KUMPULAN DEFINISI DAN PENGERTIAN BELAJAR MENURUT PARA AHLI

Belajar adalah sebuah proses perubahan pada pada kepribadian insan dan perubahan tadi ditampakkan pada bentuk peningkatan kualitas serta kuantitas tingkah laris misalnya peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, norma, pemahaman, ketrampilan, daya pikir, serta kemampuan-kemampuan yang lain.
Berikut ini adalah beberapa pengertian serta definisi belajar berdasarkan beberapa ahli baik menurut pada maupun dari luar negeri Indonesia sbb:
1. Oemar Hamalik.
Belajar merupakan bentuk pertumbuhan atau perubahan pada diri seorang yang dinyatakan pada cara-cara berperilaku yang baru berkat pengalaman serta latihan.

2. Eenest H. Hilgard
Belajar adalah dapat melakukan sesuatu yang dilakukan sebelum ia belajar atau jika kelakuannya berubah sehingga lain caranya menghadapi sesuatu situasi daripada sebelum itu
3. Notoatmojo
Belajar merupakan bisnis buat menguasai segala sesuatu yg berguna buat hidup
4. Ahmadi A.
Belajar merupakan proses perubahan pada diri manusia
5. Nasution
Belajar adalah menambah serta mengumpulkan sejumlah pengetahuan.

6. Cronbach
Belajar sebaik-baiknya merupakan dengan mengalami dan pada mengalami itu memakai panca indranya.
7. Winkel
Belajar merupakan suatu aktivitas mental / psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif menggunakan lingkungan, yang menghasilakn perubahan - perubahan pada pengetahuan, pemahaman, ketrampilan, serta sikap-sikap
8. Noehi Nasution
Belajar adalah suatu proses yg memungkinkan timbulnya atau berubahnya suatu tingkah laris sebagai output terbentuknya respon utama, menggunakan kondisi bahwa perubahan atau keluarnya perilaku baru itu bukan ditimbulkan oleh adanya kematangan atau adanya perubahan sementara lantaran suatu hal.
9. Snelbecher
Belajar merupakan wajib mencakup tingkah laku berdasarkan tingkat yang paling sederhana hingga yang kompleks dimana proses perubahan tadi wajib bisa dikontrol sendiri atau dikontrol sang faktor-faktor eksternal.
10. Whiterington
Belajar merupakan suatu proses perubahan dalam kepribadian sebagaimana dimanifestasikan dalam perubahan dominasi pola-pola respontingkah laku yg baru konkret dalam perubahan ketrampilan, kebiasaan, kesanggupan, serta perilaku.
11. Gagne (The Conditions of Learning 1977)
Belajar adalah homogen perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laris, yang keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada pada situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yg serupa itu. Perubahan terjadi dampak adanya suatu pengalaman atau latihan. Berbeda dengan perubahan serta-merta akibat refleks atau konduite yang bersifat naluriah.
12. Moh. Surya (1981:32)
Suatu proses bisnis yg dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laris yang baru holistik, menjadi output pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya menggunakan lingkungan. Kesimpulan yg sanggup diambil berdasarkan kedua pengertian pada atas, bahwa pada prinsipnya, belajar merupakan perubahan dari diri seorang.
13 Anni  (2004:4)
Proses paling krusial bagi perubahan perilaku insan dan beliau meliputi segala sesuatu yang dipikirkan serta dikerjakan.
14. M. Sobry Sutikno
Suatu proses usaha yg dilakukan oleh seorang buat memperoleh suatu perubahan yg baru menjadi output pengalamannya sendiri dalam hubungan menggunakan lingkungannya.
16. Slameto  (2003:dua)
Suatu proses bisnis yang dilakukan seorang buat memperoleh suatu perubahan tingkah laris yg baru secara holistik, menjadi output pengalamannya sendiri pada interaksi dengan lingkungannya.
17. Skinner  ( Belajar dan pembelajaran )
Hubungan antara stimulus serta respons yg tercipta melalui proses tingkah laris.
18. Trianto (2010:16)
Proses belajar terjadi melalui poly cara baik disengaja juga nir disengaja dan berlangsung sepanjang saat dan menuju pada suatu perubahan dalam diri pembelajar.
19. Ngalim Purwanto  (1992 : 84)
Setiap perubahan yang relatif menetap pada tingkah laris, yang terjadi menjadi suatu hasil dari latihan atau pengalaman.
20. Hintzman, Douglas L  ( The Psychology of Learning and Memor y 1987 )
Suatu perubahan yang terjadi dalam diri organisme, insan atau fauna, disebabkan oleh pengalaman yg dapat mensugesti tingkah laris organisme tadi.
21. Arno F. Wittig ( Psychology of Learning  1981 )
Perubahan yang nisbi menetap yang terjadi dalam segala macam tingkah laris suatu organisme menjadi hasil belajar.
22. James Patrick Chaplin ( Dictionary of Psychology 1985 )
Belajar dibatasi menggunakan dua macam rumusan. Rumusan pertama Belajar adalah perolehan perubahan tingkah laku yang nisbi menetap menjadi dampak latihan serta pengalaman. Rumusan ke 2 Belajar adalah proses memperoleh respons-respons menjadi dampak adanya latihan khusus.
22. Spears
Mengamati, membaca, imited, buat mencoba sesuatu sendiri, mendengarkan, mengikuti arahan.
Demikian semua tentang pengertian serta definis belajar berdasarkan para ahli. Semoga bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung pada blog ini.

Sumber: Dirangkum berdasarkan banyak sekali asal !!

Comments