ORGANISASI DAN MOTIVASI DASAR PENINGKATAN PRODUKTIVITAS

Organisasi Dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas
Dalam pembukaan UUD 1945 disebutkan bahwa galat satu tujuan kemerdekaan Negara Republik Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Lantaran itu, maka pendidikan nasional Indonesia merupakan pendidikan yang berdasarkan Pancasila serta UUD 1945, yg berakar pada nilai-nilai agama serta kebudayaan nasional Indonesia serta tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.

Karena itu seluruh rakyat Negara Indonesia berhak menerima pendidikan sebagaimana ditegaskan pada pasal 31 ayat 1 dan 2 UUD 1945 “tiap-tiap rakyat Negara berhak menerima pedagogi, dan pemerintah mengusahakan serta menyelenggarakan satu sistem pedagogi nasional yang diatur menggunakan undang-undang.

Sistem pedagogi nasional ini telah diselenggrakan sang pemerintah mulai dari taraf pendidikan anak usia dini hingga menggunakan tingkat pendidikan tinggi. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 61 tahun 1999 Bab II Pasal tiga menjelaskan bahwa tujuan pendidikan di perguruan tinggi merupakan: a) menyiapkan siswa sebagai anggota masyarakat yg mempunyai kemampuan akademik serta/atau professional yang bisa menerapkan, mengembangkan serta/atau memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian; b) menyebarkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi serta/atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya buat meningkatkan taraf kehidupan warga dan memperkaya kebudayaan nasional; c) mendukung pembangunan warga madani yg demokratis menggunakan berperan sebagai kekuatan moral yg mandiri; serta d) mencapai keunggulan kompetitif melalui penerapan prinsip pengelolaan sumber daya sinkron dengan asas pengelolaan yg professional.

Salah satu bentuk pendidikan tinggi negeri yg diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia merupakan Universitas Terbuka. Saat ini Universitas Terbuka telah berusaha buat melayani kebutuhan pendidikan tinggi masyarakat Negara Indonesia yg beredar pada seluruh daerah nusantara menurut Sabang sampai Merauke bahkan yg tinggal di luar negeri sekalipun. Untuk itu dibentuklah Unit Pelaksana Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) pada semua propinsi Indonesia, di antaranya adalah UPBJJ – UT Malang.

Pada tahun 2010 ini UPBJJ – UT Malang telah membuka program studi D2 Perpustakaan. Program ini menerima respon yg positif berdasarkan rakyat Jawa Timur terutama dari daerah Kabupaten Pacitan. UPBJJ – UT Malang buat Pokjar/Kabupaten Pacitan pada periode 2010/1 ini memiliki 184 mahasiswa yg terbagi sebagai lima kelas tutorial. Tutorial dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Kebonsari Pacitan sebanyak 4 kelas, serta di UPT Pendidikan Arjosari Pacitan satu kelas. Untuk itu perlu diketahui apa yang menjadi motivasi warga khususnya mahasiswa mengikuti kuliah program D2 Jurusan Perpustakaan Universitas Terbuka

Motivasi
Motivasi dari dari istilah motif yang berarti dorongan atau alasan. Motif adalah tenaga pendorong yg mendorong insan buat bertindak atau suatu tenaga di dalam diri manusia, yang mengakibatkan insan bertindak atau melakukan sesuatu.

Menurut Dimyati serta Mudjiono (2006:80) “Motivasi dilihat sebagai dorongan mental yang menggerakkan serta mengarahkan perilaku manusia termasuk konduite belajar”. Sejalan menggunakan itu, Ratumanan (2002:72) berkata bahwa; “Motivasi merupakan sebagai dorongan dasar yg menggerakkan seorang bertingkah laku ”. Sedangkan motivasi belajar merupakan “Keseluruhan daya penggerak psikis di pada diri siswa yg menimbulkan aktivitas belajar, mengklaim kelangsungan kegiatan belajar dan memberikan arah dalam aktivitas belajar itu demi mencapai suatu tujuan (Tadjab, 1994:102)”.

Dari beberapa pengertian pada atas dapat dikatakan bahwa motivasi mempunyai tiga komponen, yaitu: a) kebutuhan, kebutuhan terjadi jika individu merasa ada ketidak seimbangan antara apa yg dimiliki dari apa yang ia harapkan; b) dorongan, merupakan kegiatan mental untuk melakukan suatu.; serta c) tujuan, tujuan adalah hal yg ingin dicapai oleh individu. Seseorang yg mempunyai tujuan eksklusif pada melakukan suatu pekerjaan, maka dia akan melakukan pekerjaan tadi dengan penuh semangat.

Pengaruh motivasi terhadap seorang tergantung seberapa besar motivasi itu mampu membangkitkan motivasi seseorang buat bertingkat laku . Dengan motivasi yg akbar, maka seseorang akan melakukan sesuatu pekerjaan menggunakan lebih memusatkan pada tujuan dan akan lebih intensif pada proses pengerjaannya. Dalam kegiatan belajar, motivasi bisa dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri seseorang yg menyebabkan kegiatan belajar, yg mengklaim kelangsungan dari kegaitan belajar dan memberikan arah pada kegiatna belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki sang subyek belajar itu dapat tercapai.

Motivasi dapat dibedakan sebagai motivasi intrinsik serta motivasi ekstrinsik (Sardiman, 2005:189). Motivasi instrinsik adalah motif-motif yang menjadi aktif atau berfungsinya tidak perlu dirangsang dari luar, lantaran dalam diri setiap individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu. Sedangkan motivasi ekstrinsik merupakan motif-motif yg aktif serta berfungsinya karena adanya perangsang dari luar. Sejalan dengan itu jua, Suryabrata (1994:72) jua membagi motivasi menjadi dua yaitu: a) motivasi ekstrinsik, yaitu motivasi yang berfungsi lantaran adanya rangsangan menurut luar; serta b) motivasi intrinsik, yaitu motivasi yg berfungsi meskipun tidak mendapat rangsangan menurut luar.

Dari uraian di atas bisa disimpulkan bahwa motivasi belajar dalam dasarnya ada dua yaitu: motivasi yg tiba sendiri dan motivasi yg terdapat lantaran adanya rangsangan dari luar. Kedua bentuk motivasi belajar ini sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar.

Setiap motivasi itu bertalian erat hubungan menggunakan tujuan atau suatu hasrat, maka makin tinggi harga suatu tujuan itu, maka makin kuat motivasi seorang buat mencapai tujuan. Purwanto (1996:70) berkata bahwa fungsi motivasi ada tiga yaitu: a) motivasi itu mendorong insan buat berbuat atau bertindak, motivasi ini berfungsi sebagai penggerak atau sebagai motor yg memberikan energi pada seseorang buat melakukan sesuatu; b) motivasi itu memilih arah perbuatan ke arah perwujudan suatu tujuan atau hasrat, dalam hal ini motivasi mencegah penyelewengan dari jalan yg wajib ditempuh buat mencapai tujuan itu, sehingga makin jelas tujuan itu, makin jelas pula terbentang jalan yg wajib ditempuh; serta c) motivasi itu menyeleksi perbuatan kita, adalah menentukan perbuatan mana yang dilakuan dilakukan, yang harmonis, guna mencapai tujuan itu dengan mengenyampingkan perbuatan yg tidak berguna bagi tujuan itu.

Dalam kajian teori motivasi ada yg dikenal dengan teori kebutuhan. Teori ini dikemukakan oleh A.H. Maslow yg mengemukakan bahwa orang termotivasi buat melakukan sesuatu lantaran didasari adanya kebutuhan pada dirinya, yg terbagi sebagai lima (lima) kebutuhan yaitu: (1) kebutuhan fisiologis yg adalah kebutuhan manusia untuk bertahan hidup atau juga disebut kebutuhan utama yg terdiri dari kebutuhan makan, minum, sandang, serta loka tinggal; (dua) kebutuhan rasa aman yang meliputi keamanan akan perlindungan dari bahaya kecelakaan kerja serta jaminan hari tua; (3) kebutuhan sosial yg berupa kebutuhan-kebutuhan seorang buat diterima pada grup eksklusif yg menyenangkan bagi dirinya; (4) kebutuhan penghargaan misalnya halnya kabutuhan bagi seorang pegawai yg bekerja dengan baik tentu ingin mendapat penghargaan dan pengakuan berdasarkan atasan ataupun pujian berdasarkan sahabat kerjanya atas prestasinya serta; (5) kebutuhan ekspresi yg berupa kebutuhan yang timbul menurut seseorang dalam proses pengembangan potensi dan kemampuannya buat memberitahuakn jati dirinya yg sebenarnya (Hasibuan, 2003:104-107).

Siagian (2002:107) mengungkapkan teori motivasi yg dikemukakan oleh Frederick Herzberg yg dikenal menggunakan Hygiene theory. Menurut teori ini faktor-faktor yang mendorong aspek motivasi adalah keberhasilan, pengakuan sifat pekerjaan yg menjadi tanggung jawab seseorang, kesempatan buat meraih kemajuan dan pertumbuhan. Sedangkan faktor higiene yg menonjol adalah kebijaksanaan perusahaan, pengawasan, kondisi pekerjaan, upah serta honor , interaksi menggunakan rekan sekerja, kehidupan pribadi, interaksi dengan para bawahan, status dan keamanan. Dalam teori ini terdapat yg disebut dengan kata faktor pendorong (motivation faktor). Faktor ini dapat menyebabkan peningkatan kepuasan kerja, namun pengurangan terhadap faktor ini tidak secara otomatis mengakibatkan keluarnya ketidakpuasan kerja. Di lain pihak adanya peningkatan faktor yg menyebabkan ketidak puasan cenderung untuk mengurangi ketidakpuasan kerja. Akan tetapi walaupun ada penambahan dalam faktor-faktor ini, ternyata nir secara otomatis bisa mendorong keluarnya kepuasan kerja. Jadi faktor pendorong merupakan faktor yg menaikkan kerja sedangkan faktor penyehat sebagai pemelihara kerja. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pada melaksanakan tugasnya, manusia membutuhkan kebutuhan kesehatan serta selanjutnya setiap individu memiliki peluang untuk membuatkan dirinya.

Sejalan dengan dua teori ketuhan terdahulu, Alferder mengelompokkan kebutuhan menjadi 3 grup, yaitu : (1) kebutuhan keberadaan yg berkaitan dengan kebutuhan buat bisa tetap bertahan hidup misalnya halnya kebutuhan buat permanen dapat makan, minum, tempat tinggal, pakaian dan sebagainya seperti halnya kebutuhan fisiologisnya Maslow; (dua) kebutuhan bekerjasama yg merupakan kebutuhan yang berkaitan menggunakan kepuasan dalam berinteraksi pada lingkungan hidup serta pula lingkungan kerja serta ; (tiga) kebutuhan berkembang yang merupakan kebutuhan yg berhubungan dengan harapan intrinsik dari seorang buat mengembangkan dirinya. (Thoha, 2004:233)

Pada sisi lain Mc Clelland (Mangkunegara, 2004:97) menjelaskan pula adanya 3 kebutuhan insan, yaitu : (1) Need for achievement, yaitu kebutuhan untuk berprestasi yang adalah refleksi berdasarkan dorongan akan tanggung jawab untuk pemecahan perkara; (dua) Need for affiliation, yaitu kebutuhan buat bekerjasama atau bergabung dan bercampur dengan orang lain yg adalah dorongan buat berinteraksi menggunakan orang lain tanpa merugikan orang lain serta ; (tiga) Need for power, yaitu kebutuhan untuk mimiliki kekuasaan yang merupakan refleksi berdasarkan dorongan buat mencari otoritas serta memiliki efek terhadap orang lain.

Dari teori-teori motivasi di atas bisa ditarik konklusi bahwa kebutuhan merupakan dasar yg sangat fundamental bagi konduite seseorang. Karena itu bila kebutuhan seorang nir terpenuhi cenderung untuk malas bekerja, kebalikannya jika kebutuhannya terpenuhi maka seorang akan mempunyai gairah kerja bahkan dengan semangat yang lebih tinggi.

Univesitas Terbuka
Universitas Terbuka bertekad untuk menjadi galat satu institusi Pendidikan Jarak Jauh (PTJJ) unggulan diantara institusi PTJJ di Asia tahun 2010 serta di dunia tahun 2020. Untuk mendukung visi tersebut, Universitas Terbuka memiliki misi menjadi berikut: 
  • Memperluas kesempatan belajar dalam jenjang pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang berkualitas. 
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademik serta/atau profesional yang mampu bersaing secara dunia. 
  • Meningkatkan partisipasi warga pengguna pada pendidikan berkelanjutan guna mewujudkan warga berbasis pengetahuan (knowledge-based society). 
  • Meningkatkan kualitas serta kuantitas penelitian dan pengembangan sistem PJJ, khususnya PTJJ. 
  • Menyebarluaskan dan aneka macam keterangan tentang PJJ, khususnya PTJJ secara inovatif dan berkesinambungan. 
  • Memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa melalui pelayanan pendidikan tinggi secara luas dan merata. 
  • Meningkatkan pemahaman lintas budaya serta jaringan kerjasama melalui kemitraan pendidikan pada tingkat lokal, nasional, dan dunia. 
  • Menghasilkan produk-produk akademik dalam bidang PJJ, khususnya PTJJ, serta bidang keilmuan lainnya. 
UT adalah PTN (Perguruan Tinggi Negeri) ke-45 di Indonesia yang menerapkan sistem belajar terbuka serta jarak jauh. Sistem belajar ini terbukti efektif buat menaikkan daya jangkau serta pemerataan kesempatan pendidikan tinggi yg berkualitas bagi seluruh rakyat negara Indonesia, termasuk mereka yg tinggal di wilayah-wilayah terpencil, baik di semua nusantara juga pada berbagai belahan global.

Sejak diresmikan pada tahun 1984, UT mendapatkan mandat berdasarkan pemerintah buat menaruh kesempatan yg sangat luas kepada seluruh warga negara Indonesia, baik yang baru lulus SLTA juga yang telah bekerja buat mengikuti pendidikan tinggi tanpa memandang latar belakang sosial, ekonomi, umur, serta tempat tinggal mereka. Sistem pembelajaran UT memungkinkan belajar yg fleksibel pada mereka yang tidak memperoleh kesempatan mengikuti sistem pendidikan tinggi tatap muka.

Tanpa memandang kondisi mahasiswa, sistem belajar terbuka serta jeda jauh yg diterapkan UT membantu pencapain tujuan belajar lantaran:
  • tidak ada pembatasan jangka waktu penyelesaian studi dan nir memberlakukan sistem drop out; 
  • tidak terdapat pembatasan, baik tahun kelulusan ijazah SLTA maupun umur; 
  • waktu registrasi (registrasi) leluasa sepanjang tahun; 
  • ruang, ketika, serta loka belajar yg fleksibel sinkron menggunakan syarat mahasiswa; 
  • penggunaan materi belajar multimedia, termasuk bahan belajar cetak baik yg dilengkapi dengan kaset audio serta video/CD, CD-ROM, siaran radio dan TV, juga bahan belajar berbasis personal komputer serta internet. 
Dengan jumlah mahasiswa aktif lebih berdasarkan 460.000, UT tergolong dalam “The Top Ten Mega University of the World” dan keliru satu anggota sekaligus pendiri “The Global Mega-University Network (GMUNET). GMUNET didirikan dalam tahun 2003 adalah jaringan universitas terbuka semua global menggunakan jumlah mahasiswa yg terdaftar lebih berdasarkan 100.000 orang

UT telah menerima akreditasi, baik akreditasi nasional juga internasional. Secara internasional, UT telah memperoleh Akreditasi Internasional serta Sertifikasi Kualitas dari the International Council for Open and Distance Education (ICDE) Standard Agency (ISA), dan UT sudah menerima ISO serta SGS 9001:2000 dalam berbagai bidang menurut Badan Sertifikasi SAI Global dan SGS. Di samping itu, sebagian akbar acara studi di UT telah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Saat ini UT memiliki empat fakultas dan satu program pascasarjana yang menawarkan lebih menurut 30 acara studi menggunakan jenjang yg bervariasi mencakup: Program Magister, Program Sarjana/S1, Program Diploma(D1, D2, D3 serta D4), serta Sertifikat. Di antaranya merupakan program D2 Ilmu Perpustakaan yg adalah objek studi pada penelitian ini.

Metodologi Penelitian
Dalam seluruh kegiatan penelitian niscaya terdapat tujuan yang ingin dicapai. Dalam Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Universitas Negeri Malang (2000:15) dikemukakan bahwa rancangan penelitian adalah statu strategi buat mengatur latar penelitian agar peneliti bisa memperoleh data yg valid sesuai dengan karakteristik variable serta tujuan penelitian.

Rancangan penelitian ini dipakai sebagai patokan pada mengadakan kegiatan penelitian. Dalam kegiatan penelitian ini rancangan penelitian yg dipakai merupakan rancangan studi eksploratori. Menurut Setyadin (2005:12) exploratory study merupakan sebuah kegiatan penelitian yang berusaha mengumpulkan indikator-indikator data variabel, kemudian menganalisisnya buat menemukan konsep atau teori baru.

Sebagaimana dijelaskan pada bagian rancangan penelitian, bahwa penelitian ini termasuk pada katagori penelitian eksploratori yang berusaha menyelidiki objek penelitian melalui pengumpulan indikator-indikator data variabel. Dalam penelitian hanya menggambarkan variable tunggal. Tidak berusaha mengungkapkan interaksi antar variable maupun antar sub variabel. Variabel yang dimaksudkan merupakan data yg berkaitan motivasi masyarakat khususnya mahasiswa mengikuti kuliah program D2 Jurusan Perpustakaan UPBJJ – UT Malang Pokja Pacitan

Variabel motivasi memiliki 2 sub-variabel yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik sebagai sub variabel mempunyai tiga indikator yang berupa asa, minat serta bakat. Sedangkan sub variabel motivasi ekstrinsik memiliki indikator yg berupa dorongan menurut orang lain, kondisi ekonomi, prospek karir lulusan, sistem pendidikan dan energi guru.

Pada bagian pendahuluan telah disebutkan bahwa jumlah mahasiswa acara D2 Jurusan Perpustakaan UPBJJ – UT Malang Pokja Pacitan sebesar 184 mahasiswa yg terbagi menjadi lima kelas tutorial. Lantaran itu maka penelitian ini menggunakan studi sampel yg diupayakan dapat mewakili populasi menggunakan memperhatikan kelas tutorial. 

Populasi merupakan holistik subjek penelitian, atau sejumlah atau perpaduan benda yang menjadi obyek penelitian. Dalam hal ini maka jumlah populasi adalah 184. Sedangkan sampel merupakan sebagian berdasarkan populasi yg dicermati dapat mewakili populasi. Dengan memakai prinsip area secara acak sampling maka diambil 40 mahasiswa sebagai sampel penelitian yang terdiri menurut 8 mahasiswa kelas Arjosari serta 32 mahasiswa kelas Pacitan Bangunsari.

Untuk mengumpulkan data yg diharapkan dalam penelitian ini diharapkan adanya metode penelitian dan instrumen penelitian. Metode penelitian haruslah dibedakan menggunakan instrumen penelitian. Metode penelitian adalah metode yang dipakai untuk mencari dan mengumpulkan data yg dibutuhkan buat menjawab masalah yg muncul pada bagian rumusan kasus. Untuk mengumpulkan data mengenai motivasi mahasiswa mengikuti kuliah program D2 Jurusan Perpustakaan UPBJJ – UT Malang Pokja Pacitan digunakan metode angket. Sedangkan instrumen adalah alatnya atau disebut juga menjadi indera bantu sebuah metode atau indera yg dipakai untuk mengumpulkan data sinkron dengan metode yg dipakai.

Data output penelitian tersebut selanjutnya dianalisis dengan memakai teknik analisis deskriptif yg berupa prosentase dengan memperhatikan kemungkinan pencapaian kumulatif skor tertinggi suatu variabel dari skor skala evaluasi dan kemungkinan pencapaian skor kumulatif variabel yang sama dan interval kelas yg terdiri dari tiga macam kategori, yaitu tinggi sedang serta rendah.

Hasil Penelitian
Dari hasil perhitungan serta analisis terhadap output penelitian yang dilakukan bisa dikatakan bahwa:
Faktor 1 menggambarkan mengenai motivasi mahasiswa memilih kuliah acara D2 Jurusan Perpustakaan UPBJJ – UT Malang Pokja Pacitan diantaranya adalah ingin menerima ilmu perpustakaan, usaha pada bidang perpustakaan dan bekerja pada perpustakaan.

Data tentang motivasi ini diperoleh menurut survey nomor 1 sampai menggunakan nomor 4 menggunakan 5 alternatif jawaban. Dengan mengelompokkan data pada tiga interval yaitu tinggi, sedang dan rendah serta skor tertinggi merupakan 20 serta skor terendah merupakan 4 bisa dikatakan bahwa mahasiswa yg motivasinya tinggi sebesar 32 orang (80%) sedangkan 8 orang (20%) lainnya bermotivasi sedang serta nir terdapat yg motivasinya rendah.

Faktor dua mendeskripsikan mengenai motivasi mahasiswa menentukan kuliah program D2 Jurusan Perpustakaan UPBJJ – UT Malang Pokja Pacitan antara lain adalah minat pada bidang ilmu perpustakaan dan minat di bidang ilmu fakta.

Data tentang motivasi ini diperoleh berdasarkan kuesioner nomor lima serta 6 menggunakan 5 cara lain jawaban. Dengan mengelompokkan data dalam 3 interval yaitu tinggi, sedang serta rendah, serta skor tertinggi adalah 10 dan skor terendah merupakan 2 bisa dikatakan bahwa mahasiswa yg motivasinya tinggi sebanyak 33 orang (82,lima%) sedangkan 7 orang (17,lima%) lainnya bermotivasi sedang serta nir ada yg motivasinya rendah.

Faktor tiga mendeskripsikan tentang motivasi mahasiswa menentukan kuliah program D2 Jurusan Perpustakaan UPBJJ – UT Malang Pokja Pacitan antara lain adalah talenta di bidang ilmu perpustakaan dan bakat di bidang ilmu kabar.

Data mengenai motivasi ini diperoleh dari kuesioner angka 7 serta 8 dengan lima alternatif jawaban. Dengan mengelompokkan data pada 3 interval yaitu tinggi, sedang dan rendah dan skor tertinggi adalah 10 dan skor terendah merupakan 2 bisa dikatakan bahwa mahasiswa yg motivasinya tinggi sebesar 18 orang (45%) sedangkan 20 orang (50%) lainnya bermotivasi sedang, dan 2 orang (5%) motivasinya rendah.

Faktor 4 menggambarkan mengenai motivasi eksintrik mahasiswa menentukan kuliah program D2 Jurusan Perpustakaan UPBJJ – UT Malang Pokja Pacitan diantaranya adalah adanya dorongan menurut guru, orang tua, teman dan dorongan berdasarkan masyarakat.

Data tentang motivasi ini diperoleh menurut kuesioner angka 9 sampai dengan nomor 12 menggunakan 5 cara lain jawaban. Dengan mengelompokkan data dalam tiga interval yaitu tinggi, sedang serta rendah serta skor tertinggi adalah 20 serta skor terendah adalah 4 bisa dikatakan bahwa mahasiswa yg motivasinya tinggi sebanyak 7 orang (17,5%) sedangkan 25 orang (62,5%) lainnya bermotivasi sedang dan 8 orang (20%) motivasinya rendah.

Faktor 5 menggambarkan mengenai motivasi ekstrinsik mahasiswa memilih kuliah program D2 Jurusan Perpustakaan UPBJJ – UT Malang Pokja Pacitan antara lain merupakan faktor porto masuk kuliah, porto selama kuliah dan faktor ekonomi orang tua.

Data tentang motivasi ini diperoleh menurut informasi lapangan nomor 13 sampai menggunakan nomor 15 dengan lima alternatif jawaban. Dengan mengelompokkan data pada tiga interval yaitu tinggi, sedang serta rendah dan skor tertinggi merupakan 15 serta skor terendah merupakan tiga dapat dikatakan bahwa mahasiswa yang motivasinya tinggi sebesar 24 orang (60%) sedangkan 8 orang (20%) lainnya bermotivasi sedang dan 8 orang (20%) motivasinya rendah.

Faktor 6 mendeskripsikan tentang motivasi ekstrinsik mahasiswa memilih kuliah acara D2 Jurusan Perpustakaan UPBJJ – UT Malang Pokja Pacitan antara lain adalah faktor kemudahan untuk bekerja pada bidang pendidikan, bekerja pada bidang perpustakaan serta pula kemudahan bekerja pada bidang kabar.

Data tentang motivasi ini diperoleh berdasarkan survey nomor 16 sampai menggunakan angka 18 dengan 5 alternatif jawaban. Dengan mengelompokkan data dalam 3 interval yaitu tinggi, sedang serta rendah serta skor tertinggi adalah 15 dan skor terendah merupakan 3 dapat dikatakan bahwa mahasiswa yg motivasinya tinggi sebanyak 27 orang (67,lima%) sedangkan 13 orang (32,5%) lainnya bermotivasi sedang dan tidak ada yg motivasinya rendah.

Faktor 7 menggambarkan tentang motivasi ekstrinsik mahasiswa memilih kuliah acara D2 Jurusan Perpustakaan UPBJJ – UT Malang Pokja Pacitan diantaranya merupakan kemudahan wahana transportasi pada mengikuti tutorial, dapat kuliah pada perguruan tinggi negeri, tutor atau dosen yang berkualitas dan berkompetensi dalam bidangnya dan sistem perkuliahan menggunakan modul.

Data mengenai motivasi ini diperoleh berdasarkan kuesioner angka 19 hingga menggunakan angka 22 dengan lima cara lain jawaban. Dengan mengelompokkan data pada tiga interval yaitu tinggi, sedang dan rendah dan skor tertinggi merupakan 20 dan skor terendah adalah 4 bisa dikatakan bahwa mahasiswa yg motivasinya tinggi sebesar 25 orang (62,lima%) sedangkan 14 orang (35%) lainnya bermotivasi sedang serta 1 orang (dua,5%) yg motivasinya rendah.

Berdasarkan semua faktor diteliti yaitu menurut faktor 1 hingga dengan faktor 7 bisa dikatakan bahwa 27 orang (67,lima%) memiliki motivasi yang tinggi untuk kuliah acara D2 Jurusan Perpustakaan UPBJJ – UT Malang Pokja Pacitan, sebanyak 13 orang (22,5%) motivasinya sedang dan nir ada yg motivasinya rendah.

Comments