keahlian, serta kecakapan pengusaha bisa membuat mereka mampu atau melaksanakan usahanya secara efektif dan efisien.

Comments