PENGERTIAN CARA BELAJAR MENURUT PARA AHLI

Pengertian Cara Belajar Menurut Para Ahli
Cara belajar setiap siswa bhineka diadaptasi dengan kemampuan berpikir setiap anak. Oemar Hamalik (1983;30) mengemukakan mengenai cara belajar merupakan “aktivitas-kegiatan yg dilakukan pada menyelidiki sesuatu, artinya kegiatan-aktivitas yg seharusnya dilakukan dalam situasi belajar tertentu. Dalam situasi tertentu dibutuhkan cara belajar eksklusif pula”. Cara belajar yg baik merupakan cara belajar yg teratur, cara belajar yg dipergunakan turut menentukan hasil belajar yg diharapkan.

Slameto (1995;82) mengemukakan bahwa: ”Cara belajar merupakan kebiasaan belajar atau cara belajar yang mempengaruhi belajar meliputi diantaranya; mengulangi bahan pelajaran, membaca serta menciptakan catatan, kosentrasi, mengerjakan tugas, cara mengatur waktu belajar.”

Seorang siswa akan mempunyai hasil belajar yang baik jika cara belajar yg digunakan relatif efisien, cara belajar yg efektif setidak-tidaknya ditentukan sang keteraturan, disiplin, serta semangat, konsentrasi, pengaturan ketika, serta cara-cara belajar yang dilakukan anak didik.

1) Keteraturan Belajar
Pokok pangkal yg utama dari cara belajar yg baik merupakan keteraturan. Siswa harus teratur mengikuti pelajaran, membaca buku pelajaran, catatan pelajaran, serta alat perlengkapan buat belajar wajib dipelihara secara teratur. 

“apabila sifat keteraturan ini sudah sahih dihayati sehingga sebagai kebiasaan seseorang siswa dalam perbuatannya, maka sifat ini akan mempengaruhi jalan pikirannya. Sehingga keteraturan dalam belajar hendaknya tercermin dalam tindakan siswa setiap harinya” (The Liang Gie. 1984;89)

Oleh karena itu keteraturan belajar sangat krusial agar ilmu pelajaran yang telah diperoleh nir hilang, lantaran kemampuan otak pada berpikir serta mengingat memiliki keterbatasan. Sehingga menggunakan belajar secara teratur akan dihindari cara belajar menggunakan mendadak atau semalam suntuk. Seperti yang pada ungkapkan sang Roestiyah (1982) bahwa anak didik hendaknya jangan belajar sekaligus, mulailah belajar teratur agar tujuan yang diinginkan tercapai.

2) Disiplin dan semangat belajar
Siswa harus disiplin serta semangat dalam belajar, menggunakan disiplin maka murid bisa melaksanakan pada usahanya pada belajar. “sifat seringkali bermalas-malasan, impian mencari gampangnya saja, segan buat bersusah payah memusatkan pikiran, ganguan tersebut bias di atasi jika seseorang memiliki rasa disiplin dan semangat sehingga disiplin akan membangun kemauan belajar secara teratur”

(The Liang Gie, 1984;90) pada belajar siswa jua wajib memiliki semangat yang tinggi, supaya siswa mampu mengatasi kesulitan belajar yg terdapat. Sehingga menggunakan adanya semangat akan dapat menghilangkan rasa kantuk, indolen,bosan, malas, serta lain sebagainya.

3) Konsentrasi belajar
Dalam belajar anak didik dituntut buat berkonsentrasi penuh atau nir terbagi-bagi. Tanpa konsentrasi nir mungkin seorang murid berhasil menguasai pelajarannya, lantaran berkonsentrasi berarti siswa dapat memusatkan pikiran terhadap suatu mata pelajaran dengan menyampaikan seluruh hal yg tidak berhubungan dengan pelajaran tadi.

Konsentrasi dimaksudkan menjadi segenap kekuatan perhatian pada suatu situasi belajar. Unsure semangat pada hal ini sangat membantu tumbuhnya proses pemusatan pikiran.” Dalam belajar mungkin ada pula perhatian sekedarnya tetapi tidak berkonsentrasi, maka materi yg masuk pada pikiran memiliki kecenderungan berkesan tetapi kurang jelas pada dalam kesadaran”(Sardiman AM. 1994;74) oleh karenanya konsentrasi dalam belajar dibutuhkan sekali supaya belajar yg ingin dicapai akan berhasil menggunakan baik.

4) Pengaturan Waktu Belajar
Salah satu masalah yg seringkali dihadapi siswa merupakan kesukaran dalam mengatur saat belajar. Seseorang yang ingin mencapai output belajar yg aporisma, di tuntut buat pintar mengatur saat dalam belajar. Banyak saat yg terbuang sia-sia terurtama karena kebiasaan mengobrol atau bersantai. Sebaiknya membaca buku pelajaran yg belum dipahaminya bisa dimengerti.

Agar perhatian siswa berpusat dalam buku yg dibacanya dapat dengan cara memberi tanda-tanda pada kalimat yang krusial supaya bisa teringat menggunakan baik.” Pada kalimat-kalimat atau istilah-istilah yang penting bisa dibentuk garis bawah atau lingkari (The Liang Gie.1984:92).

Lebih lanjut syaiful bahri mengemukakan cara belajar yang efisien adalah belajar mengguanakan fasilitas dan perabot belajar yang relatif, mengatur waktu belajar, mengulangi bahan pelajaran, menghafal bahan pelajaran, membaca buku, membuat ringkasan, mengerjakan tugas, serta memanfaatkan perpustakaan.

1) Mempunyai fasilitas dan perabot belajar
Fasilitas serta perabot belajar menentukan keberhasilan belajar seorang, orang yang belajar tanpa dibantu dengan fasilitas nir sporadis mendapatkan kendala pada merampungkan kegiatan belajar, maka fasilitas nir bias pada abaikan dalam perkara belajar. Dengan adanya fasilitas belajar yg cukup paling tidak akan memperkecil kesulitan belajar.

2) Mengatur saat belajar
Masalah pengaturan waktu poly menjadi duduk perkara bagi pelajar. Banyak dari mereka mengeluh lantaran nir dapat membagi waktu menggunakan tepat dan baik, akibatnya waktu yang seharusnya dimanfaatkan terbuang percuma. Pelajar nir bias membagi waktunya dalam belajar akan menghadapi kebingungan, pelajaran apa yg wajib dipelajari hari ini atau esok hari.

3) Mengulangi bahan pelajaran
Setelah disekolah ingat buat mengulangi bahan pelajaran dirumah. Apa yang guru jelaskan tidak semuanya terkesan menggunakan baik. Tentu terdapat kesan-kesan yg masih samar-samar pada ingatan. Pengulangan sangat membantu buat memperbaiki seluruh kesan yg masih samar-samar itu untuk sebagai kesan yang sesungguhnya, yang tergambar kentara pada ingatan.

4) Menghafal bahan pelajaran
dalam belajar, menghafal bahan pelajaran merupakan galat satu kegiatan pada rangka penguasaan bahan. Bahan pelajaran yg wajib dikuasai nir hanya mengambil intisari (pokok pikiran), tetapi terdapat pula bahan pelajaran yang wajib dikuasai dengan cara menghafal. Semua rumus,dalil, konsep, serta kaidah tertentu nir bias di ambil intisari nya, namun wajib dikuasai dan dihafal apa adanya (secara harfiah).

5) Membaca buku
Kegiatan membaca adalah aktivitas yg paling poly dilakukan selama menuntut ilmu. Hampir setiap hari keharusan membaca kitab itu dilakukan. Dengan membaca berarti kita telah menambah ilmu pengetahuan dalam diri kita. Semakin sering membaca pelajaran maka semakin kaya pengetahuan seorang.

6) Membuat kompendium dan ikhtisar
Kegiatan membuat kompendium atau ikhtisar ini umumnya seorang lakukan setelah dia terselesaikan membaca suatu buku, suatu bab, atau sub-sub bab eksklusif. Kegiatan menciptakan ringkasan atau ikhitisar ini nir lain adalah aktivitas yg berupaya untuk memadatkan isi dengan landasan kerangka dasarnya dan menghilangkan pikiran-pikiran jabaran.

7) Mengerjakan tugas
Selama menuntut ilmu pada lembaga pendidikan formal tidak akan pernah melepaskan diri berdasarkan keharusan mengerjakan tugas-tugas studi. Setiap pengajar pasti menaruh tugas buat diselesaikan, baik secara grup juga individu.

8) Memanfaatkan perpustakaan
Dunia pendidikan merupakan dunia pustaka. Di perpustakan terdapat aneka macam macam literature dengan berbagai disiplin ilmu. Semuanya bisa dimanfaatkan buat memenuhi kebutuhan studi.

Prestasi Belajar
Prestasi belajar merupakan tolak ukur pada dunia pendidikan, khususnya sekolah, sesudah menjalani proses pembelajaran maka siswa akan mendapatkan output belajar yg sinkron dengan apa yg sudah dilakukannya. Hasil belajar tersebut dinyatakan berupa dengan alfabet serta angka mutu. Hal ini sesuai dengan pendapat abu Ahmasi (1988:21) yg mendefinisikan prestasi belajar menjadi berikut :”prestasi belajar merupakan output belajar yg telah pada capai dalam suatu bisnis dalam aktivitas belajar dan perwujudan prestasinya bisa ditinjau dari nilai yang diperoleh setiap mengikuti Tes”.

Jadi bisa disimpulkan bahwa prestasi adalah bentuk penghargaan yang diberikan oleh para pendidik kepada murid yang telah mengikuti proses pembelajatan, bentuk penghargaan tadi berupa angka-nomor atau alfabet mutu. Yang adalah output yg pada capai murid sehabis mengikuti pelajaran yang pada ukur menurut hasil nilai murid pada setiap tes maupun ujian.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar
Menurut Bimo Walgito (1980 : 125-129) mengemukakan bahwa faktor yg herbi prestasi belajar, yaitu: 
  • Faktor yg berasal berdasarkan pada diri individu (intern), meliputi : 
a. Intelegensi.
b. Motivasi belajar
c. Sikap anak didik terhadap guru
d. Minat siswa terhadap mata pelajaran
e. Persepsi siwa terhadap guru yang mengajar 

  • Faktor yang asal berdasarkan luar individu (eksternal), mencakup : 
a. Pekerjaan orang tua
b. Pendapatan orang tua
c. Pendidikan orang tua
d. Aktifitas belajar siswa
e. Sarana belajar siswa

Berdasarkan pendapat di atas, maka bisa pada tarik kesimpulan bahwa pada memilih prestasi belajar murid terdapat dua faktor yg menghipnotis, yaitu : faktor intern ( faktor yg berasal berdasarkan diri anak didik sendiri) serta faktor eksternal ( faktor menurut luar diri siswa itu sendiri).

Comments