PANDUAN DALAM MEMILIH GENSET UNTUK KEPERLUAN DI RUMAH

Bagaimana cara menentukan Genset yang bagus, berkualitas, serta sinkron dengan kebutuhan di rumah?
Beberapa Panduan pada memilih genset yg cocok dan sinkron dengan kebutuhan di rumah anda.
Listrik sudah sebagai kebutuhan yang tidak bisa lepas dalam kehidupan kita sehari-hari, dari mulai pagi hingga malam hari kita selalu membutuhkan energi listrik.
Semua kebutuhan Listrik yang kita pakai dirumah umumnya berasal berdasarkan Listrik PLN, Tetapi ada kalanya Listrik berdasarkan PLN padam lantaran banyak sekali alasan sehingga kita tidak dapat memakai Listrik di tempat tinggal .
Bagi sebagian orang yg memang sangat tergantung pada Listrik, tentu padamnya listrik PLN menjadi hal yang sangat mengganggu serta bahkan dapat menimbulkan kerugian.
Sebagai model bagi anda yang mempunyai bisnis fotocopy, warnet, laundry, warung, dan lainnya, padamnya listrik akan sangat mengganggu serta merugikan bagi usaha anda di rumah.
Tentu kita nir dapat selalu tergantung dalam listrik dari PLN, solusinya tentu kita wajib membeli Genset sendiri buat menggantikan asal listrik ketika PLN Padam.
Dengan mempunyai Genset sebagai cadangan sumber listrik di tempat tinggal , kita nir lagi merasa kebingungan meski listrik berdasarkan PLN padam.
Berbagai penyebab listrik Padam
Saat listrik PLN padam, kita bisa mengoperasikan Genset yang kita miliki, dan listrik pada tempat tinggal kita permanen menyala sehingga kita dapat melakukan aneka macam aktifitas dan usaha yang kita miliki seperti umumnya.
Cara memasang Saklar Handel pemindah listrik PLN ke Genset
Bagi anda yang berencana buat membeli Genset buat keperluan rumah tangga maupun buat bisnis pada tempat tinggal , serta masih galau buat menentukan pilihan Genset yang bagus dan cocok sinkron menggunakan kebutuhan listrik anda, berikut ini kita akan coba menyebarkan beberapa pedoman bagaimana cara menentukan genset yang mengagumkan serta sesuai dengan yang anda butuhkan.

Panduan pada memilih genset buat keperluan pada rumah

1.sesuaikan Daya Genset menggunakan kebutuhan anda
Hal pertama yg harus anda perhatikan dalam menentukan Genset buat keperluan di tempat tinggal merupakan Berapa besar Daya genset yang anda butuhkan?
dan tentunya Daya genset ini harus disesuaikan menggunakan kebutuhan daya banyak sekali alat-alat listrik yang anda pakai di tempat tinggal .
Jika daya listrik PLN yg terpasang pada rumah anda merupakan 2200Watt, maka usahakan anda memilih Genset yang lebih akbar dari 2200watt.
Untuk menjaga syarat genset yang kita miliki supaya lebih awet dan tahan usang, maka sebaiknya Genset hanya diberi beban sebesar 80% berdasarkan daya aporisma.
Sebagai model:
Jika anda membutuhkan genset buat keperluan listrik di tempat tinggal dengan daya 2200watt, maka usahakan genset yg anda pilih adalah genset dengan daya 3000watt, agar pengoperasian Genset tadi nir lebih berdasarkan 80% dari kemampuan daya maksimalnya.
2.bedakan VA dengan Watt
Satuan daya yang tertulis pada genset terdapat yang memakai satuan Watt serta ada pula yang menggunakan satuan VA, atau ada yg menggunakan KW serta terdapat yang KVA.
  • 1 KW =1000Watt
  • 1 KVA = 1000VA

Genset menggunakan daya tertulis sebesar 1000Watt tentu berbeda dengan Genset menggunakan daya 1000VA.
Perbedaannya merupakan satuan Watt adalah daya yang sebenanya, sedangkan VA merupakan daya nominal atau daya semu.
Perbedaan satuan VA, Watt, KVA, KW
Untuk Genset satuan daya VA, maka wajib dikalikan terlebih dahulu menggunakan faktor daya genset tersebut untuk menerima satuan daya Watt, serta umumnya faktor daya genset merupakan sebanyak 0,8.
Sebagai model:
Genset 1000VA, dengan faktor daya 0,8. Maka daya sebenarnya merupakan:
1000VA x 0,8 = 800Watt.
Jika anda membeli genset dengan daya 1000VA, ini berarti bahwa daya maksimal menurut genset tersebut hanya 800watt.
3.genset menggunakan Tegangan 220VAC
Tegangan yg umumnya dipakai di rumah kita merupakan 220Volt, maka anda harus memastikan bahwa genset yg anda pilih memiliki tegangan 220Volt.
AC atau DC
Genset terdapat yg mempunyai tegangan DC (Arus searah), dan terdapat yg mempunyai tegangan AC (arus bolak-balik ).
Perbedaan Listrik AC menggunakan Listrik DC
Listrik yang dipakai dirumah merupakan listrik AC (Arus bolak-pulang), maka anda harus pastikan juga bahwa genset yang anda pilih memiliki tegangan listrik AC.
Genset menggunakan tegangan 220VAC, artinya tegangan listriknya sebanyak 220Volt menggunakan listrik AC (Arus Bolak-kembali).
4.genset menggunakan Frekwensi 50Hz
Listrik PLN yg kita pakai di rumah memiliki frekwensi 50Hz, maka pastikan juga bahwa genset yg anda pilih merupakan genset menggunakan frekwensi 50Hz.
5.genset 1 fasa atau 3 fasa.
Listrik yg umumnya dipakai di rumah merupakan listrik 1 fasa, maka genset yang anda pilih tentu genset menggunakan listrik 1 fasa.
Perbedaan Genset 1 fasa dengan genset tiga fasa
Namun, apabila anda memang membutuhkan listrik dengan 3 fasa buat keperluan usaha, maka anda wajib menentukan genset dengan listrik tiga fasa.
Biasanya dalam genset tertulis 1 phase buat listrik 1 fasa, atau 3 phase buat listrik tiga fasa.
6.bahan bakar Genset
Pastikan Apa jenis bahan bakar genset yg anda pilih, apakah genset tadi memakai bahan bakar bensin atau solar.
Umumnya buat genset menggunakan daya yang relatif kecil memakai bahan bakar Bensin, sedangkan genset berbahan bakar solar umumnya buat genset menggunakan daya besar .
7.cara pengoperasian Genset
Genset yang dijual dipasaran buat keperluan rumah tangga, ada yg dinyalakan dengan memakai Electric starter, dan terdapat juga yg manual starter.
Sebaiknya genset yg anda gunakan pada tempat tinggal memiliki sistem pengoperasian menggunakan Electric starter supaya anda nir repot buat menyalakan Genset tadi, dibanding dengan genset yg menggunakan sistem manual atau pada engkol/putar.
8.tipe genset
Genset buat keperluan rumah tangga, ada yg tipe portabel, Silent serta ada yang standby.
Genset yang paling poly digunakan buat keperluan rumah tangga merupakan genset portabel lantaran harganya lebih murah dibanding tipe standby.
Namun genset portabel memiliki bunyi yg relatif berisik, dibanding genset standby yg umumnya sudah dibuat tertutup dan lebih kedap suara.
Jika anda menginginkan genset portabel yang nir berisik, anda bisa menentukan Genset portabel dengan tipe Silent, namun tentu harganya lebih mahal dibanding dengan genset portabel biasa.
9.merek Genset
Untuk mendapatkan Genset yang bagus, berkualitas, terjamin, dan tahan lama , anda dapat menentukan Genset menggunakan Merek yg sudah terpercaya pada hal produksi Genset.
Merek genset yg terbaik adalah merek genset yg poly dipakai atau terlaris, telah berpengalaman, sedikit keluhan menurut konsumen, dan dapat di rekomendasikan.
Tips lainnya: Tempatkan Genset diluar rumah, agar asap dari genset nir berkumpul pada rumah dan dapat membahayakan kesehatan anda dan keluarga.
Semoga berguna!
CARA FLEXI

Comments