LULUS PRETEST PPG 2018 TAPI TIDAK PUNYA NUPTK BAGAIMANA NASIBNYA

Postingan ini berdasarkan pengalaman eksklusif. Seperti poly guru lain yg masih belum tunjangan profesi, tentu mengikuti sertifikasi merupakan virtual. Bukan hanya kasus tunjangan, namun pula tentang kualifikasi akademik, kualitas diri, dan ujung-ujungnya adalah kualitas pendidikan nasional.



Saya keliru satu menurut ribuan peserta pretest PPG 2018 yg diselenggarakan akhir tahun 2017. Ceritanya, dengan penuh semangat menembus hujan yang sangat deras yang mengguyur Kabupaten Jember, buat mengikuti pretest PPG yang diselenggarakan pada SMPN 10 Jember. 

Setelah menunggu tanpa banyak berharap, lantaran merasa kesulitan menjawab soal-soal pretest yang sangat poly sementara ketika yg disediakan sangat terbatas. Ketika mengerjakan itu, aku teringat keadaan pada 2009, ketika mengerjakan soal SNMPTN, soal sangat banyak ketika sangat terbatas. Yang krusial dikerjakan yg bisa. Itu prinsipnya. 

Terbukti akhirnya, selesainya berhasil melihat hasil pretest PPG (dua hari sebelumnya nir bisa karena webnya dalam tahap penilaian), ternyata aku dinyatakan lulus. 

Setelah dinyatakan lulus, barulah aku mencari persyaratan apa saja yang dilengkapi. Menemukan kabar-fakta krusial menurut beberapa blog yg memang membahas mengenai pendidikan. Salah satu syaratnya adalah mempunyai NUPTK.

Nah, ini sebagai masalah tersendiri bagi saya. Saya mengikuti bisa mengikuti pretest PPG karena data dalam dapodik telah memungkinkan buat itu. Tapi saat persyaratan yg diminta merupakan punya NUPTK aku jadi pesimis. Mana mungkin sanggup ikut PPG lha galat satu syaratnya adalah memiliki NUPTK.
Baca Juga: Grup WhatsApp Forum Guru Lulus PPG 2018

Tidak lantas menyerah begitu saja, iseng-iseng aku kirim ke email yg tertera pada surat edaran mengenai output PPG 2018. Saya tanyakan pribadi ke ppgdikmen2017@gmail.com, tak berselang usang email itu sudah dijawab. Jawaban yg sangat melegakan. Yaitu:

"ajukan saja berkasnya, nuptk sedang dibuatkan buat yang lulus pretest".



Jadi lebih semangat lagi. Jadi, bagi Bapak Ibu yg telah dinyatakan lulus pretest tapi tidak punya NUPTK, yuk lengkapi berkasnya sebelum 2 Februari, siapa tahu nanti sistem otomatis memberikan kita nomor sakti itu. Hehehe.
Baca Juga: Begini Proses Turunnya NUPTK Bagi yang Lulus Pretest PPG

Jangan lupa juga, komunikasi menggunakan baik menggunakan OPS, lantaran seluruh data jalurnya lewat dapodik. 

Salam Pendidikan!

Comments