PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP/MTS 2018 TAHUN PELAJARAN 20182018

Berikut ini adalah pembahasan soal ujian nasional tahun 2018, yg dilaksanakan pada hari Senin, Tanggal 23 April 2018. Perlu diketahui bahwa soal yang ada pada artikel ini adalah output ketik ulang dari soal berbentuk UNKP (UN Kertas Pensil), bukan merupakan bocoran soal. Dan, soal ini ditulis serta diunggah selesainya semua murid melakukan UN termasuk yg sesi ketiga bagi yang UNBK. Hak cipta naskah soal ini ada dalam Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG-KEMDIKBUD.
Soal Nomor 1

Bacalah teks berikut!
Banyak kejadian di warga yang dipicu oleh hal-hal mini . Masyarakat bertindak karena menerima provokator dari oknum yg tidak bertanggung jawab. Itulah yang mengakibatkan mereka berbuat anarkisme. Seharusnya mereka melakukan penjabaran dulu pada pihak lain sehingga tidak gegabah dan emosional.
Pengganti kata anarkisme dan klasifikasi pada teks tadi secara berturut-turut merupakan....
a. Anarki, klarifikasi
b. Anarkis, klarifikasi
c. Anarkistis, klarifikasi
d. Anarkis, verifikasi
JAWABAN: B
Pembahasan: Tindakan rakyat yang dipengaruhi oleh provokator adalah tindakan anarkis, yaitu tindakan yg menghambat. Sementara, agar nir melakukan tindakan yg anarkis, wajib melakukan penjelasan kepada pihak lain (lawan) yang dianggap galat.
anarki = kekacauan
anarkistis = sifat terjadinya kekacauan
anarkis = tindakan anarki
Soal Nomor 2

Bacalah kalimat berikut!
Irma mengikuti kegiatan pertukaran pelajar antar negara di luar negri
Perbaikan penulisan adonan istilah ada kalimat tersebut merupakan....
a. pertukaran seharusnya per-tukaran
b. pertukaran pelajar seharusnya pertukaran-pelajar
c. antar negara seharusnya antarnegara
d. luar negeri seharusnya luarnegeri

JAWABAN: C
Pembahasan: Yang ditanyakan merupakan penulisan gabungan istilah, maka yang perlu difokuskan adalah penulisan 2 kata. Penulisan kata yang salah adalah yang digabung menggunakan istilah antar-. Kata tadi wajib digabung menggunakan istilah selanjutnya, antarnegara atau antar-negara. Begitu pula menggunakan kata antarkelas, antaretnis, antarkampung. Kata yg demikian sifatnya adalah anti-, non-, dan pasca-.

Soal Nomor 3

Perhatikan teks berikut!
(1) Kebersihan lingkungan sekolah merupakan galat satu faktor terpenting untuk membangun ketenangan, baik di lingkungan rumah juga pada lingkungan sekitar. (dua) Setiap sekolah selalu mengajarkan  anak didiknya buat menjaga kebersihan lingkungan sekolah. (3) Banyak pemerintah wilayah yg mengalokasikan anggarannya buat menjaga kebersihan pada wilayanya (4) Bahkan, kebersihan sekolah poly dilombakan buat menarik minat sekolah agar mereka peduli kebersihan. (5) Cara buat menjaga kebersihan sekolah, di antaranya adalah membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, serta menyapu ruang kelas.
Perbaikan teks tadi agar menjadi padu merupakan menggunakan menghilangkan kalimat angka ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
JAWABAN: C

Pembahasan: Kalimat nomor tiga berisi mengenai pemerintah daerah yg mengalokasikan aturan buat kebersihan. Sementara kalimat yg lain membahas mengenai kebersihan sekolah. Hal ini menerangkan ketidakpaduan, maka harus dihilangkan.
Soal Nomor 4

Bacalah kalimat berikut!
Rina sudah yatim piatu lantaran orang tuanya wafat dalam kecelakaan.
Penggunaan istilah wafat pada kalimat tersebut nir tepat karena istilah wafat....

a. Digunakan buat orang yg berjasa.
b. Mempunyai makna nir sopan
c. Mempuanyai makna penyesalan mendalam
d. Melambangkan kesedihan yang mendalam
JAWABAN: A

Pembahasan: Penggunaan istilah wafat layak dipakai untuk orang-orang yg dihormati sang lingkungan. Misalnya punya jasa terhadap pendidikan serta memimpin warga . Atau para pemimpin negara, mampu digunakan kata wafat. Misalnya, Soekarno lahir di Surabaya dan wafat pada Jakarta.
Soal Nomor 5

Bacalah paragraf berikut!
Kebersihan lingkungan nir akan sulit diterapkan jika kita membiasakan pola hidup bersih serta sehat. Budaya hidup bersih serta sehat aan mendatangkan poly manfaat bagi manusia. Kita bisa menjalankan aktiitas hayati yg sehat serta produktif sebagai akibatnya dalam akhirnya menggapai kesuksesan. Penerapan pola hidup sehat bisa dimulai menurut lingkungan keluarga.
Ide utama paragraf tadi adalah....
a. Penerapan kebersihan lingkungan.
b. Manfaat budaya hayati sehat bagi manusia
c. Aktivitas hidup sehat mendukung kesuksesan
d. Tempat penerapan pla hayati sehat
JAWABAN: A

Pembahasan: Ide utama sebuah paragraf terletak dalam kalimat primer. Kalimat primer paragraf di atas terdapat dalam kalimat pertama. Kalimat pertama dipercaya menjadi kalimat primer lantaran menjadi pokok pembahasan serta dijelaskan oleh kalimat kedua, ketiga, serta keempat. Kalimat pertama membahas penerapan kebersihan, kalimat selanjutnya berisi alasan mengapa perlu menerapkan kebersihan, karena poly manfaat, membantu kesuksesan, dan bisa dimulai berdasarkan lingkungan famili.
Soal Nomor 6

Bacalah kalimat berikut!
Rumah pejabat baru dibangun menggunakan sangat glamor.
Kalimat tersebu nir efektif lantaran....
a. Nir memiliki subjek
b. Predikatnya istilah kerja pasif
c. Mempunyai makna ganda
d. Tidak diserta informasi tempat
JAWABAN: C

Pembahasan: Kalimat tersebut mempunyai dua kemungkinan makna dikarenakan adanya kata 'baru'. Dalam kalimat pada atas, kata 'baru' sanggup berkaitan menggunakan pejabat, atau istilah dibangun. Jadi, sanggup jadi pejabatnya yang baru, ataukah rumah yg baru dibangun. 

Soal Nomor 7

Bacalah teks berikut!
Bagi anak-anak, bermain adalah kegiatan yang menyenangkan. Selain itu, bermain bisa dipakai untuk melatih otak si mini supaya siap belajar. Belajar pun sanggup menangani emosi. Hal ini bisa diibaratkan otot, kalau nir dilatih tidak akan terbentuk. Permainan mempunyai banyak manfaat bagi anak pada usia perkembangan.
Simpulan isi teks tersebut adalah....
a. Bermain tidak punya kaitan menggunakan kecerdasan anak.
b. Setiap anak usia perkembangan perlu diberikan permainan.
c. Permaian dapat memengaruhi kondisi emosional anak.
d. Permainan hanya menciptakan anak menjadi senang semata.
JAWABAN: B

Pembahasan: Paragraf pada atas membahas tentang manfaat permainan bagi anak. Lantaran banyak manfaatnya, maka seorang anak perlu diberi permainan agar mampu memberikan manfaat yg akbar bagi otaknya.
Nah, cara memilih konklusi pada sebuah paragraf harus dilakukan menggunakan cara menemukan 'tindak lanjut' yang diinginkan dari sebuah isi paragraf.
Soal Nomor 8

Bacalah kalimat berikut!
Tarip data internet operator di Indonesia masih termurah selesainya India, klaim ini berdasarkan pengalaman dengan operator luar negeri.
Perbaikan penulisan kata yg nir tepat pada kalimat tersebut merupakan....
a. Tarip seharusnya tarif
b. Operator seharusnya operathor
c. Internet seharusnya inthernet
d. Klaim seharusnya kleim
JAWABAN: A

Pembahasan: penulisan kata yg tidak sempurna lantaran penggunaan alfabet yg keliru. Maka, diperlukan pengetahuan tentang istilah baku. Kata standar bisa dilihat di pada Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Soal Nomor 9

Bacalah kalimat berikut!
Di daerah Tasikmalaya, mereka memeriksa pembuatan gula Jawa.
Penulisan huruf yg salah dalam kalimat tadi terdapat dalam istilah ....
a. Daerah
b. Tasikmalaya
c. Gula
d. Jawa
JAWABAN: D

Pembahasan: Kata 'jawa' dalam kalimat pada atas bukan nama geografi, sehingga tidak perlu alfabet modal. Sama halnya dengan 'jeruk bali' dan 'apel malang'. Sama halnya dengan gula pasir, gula merah, gula aren, gula jawa. 

Soal Nomor 10

Bacalah teks berikut!
(1) Meski pasar resmi tutup pukul 17.00 WIB, dinamika pedagang tidak berhenti pada jam itu. (dua) Bagian depan pasar masih memperlihatkan berbagai macam makanan khas.  (3) Martabak menggunakan berbagai isinya, terperinci bulan yg gurih bercampur cokelat serta  kacang, serta klepon isi gula jawa yang enak sanggup dibeli setap sorenya; (4) Begitu pula minuman tradisional: bandrek, minuman memabukan pletok, lahang, bajigur, wedang jahe, dan jamu.
Kesalahan penggunaan pertanda baca pada teks tadi ditandai menggunakan nomor ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
JAWABAN: D

Pembahasan: Pada kalimat keempat, masih ada pertanda baca titik 2 (:), penulisannya salah lantaran perinciannya pada satu kalimat tidak perlu menggunakan titik 2 (:).

Comments