METODE PENELITIAN SUATU PENDIDIKAN PROPOSAL

Metode Penelitian Suatu Pendidikan Proposal 
A. Jenis serta Pendekatan Penelitian
penelitian merupakan usaha secara sistematis buat mencari pemecahan terhadap problem-problem yg bagi manusia mengganggu (plage) serta menuntut pemikiran.

Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field study research) yg bermaksud mempelajari secara intensif mengenai latar belakang keadaan kini serta hubungan suatu sosial, individu, kelompok, lembaga, dan masyarakat.

Dalam hal ini, penelitian yg gunakan sang peneliti yaitu lebih kepada penelitian yang bersifat diskriptif (descriptive research) pada artian suatu penelitian yang lebih memprioritaskan pada citra insiden-insiden yg ada yg berlangsung dalam saat ini atau saat yang lampau.

Penelitian ini tidak mengadakan manipulasi atau pengubahan dalam fareabel-fareabel bebas tetapi menerangkan kondisi apa adanya. Memberi sebuah citra tentang suatu individu, keadaan, tanda-tanda, atau grup tertentu, penelitian ini bertujuan buat mengetahui kabar mengenai Implementasi ajaran islam dalam mengembangkan intelektual, emosional serta spiritual quotient murid pada MTs Irsyadul Ibad Dempo barat Pasean Pamekasan tahun pelajaran 2010/2011.

Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif, yang bermaksud buat memahami fenomena mengenai apa yg dialami oleh subyek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, pandangan, motivasi, tindakan sehari hari, secara keseluruhan serta menggunakan metode pelukisan dalam bentuk kata-istilah serta bahasa (naratif) dalam suatu konteks spesifik yang alamiah serta dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Pendekatan ini dipakai lantaran data yang diperoleh adalah data deskriptif yang berupa istilah-istilah tertulis serta verbal berdasarkan orang-orang serta berupa dokumen atau perilaku yang diamati.

Secara garis besar penelitian ini menggunakan 2 metode yaitu metode interview serta pengamatan atau observasi. Peneliti melakukan interview atau wawancara buat memperoleh data lalu dilanjutkan dengan pengamatan sehingga dihasilkan data yg akurat. Data yg didapatkan dari wawancara serta pengamatan ditelaah dan dikaji secara mendalam, diverifikasi dan ahirnya diuraikan konklusi. 

B. Kehadiran Peneliti
Dalam hal ini, kehadiran peneliti dalam penelitian ini bertindak sebagai pencari pengumpul data yang lalu data tadi dianalisis. Peneliti hadir eksklusif dalam rangka menghimpun data, peneliti menemui secara lansung pihak-pihak yang mungkin bisa menaruh fakta atau data misalnya halnya ketua sekolah, guru BP, pengajar pengajar yang memegang mata pelajaran kepercayaan serta beberapa murid MTs. Irsyadul Ibad Dempo barat Pasean Pamekasan menjadi sampel buat memperoleh data keadaan murid. Dalam melakukan penelitian peneliti bertindak menjadi pengamat penuh serta keadaan atau status peneliti diketahui sang informan.

Kehadiran peneliti dilokasi penelitian sangat memilih keabsahan serta kevalidan data dalam penelitian yang ilmiah, hal ini wajib dilaksanakan semaksimal mungkin walaupun harus mengorbankan saat, materi, serta sarana-sarana lain bahkan peneliti melakukan perpanjangan kehadiran ditempat penelitian untuk memperoleh data atau informasi-fakta yang sahih-benar valid.

C. Lokasi Penelitian
Penelitian ini dilakukan di MTs. Irsyadul Ibad Dempo barat Pasean Pamekasan yg adalah galat satu berdasarkan beberapa lembaga yang berada di Desa Dempo barat Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan yg berada pada bawah naungan Lembaga Pendidikan Sosial dan Dakwah Al-Miftah (LPSD Al-Miftah). Lembaga tadi waktu ini berada dibawah pimpinan generasi pertama dari pendiri Lembaga Pendidikan Sosial dan Dakwah Al-Miftah (LPSD Al Miftah) Dempo barat Pasean Pamekasan.

Secara giografis forum tadi berada diwilayah pedesaan yg lumayan relatif jauh berdasarkan sentra kecamatan serta adalah suatu kawasan yang rawan pendidikan. Suasana kehidupan masyarakat pedesaan sangat ramah, sopan serta juga memiliki nilai tanggung jawab terhadap sebuah pendidikan lebih-lebih pendidikan yg berbasis keagamaan, sebagai akibatnya pendidikan bisa terealisasi dan teroptimalkan dengan baik.

MTs. Irsyadul Ibad Dempo barat Pasean Pamekasan adalah keliru satu forum didirikan pada tahun 1999 yang dianggap maju dibandingkan MTs. Lain yang seumuran yang berada dikecamatan Pasean. Hal ini terbukti secara kuantitas MTs. Irsyadul Ibad Dempo barat Pasean Pamekasan menampung siswa lebih poly menurut pada MTs. Lain yg seumuran, hal ini juga yang menyebabkan peneliti tertarik buat melakukan penelitian dilembaga ini, peneliti bermaksud menimba pengalaman tentang Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di lembaga tadi, meliputi nilai-nilai ajaran islam yg pada implementasikan khususnya yg berkaitan dengan perkembangan Intelektual, emosional dan spiritual qoutient siswa, bagaimana cara pengimplementasiannya dan apa saja yang didapatkan.

Adapun fasilitas dan wahana dilembaga ini secara generik masih belum memadai dan kurang kondusif. Keadaan lokasi atau gedung yg berkumpul dengan lembaga lain yg sama-sama berada pada bawah naungan Lembaga Pendidikan Sosial serta Dakwah Al-Miftah (LPSD Al-Miftah) akan mengganggu ketenangan murid pada belajar walaupun pihak forum sudah berusaha mengatasi hal ini semaksimal mungkin namun hal itu belum bisa memberikan pelayanan aporisma terhadap anak didik.

D. Sumber Data
alam hal ini Arikonto membagi data sebagai tiga grup akbar yg pertama yaitu person atau asal data yang berupa yang memilik kompetensi terhadap masalah yang diteliti, yang kedua yaitu place atau loka dan alat yg dipakai pada penelitian, atau kinerja serta aktifitas yg terdapat di dalamnya dang yang ketiga yaitu paper atau data yg bersumber berdasarkan dokumen.

Dalam penelitian ini penulis lebih poly memakai sumber data yang berupa person atau responden menjadi informan.

Informan merupakan orang yg dimanfaatkan buat memberikan berita mengenai situasi dan kondisi latar penelitian. Untuk menentukan informan dalam penelitian ini memakai teknik dan tujuan-tujuan eksklusif (purposive sampling), dengan cara bola salju (snow ball) yaitu menelusuri terus data yg diperlukan buat menjawab pertanyaan yang terdapat.

Informan pada penelitian ini dibedakan menjadi :

1. Informan Kunci (Key Informan)
Informan kunci dalam penelitian ini adalah pengajar-pengajar materi Pendidikan Agama Islam.

2. Informan Pendukung
Informan pendukung dalam penelitian ini terdiri dari :
a. Kepala Sekolah
b. Pengajar BP
c. Sebagian siswa kelas VIII terdapat 20 siswa

Selain informan pendukng penulis juga menggunakan asal data yang berupa place atau paper untuk mendukung data yang bersumber menurut person atau responden. Setelah memperoleh data berdasarkan informan peneliti melakukan memberchek atau pencocokan data yang didapatkan berdasarkan beberapa sumber sehingga data lebih valid serta lebih objektif.

E. Prosedur Pengumpulan Data
Dalam mengumpulkan atau memperoleh data, memakai beberapa mekanisme yaitu :

1. Observasi
Observasi merupakan suatu studi yang disengaja serta sistematis mengenai keadaan atau fenomena-kenyataan sosial dan tanda-tanda-gejala psikis menggunakan jalan mengamati serta mencatat.

Teknik observasi pada penelitian adalah cara yg digunakan buat menerima keterangan objek yg diteliti. Notoatmojo (2002) mengungkapkan bahwa observasi dalam penelitian merupakan suatu hal perbuatan jiwa secara aktif serta penuh perhatian buat menyadari adanya rangsangan pengindraan yang dilanjutkan menggunakan adanya pengamatan.

Metode ini dipakai buat memperoleh data mengenai :
a. Gambaran umum mengenai keadaan sekolah.
b. Gambaran tentang pengimplementasian ajaran islam khususnya dalam menyebarkan Intelektual, Emosional dan Spiritual Quotient siswa

2. Interview/Wawancara
Interview adalah teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti buat menerima liputan-kabar lisan melalui bercakap-cakap serta berhadapan dengan orang yg bisa memberikan liputan pada si peneliti

Disamping itu juga Wawancara adalah suatu teknik yg dipakai buat mengumpulkan data menggunakan cara bercakap-cakap, bersua muka dengan responden (face to face) wawancara adalah percakapan duabelah pihak dangan maksud tertentu. Wawancara merupakan suatu proses interaksi dan komunikasi antara peneliti dengan responden.

Jenis wawancara yang dipakai adalah wawancara yang bebas terpimpin, karena sekalipun wawancara dilakukan secara bebas namun telah dibatasi oleh struktur pertanyaan yang sudah disiapkan sebelumnya.

Wawancara dilakukan buat memperoleh data menjadi berikut :
a. Tujuan Implementasi Ajaran Islam dalam Mengembangkan Intelektual, Emosional serta Spiritual Quotient Siswa.
b. Bentuk-bentuk Implementasi Ajaran Islam dalam Mengembangkan Intelektual, Emosional serta Spiritual Quotient Siswa
c. Nilai-nilai Ajaran Islam yang hendak diimplementasikan kepada siswa
d. Nilai-nilai apa saja yg timbul dan dirasakan oleh murid.

3. Dokumentasi
Metode dokumentasi adalah teknik pengumpulan data dengan melihat serta menilik data-data tertulis yang ada dalam kitab , majalah, dokumen, surat-surat, notulen rapat, catatan harian, dan sebagainya.

Selain itu Dokumentasi merupakan suatu cara buat memperoleh data yg berkenaan dengan hal-hal yang bersifat dokumenter, seperti kondisi sekolah, dan fasilitas-fasilitas yg dimiliki, jumlah siswa, jumlah pengajar, kalender pendidikan dan hal-hal penting lainnya yang mendukung terhadap kelengkapan data.

Metode ini dipakai buat memperoleh data mengenai :
a. Kondisi dan Gambaran Umum tentang MTs. Irsyadul Ibad Dempo Barat Pasean Pamekasan
b. Keadaan Pengajar, Karyawan, dan Siswa.
c. Sarana serta Fasilitas Sekolah.

F. Analisis Data
Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakaukan semenjak sebelum memasuki lapangan, selama dilapangan, serta sesudah seleasai dilapangan. Dalam hal ini Nasution (1988) menyatakan “Analisis sudah mulai sejak merumuskan dan menyebutkan perkara, sebelum terjun ke lapangan , serta berlangsung terus hingga penulisan hasil penelitian.

Data yang sudah terhimpun kemudian diklarifikasikan buat dianalisa dengan memakai pendekatan analisa induktif, yaitu berangkat berdasarkan fakta-informasi yg khusus, insiden-insiden yang konkrit, lalu menurut warta-kabar dan insiden-peristiwa yang spesifik konkrit itu ditarik generalisasi-generalisasi yang memiliki sifat umum.

Selanjutnya memakai analisa data yang dikembangkan oleh Miles serta Huberman, menggunakan 3 jenis kegiatan, yaitu; reduksi data, penyajian data, serta penarikan konklusi/pembuktian menjadi sesuatu yang jalin menjalin pada waktu sebelum, selama, dan selesainya pengumpulan data pada bentuk yg sejajar. 

Alur pertama adalah reduksi data, adalah kegiatan pemilihan, pemilahan, penyederhanaan dan transformasi data kasar yg berasal dari lapangan. Reduksi data berlangsung selama proses penelitian hingga tersusunnya laporan akhir penelitian. Sejak termin ini analisa data sudah dilaksanakan lantaran reduksi data pula adalah bagian yg tak terpisahkan dari analisis data.

Alur kedua merupakan penyajian data yang merupakan sekumpulan informasi yang tersusun dalam teks naratif. Penyusunan fakta tadi dilakukan secara sistematis dalam bentuk tema-tema pembahasan sehingga mudah difahami makna yang terkandung pada dalamnya.

Alur ketiga merupakan menarik kesimpulan atau verifikasi dari seluruh perpaduan makna setiap kategori, peneliti berusaha mencari makna esensial dari setiap tema yg disajikan dalam teks naratif yg berupa penekanan penelitian. Selanjutnya ditarik kesimpulan untuk masing-masing penekanan tadi, namun pada suatu kerangka yang sifatnya komprehensif.

Ilustrasi berdasarkan mekanisme di atas merupakan pertama, peneliti mengadakan pengumpulan data di lapangan menggunakan menggunakan panduan yang sudah disiapkan sebelumnya. Pada saat itulah dilakukan pencatatan dan tanya jawab dengan informan. Dari fakta yg diterima tadi acapkali memunculkan pertanyaan-pertanyaan baru, baik dalam waktu wawancara berlangsung juga telah berakhir atau disebut proses wawancara mendata.

Setelah data dilacak, diperdalam serta diuji kebenarannya, selanjutnya dicari maknanya berdasarkan kajian kritik yang dipakai, dengan cara pemilihan, pemilahan, dan penganalisaan data. Langkah selanjutnya data ditransformasikan dan disusun secara tematik dalam bentuk teks naratif sesuai menggunakan karakter masing-masing. Terakhir, dicari makna yg paling esensial menurut masing-masing tema berupa fokus penelitian yang dituangkan dalam kesimpulan

G. Pengecekan Keabsahan Temuan
Hasil data atau temuan selama aplikasi penelitian berlangsung krusial buat diuji validitas dan kehandalannya, buat menandakan bahawa output penelitiansesuai dengan warta serta realita yang ada.

Uji dapat dipercaya atau kepercayaan terhadap data output penelitian kualitatif diantaranya dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi, diskusi menggunakan sahabat sejawat, analisis kasus negative serta membercheck.

Dalam hal ini peneliti akan menggunakan teknik perpanjangan pengamatan lantaran dengan perpanjangan pengamatan ini berarti telah menambah keakraban antara peneliti dengan narasumber, sebagai akibatnya antara narasumber menggunakan peneliti semakin terbuka dan cenderung transparan serta nir akan terdapat yang ditutup-tutupi lagi, dari itu Validitas data akan semakin kuat, lebih lanjut pada menguji kredibilitas data peneliti memfokuskan dalam data yang sudah diperoleh, apakah data yang sudah diperoleh sesudah dicek kembali kelapangan Valid atau nir, berubah atau nir, jika selesainya dicek kembali kelapangan data telah benar berarti data tersebut kredibel maka perpanjangan pengamatan bisa diakhiri.

Untuk pertanda apakah peneliti melakukan uji kredibelitas melalui perpanjang pengamatan atau nir, maka akan lebih baik bila dibuktikan menggunakan adanya surat fakta perpanjangan, selanjutnya surat liputan tadi dilampirkan dalam laporan penelitian

H. Tahap-Tahap Penelitian
1. Rancangan Penelitian
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan rancangan penelitian noneksperimental dengan menggabungkan dua macam rancangan yang terdapat didalamnya, yaitu rancangan berita umum deskriptif serta rancangan analitik. Rancangan berita umum diskriptif merupakan racangan yg bertujuan buat melakukan eksplorasi terhadap sebuah kenyataan baik yg berupa faktor juga resiko juga efeknya. Sedangkan rancangan analitik merupakan rancangan yg mencoba menggali bagaimana serta mengapa sebuah fenomena dapat terjadi.

2. Tahapan Pelaksanaan Penelitian
a. Tahap Pralapangan
Dalam tahapan ini ada enam kegiatan yang harus dilakukan ditambah dengan satu pertimbangan yang perlu dipahami, yaitu etika penelitian lapangan. Kegiatan serta pertimbangan tadi diuraikan berikut adalah:
1) Menyusun Rancangan Penelitian
2) Memilih Lapangan Penelitian
3) Mengurus Perizinan
4) Menjajaki dan Menilai Keadaan Lapangan 
5) Memilih dan Memanfaatkan Informan
6) Menyiapkan Perlengkapan Penelitan
7) Persoalan Etika Penelitian

b. Tahap Pekerjaan Lapangan
1) Memahami Latar Penelitian serta Persiapan Diri
a) Pembatasan Latar serta Peneliti
b) Penampilan
c) Pengenalan Hubungan Peneliti Di Lapangan
d) Jumlah Waktu Penelitian

2) Memasuki Lapangan
a) Keakraban Lapangan
b) Mempelajari Bahasa
c) Peranan Peneliti

3) Berperan Serta Sambil Mengumpulkan Data
a) Mengarahkan Batas Penelitian
b) Mencatat Data
c) Analisis pada Lapangan

Comments