KONSEP UTAMA TEORI PSIKOANALISA SIGMUND FREUD

Konsep Utama Teori Psikoanalisa Sigmund Freud
1. Pandangan tentang sifat manusia 
Pandangan freud tentang sifat insan dalam dasarnya manusia dideterminasi oleh kekuatan-kekuatan irasional,motifasi-motifasi tidak sadar, kebutuhan-kebutuhan dan dorongan-dorongan biologis serta naruliah, dan sang peritiwa-insiden psikosek sual yg terjadi selama 5 tahun pertama berdasarkan kehidupan.

Manusia dilihat menjadi sistem-sistem tenaga, berdasarkan pandangan freud , dinamika kepribadian terdiri menurut cara-cara energi psikis dibagikan pada id,ego, dan superego. Lantaran tenaga psikis itu terbatas, maka satu sistem memegang kendali atas energy yg tersedia sambil mengorbankan dua sistem yg lainnya. Tingkah laku dideterminasi oleh tenaga psikis ini. Freud jua menekankan peran naluri-insting. Segenap naluri bersifat bawaan dan biologis. Freud menekankan naluri-naluri seksual serta implus-implus militan. Ia melihat tingkah laku menjadi dideterminasi sang harapan memperoleh kesenangan dan menghindari kesakitan. Manusia memiliki naluri-naluri kehidupan juga insting-naluri kematian. Menurut freud,tujuan segenap kehidupan adalah kematian; kehidupan tidak lain dalah jalan melingkar kearah kematian.

2. Struktur Kepribadian
Menurut pandangan psikoanalitik, struktur kepribadian terdiri berdasarkan 3 sistem: id, ego, serta superego. Ketiganya adalah nama bagi proses-proses psikologi dan jangan dipikirkan sebagai agen-agen yang secara terpisah mengoperasikan kepribadian; adalah fungsi-fungsi kepribadian sebagai keseluruhan ketimbang sebagai tiga bagian yg terasing satu sama lain. Id adalah komponen biologis, ego merupakan komponen psikologis, sedangkan superego merupakan komponen sosial.

Id
Id merupakan satu-satunya komponen kepribadian yg hadir semenjak lahir. Aspek kepribadian sepenuhnya sadar dan termasuk menurut konduite naluriah dan primitif. Menurut Freud, id adalah sumber segala tenaga psikis, sehingga komponen utama kepribadian. Id didorong sang prinsip kesenangan, yang berusaha untuk kepuasan segera dari seluruh asa, asa, serta kebutuhan. Apabila kebutuhan ini tidak puas pribadi, hasilnya merupakan kecemasan negara atau ketegangan. Sebagai model, peningkatan rasa lapar atau haus harus membentuk upaya segera buat makan atau minum. Id ini sangat penting awal pada hidup, karena itu memastikan bahwa kebutuhan bayi terpenuhi. Apabila bayi lapar atau tidak nyaman, beliau akan menangis sampai tuntutan id terpenuhi.

Namun, segera memuaskan kebutuhan ini nir selalu realistis atau bahkan mungkin. Apabila kita diperintah seluruhnya sang prinsip kesenangan, kita mungkin menemukan diri kita meraih hal-hal yg kita inginkan berdasarkan tangan orang lain untuk memuaskan hasrat kita sendiri. Perilaku semacam ini akan baik mengganggu dan sosial nir bisa diterima. Menurut Freud, id mencoba untuk merampungkan ketegangan yang diciptakan sang prinsip kesenangan melalui proses utama, yang melibatkan pembentukan citra mental menurut objek yang diinginkan menjadi cara buat memuaskan kebutuhan.

Ego
Ego merupakan komponen kepribadian yg bertanggung jawab buat menangani dengan empiris. Menurut Freud, ego berkembang dari id serta memastikan bahwa dorongan dari id bisa dinyatakan dalam cara yang dapat diterima pada global nyata. Fungsi ego baik pada pikiran sadar, prasadar, dan tidak sadar. Ego bekerja dari prinsip empiris, yang berusaha buat memuaskan hasrat id dengan cara-cara yg realistis serta sosial yg sinkron. Prinsip realitas beratnya biaya serta manfaat menurut suatu tindakan sebelum tetapkan buat bertindak atas atau meninggalkan impuls. Dalam banyak masalah, impuls id itu bisa dipenuhi melalui proses menahan kepuasan ego pada akhirnya akan memungkinkan konduite, tetapi hanya pada ketika yg sempurna dan loka. Ego pula pelepasan ketegangan yg diciptakan oleh impuls yang tidak terpenuhi melalui proses sekunder, di mana ego mencoba buat menemukan objek pada dunia nyata yg cocok dengan gambaran mental yg diciptakan sang proses utama id’s.

Superego
Komponen terakhir buat membuatkan kepribadian merupakan superego. Superego adalah aspek kepribadian yg menampung semua baku internalisasi moral serta harapan yang kita peroleh menurut kedua orang tua serta rakyat kami rasa benar serta galat. Superego menaruh pedoman buat menciptakan penilaian.

Ada dua bagian superego:
Yang ideal ego mencakup aturan dan standar untuk perilaku yang baik. Perilaku ini termasuk orang yang disetujui sang figur otoritas orang tua dan lainnya. Mematuhi anggaran-aturan ini mengakibatkan perasaan pujian, nilai dan prestasi. Hati nurani mencakup warta mengenai hal-hal yg dianggap jelek sang orang tua dan masyarakat. Perilaku ini seringkali dilarang dan menyebabkan jelek, konsekuensi atau sanksi perasaan bersalah serta penyesalan. Superego bertindak buat menyempurnakan serta membudayakan konduite kita. Ia bekerja buat menekan seluruh yg nir dapat diterima mendesak dari id dan usaha buat membuat tindakan ego atas baku idealis lebih lantaran dalam prinsip-prinsip realistis. Superego hadir pada sadar, prasadar dan nir sadar.

Interaksi berdasarkan Ego, Id serta superego
Dengan kekuatan bersaing begitu poly, mudah buat melihat bagaimana permasalahan mungkin ada antara ego, id serta superego. Freud menggunakan kekuatan ego istilah buat merujuk kepada kemampuan ego berfungsi meskipun kekuatan-kekuatan duel. Seseorang dengan kekuatan ego yang baik bisa secara efektif mengelola tekanan ini, sedangkan mereka menggunakan kekuatan ego terlalu banyak atau terlalu sedikit bisa menjadi terlalu keras hati atau terlalu mengganggu.

3. Kesadaran serta ketaksadaran
Sumbangan-sumbangan freud terbesar adalah konsep-konsepnya mengenai kesadaran dan ketaksadaran yang adalah kunci-kunci buat tahu tingkahlaku dan kasus-perkara kepribadaian. Ketaksadaran tidak mampu dipelajari secara pribadi; ia sanggup dipelajari berdasarkan tingkahlaku. Pembuktian klinis guna membuktian konsep ketaksadaran meliputi: 
  1. mimpi-mimpi, yg adalah representasi-representasi simbolik menurut kebutuhan-kebutuhan, hasrat-harapan, serta koflik-permasalahan yak sadar; 
  2. salah ucap atau lupa contohnya terhadap nama yg di kenal; 
  3. sugesti-sugesti pasca hipnotik; 
  4. bahan-bahan yang dari dari teknik-teknik saosiasi bebas; serta 
  5. bahan-bahan yang berasal menurut teknik-teknik proyaktif.
Bagi Freud, kesadaran merupakan bagian terkecil dari holistik jiwa. Seperti gunung es yang mengapung yg bagian terbesarnya berada pada bawah permukaan air, bagian jiwa yg terbesar berada pada bawah permukaan kesadaran. Ketaksadaran itu menyimpan pengalaman-pengalaman , ingtan-ingtan, serta bahan-bahan yg pada represi. Kebutuhan-kebutuhan serta motivasi-motivasi yg tidak bisa dicapai yakni terletak di luar pencerahan/ juga berada pada luar daerah kendali. Ferud pula percaya bahwa sebagian akbar fungsi psikologis terletak pada luar kawsan kesadaran.

4. Kecemasan 
Kecemasan merupakan suatu keadaan tegang yg memotivasi kita buat berbuat sesuatu. Fungsinya adalah memperingatkan adanya ancaman bahaya-yakni sinyal bagi ego yang akan terus semakin tinggi jika tindakan-tindakan yang layak buat mengatasi acnaman bahaya itu nir di ambil.

Ada tiga macam kecemasan: kecemasan relistis, kecemasan neorotik, serta kecemasan moral. Kecemasan realistis adalah ketakutan terhadap bahaya menurut global eksternal, dan tingkat kecemasannya sinkron menggunakan derajat ancaman yang terdapat, kecemasan neurotik merupakan ketakutan terhadap nir terkendalinya insting-insting yg menyebabkan seseorang melakukan sesuati tindakan yg bisa mendatangkan sanksi bagi dirinya. Kecemasan moral merupakan ketakutan terhadap hati nurani sendiri.

5. Mekanisme pertahanan ego
Mekanisme pertahahan ego termasuk dalam teori psikoanalisis Sigmund Freud. Timbulnya mekanisme pertahanan ego tersebut, karena adanya kecemasan-kecemasan yg dirasakan individu. Maka, mekanisme pertahanan ego terkait menggunakan kecemasan individu. Adapun definisi kecemasan merupakan perasaan terjepit atau terancam, saat terjadi permasalahan yg menguasai ego (Boeree, 2005:42). Kecemasan-kecemasan ini ditimbulkan sang ketegangan yg datang berdasarkan luar. Sigmund Freud sendiri mengartikan mekanisme pertahanan ego menjadi strategi yg dipakai individu buat mencegah kemunculan terbuka berdasarkan dorongan-dorongan id maupun untuk menghadapi tekanan superego atas ego, dengan tujuan supaya kecemasan sanggup dikurangi atau diredakan. Mekanisme-mekanisme pertahanan ego itu nir selalu patologis, serta sanggup memiliki nilai penyesuaian apabila nir sebagai suatu gaya hidup buat menghindari kenyataan. Mekanisme-mekanisme pertahanan ego yang dipakai sang individu bergantung pada tingkat perkembangan dan derajat kecemasan yg dialaminya. Berikut ini klasifikasi-penjabaran singkat tentang beberapa bentuk mekanisme pertahanan ego: 
  1. Penyangkalan,
  2. Proyeksi, 
  3. Fiksasi, 
  4. Regresi, 
  5. Rasionalisasi, 
  6. sublimasi, 
  7. displacement, 
  8. represi, 
  9. formasi reaksi
  • Penyangkalan: Pertahanan melawan kecemasan dengan “ menutup mata “ terhadap keberadaan kenyataan yang mengancam. Individu menolak sejumlah aspek kenyataan yang membangkitkan kecemasan. Contohnya, kecemasan atas kematian orang yg yg dicintai contohnya sering memanifestasikan sang penyangkalan terhadap berita kematian.
  • Proyeksi: Mengalamatkan sifat-sifat tertentu yg tidak sanggup diterima oleh ego kepada orang lain. Seseorang melihat pada diri orang lain hal-hal yang nir disukai serta beliau tidak mampu mendapat adanya hal-hal yang itu pada diri sendiri, jadi dengan proyeksi seorang akan mengutuk orang lain lantaran kejahatannya dan menyangkal mempunyai dorongan jahat seperti itu.
  • Fiksasi: Menjadi terpaku dalam tahap-termin yg lebih awal, lantaran merogoh langkah ketahap selanjutnya. Selanjutnya bisa mengakibatkan kecemasan.
  • Regresi: Melangkah mundur ke fase perkembangan yang lebih awal yg tuntutan-tuntutan nir terlalu akbar.
  • Rasionalisasi: Menciptakan alasan-alasan yang baik guna menghindari ego dari cedera memalsukan diri sebagai akibatnya fenomena yg mengecewakan sebagai tidak menyakitkan.
  • Sublimasi: Menggunakan jalan keluar yang lebih tinggi atau yg secara sosial lebih dapat diterima bagi dorongan-dorongannya.
  • Displacement: Mengarahkan energy pada objek atau orang lain bila objek asal atau orang yg sesungguhnya tidak sanggup dijangkau.
  • Represi: Sebentuk upaya pembuangan setiap bentuk impuls, ingatan, atau pengalaman yg menyakitkan atau membuat malu serta menyebabkan kecemasan tingkat tinggi. 
  • Formasi reaksi: Melakukan tindakan yg antagonis dengan harapan-impian tidak sadar jika perasaan-perasaan yang lebih dalam mengakibatkan ancaman maka seorang menampilkan tingkah laku yg berlawanan guna menyangkal perasaan-perasaan yang mengakibatkan ancaman. 
Perkembangan Kepribadian 
a. Pentingnya perkembangan awal 
Sumbangan yg berarti berdasarkan contoh psikoanalitik merupakan pelukisan tahap-termin perkembangan psikososial serta individu dari lahir hingga dewasa. Kepada konselor ia menyuguhkan perangkat-perangkat konseptual bagi pemahaman kesamaan-kecendrungan dalam perkembangan, karakteristik tugas-tugas perkembangan primer menurut banyak sekali taraf pertumbuhan, fungsi personal dan sosial yang normal serta abnormal, kebutuhan-kebutuhan yang kritis berikut dan frustrasinya, asal-sumber kegagalan perkembangan kepribadian yg menunjuk pada perkara-kasus penyesuaian pada lalu hari, serta penggunaan prosedur-prosedur pertahanan ego yg sehat dan tidak sehat. Freud sudah menemukan bahwa perkara-masalah yg paling khas yg dibawa orang-orang, baik dalam kondisi-syarat konseling individual juga gerombolan , terdiri dari: (1) ketidakmampuan memberikan kepercayaan pada diri sendiri serta orang lain, ketakutan buat menyayangi dan buat menciptakan interaksi intim, dan rendahnya rasa harga diri; (2) ketidakmampuan mengakui dan mengungkapkan perasaan-perasaan benci dan murka , penyangkalan terhadap kekuatan sendiri sebagai langsung, serta kekurangan perasaan-perasaan otonom; (3) ketidakmampuan menerima sepenuhya seksualitas dan perasaan-perasaan diri-sendiri, kesulitan buat mendapat diri-sendiri menjadi laki-laki dan perempuan , serta ketakutan terhadap seksualitas. Menurut pandangan psikoanalitik Freudian, ketiga area perkembangan personal dan sosial (cinta serta rasa percaya, penanganan perasaan-perasaan negatif, dan pengembangan penerimaan yg positif terhadap seksualitas) itu berlandaskan 5 tahun pertama menurut kehidupan. Periode perkembangan ini merupakan landasan bagi perkembangan kepribadian selanjutnya. 

b. Tahun pertama kehidupan: fase oral
Freud mengajukan teori mengenai seksualitas infantil. Sejak Freud, kegagalan masyarakat buat mengakui seksualitas infantil bisa diterangkan oleh tabu-tabu kultural, serta setiap represi individu atas pengalaman-pengalaman infantile dan masa kanak-kanak berada dalam area ini. Dari lahir hingga akhir usia satu tahun seseorang bayi menjalani fase berkaitan dengan mulut. Menghisap butir dada ibu memuaskan kebutuhannya akan makanan serta kesenangan. Lantaran mulut dan bibir adalah zone-zone erogen yang peka selama fase berkaitan dengan mulut ini, bayi mengalami kenikmatan erotik menurut tindakan menghisap. Benda-benda yang dicari sang anak dapat sebagai substitut-subtitu bagi apa-apa yg sesungguhnya diinginkannya yakni kuliner dan cinta menurut ibunya. Tugas perkembangan utma fase oral merupakan memperoleh rasa percaya kepada orang lain, kepada dunia, serta pada diri sendiri. Cinta merupakan suatu perlindungan terbaik terhadap ketakutan dan ketidakamanan. Anak-anak yang dicintai oleh orang lain hanya menerima sedikit kesulitan dalam menerima dirinya sendiri. Sedangkan anak yg merasa nir diinginkan, nir diterima, dan nir dicintai, cenderung mengalami kesulitan yg akbar pada mendapat diri sendiri. Efek penolakan pada fase oral merupakan kecenderungan dimasa kanak-kanak selanjutnya buat sebagai penakut, nir aman, haus akan perhatian, iri, agresif, benci, serta kesepian.

c. Usia satu sampai tiga tahun: fase anal 
Fase berkaitan dengan mulut metuntut buat mengalami rasa bergantung yang sehat, menaruh kepercayaan dalam dunia, serta mendapat cinta, sedangkan fase anal menandai langkah lain dalam perkembangan kepribadian. Tugas-tugas yg wajib diselesaikan selama fase ini merupakan belajar berdikari, memiliki kekuatan eksklusif serta swatantra, serta belajar bagaimana mengakui serta menangani perasaan-perasaan tang negatif. Selama fase anal, anak dipastikan akan mengalami perasaan-perasaan negatif seperti benci, hasratmerusak, murka , serta sebagainya, krusial bagi anda buat belajar bahwa perasaan-perasaan yg negatif itu bisa diterima adanya, hal yang pula krusial pada fase ini merupakan, anak memperoleh rasa mempunyai kekuatan, kemandirian, dan otonomi. Pada fase anal ini anak perlu bereksperimen, berbuat galat, serta merasa bahwa mereka tetep diterima untuk kesalahannya itu, serta menyadari diri menjadi individu yang terpisah serta berdikari.

d. Usia 3 sampai 5 tahun: fase falik
Kita telah melihat bahwa diantara usia satu serta 3 tahun seseorang anak menyingkirkan cara-cara yg infantil, dan secara aktif maju mendaki dunia yg lain. Ini fase ketika kesanggupan-kesanggupan buat berjalan, berbicara, berpikir, serta mengendalikan otot-otot berkembang pesat. Masturbasi yang disertai sang fantasi-fantasi adalah hal yang normal pada masa kanak-kanak awal. Pada fase falik, masturbasi itu menaikkan frekuensinya. Eksperimentasi masa kanak-kanak adalah hal yg generik, dan lantaran banyak perilaku terhadap seksualitas yang bersumber pada fase falik, maka penerimaan terhadap seksualitas serta penanganan dorongan seksualitas pada fase ini sebagai penting. Fase falik adalah periode perkembangan hati nurani, suatu masa waktu anak-anak belajar mengenal standar-standar moral. Selama fase falik anak perlu belajar mendapat persaan-perasaan seksualitas sebagai hal yang alamiah dan belajar memandang tubuhnya sendiri secara sehat. Fase falik ini anak membangun sikap-perilaku mengenai kesenangan fisik, tentang apa yg “ benar “ serta “ galat” serta mengenai apa yang “ maskulin “ dan yg “ feminim”. Fase falik mempunyai akibat-implikasi yang berarti bagi konselor yang sedang menangani orang-orang dewasa. Banyak konseli yang tidak pernah sepenuhnya bisa memahami perasaan-perasaan tentang seksualitasnya sendiri. Mereka mempunyai perasaan-perasaan yg sangat membingungkan sehubungan dengan indenfikasi kiprah, dan mereka berada dalam pergulatan buat mendapat perasaan-perasan dan tingkah laku sendiri. Denagn demikian, mereka juga akan menyadari bahwa, meskipun sikap-perilaku dan tingkah laris mereka yg kini dibuat oleh masa lampau, mereka tidak ditakdirkan untuk terus menjadi korban masa lampau.

Proses konselingutik 
a. Tujuan-tujuan konselingutik 
Tujuan konseling psikoanalitik merupakan membentuk kembali struktur karakter individual menggunakan jalan membuat pencerahan yg nir disadari didalam diri konseli. Proses konselingutik difokuskan dalam upaya mengalami balik pengalaman-pengalaman masa kanak-kanak. Pengalaman-pengalaman masa lampau direkonstruksi, dibahas, dianalisis, ditafsirkan, dengan sasaran merekonstruksi kpribadian. Konseling psikonalitik menekankan dimensi afektif menurut upaya mengakibatkan ketidaksadaran diketahui. Pemahaman serta pengertian intelektual mempunyai arti penting, namun perasaan-perasaan serta ingatan-ingatan yangberkaitan dengan pemahaman diri lebih penting lagi. 

b. Fungsi serta Peran Konselor
Karakteristik psikoanalisis adalah, konselor atau analis membiarkan dirinya anonim dan hanya menyebarkan sedikit perasaan serta pengalaman sehingga konseli memproyeksikan dirinya pada analis. Proyeksi-proyeksi konseli, yang sebagai bahan konseling, ditafsirkan dan dianalisis. Analis terlebih dahulu wajib membangunkan interaksi kerja menggunakan konseli, lalu perlu banyak mendengar dan menafsirkan. Analis menaruh perhatian spesifik pada penolakan-penolakan konseli. Sementara yg dilakukan oleh konseli sebagian akbar adalah berbicara, yg dilakukan sang analis adalah mendengarkan dan berusaha untuk mengetahui kapan beliau harus membuat penafsiran-penafsiran yang layak buat meningkatkan kecepatan proses penyingkapan hal-hal yang tidak disadari. Analis mendengarkan kesenjangan-kesenjangan dan kontradiksi-kontradiksi pada cerita konseli, mengartikan mimpi-mimpi serta asosiasi bebas yg dilaporkan oleh konseli mengamati konseli secara cermat selama pertemuan konseling berlangsung, dan peka terhadap isyarat-isyarat yg menyangkut perasaan-perasaan konseli pada analis. Fungsi utama analis adalah mengajarkan arti proses-proses dalam konseli sehingga konseli mampu memperoleh pemahaman terhadap perkara-masalahnya sendiri, mengalami peningkatan kesadaran atas cara-cara buat berubah serta menggunakan demikian, memperoleh kendali yang lebih rasional atas kehidupannya sendiri.

c. Pengalaman Konseli dalam Konselor
Konseli wajib bersedia melibatkan diri pada proses konseling dan berjaka panjang. Biasanya konseli mendatangi konseling beberapa kali seminggu pada masa tiga sampai 5 tahun. Pertemuan konseling biasaya berlangsung 1 jam. Setelah beberapa kali pertemuan tatap muka menggunakan analis, konseli kemudian diminta berbaring melakukan asosiasi bebas, yakni berkata apa saja yang terlintas pada pikirannya. Konseli mencapai konvensi dengan analis tentang pembayaran porto konseling, mendatangi rendezvous konseling pada saat eksklusif, dan bersedia terlibat pada proses intensif. Konseli setuju buat berbicara karena produksi-produksi ekspresi konseli merupakan konseling psikoanalitik. Selama konseling konseli bergerak melalui tahap-tahap eksklusif: mengembangkan interaksi menggunakan analis., mengalami krisis treatment, memperoleh pemahaman atas masa lampaunya yang tak disadari, membuatkan resistansi-resistansi buat belajar lebih banyak tentang diri sendiri, menyebarkan suatu interaksi transferensi dengan analis, memperdalam konseling, menangani resistansi-resistansi dan kasus yang tersingkap, serta mengakhiri konseling. 

d. Hubungan antara konselor serta konseli
Hubungan konseli menggunakan analis dikonseptualkan dalam proses transferensi yang sebagai inti pendekatan psikoanalitik. Transferensi mendorong konseli untuk mengalamatkan pada analis “urusan yang tidak terselesaikan” yg masih ada hubungan konseli pada masa lampau menggunakan orang yang berpengaruh. Transferensi terjadi pada ketika konseli membangkitkan balik pertarungan-perseteruan masa dirinya yg menyangkut cinta, seksualitas, kebencian, kecemasan, dan dendamnya membawa pertarungan-konflik itu kesaat sekarang, mengalami balik , dan menyangkutkannya pada analis. Konseli kemungkinan memandang analis menjadi figur kekuasaan yg menghukum, menuntut, dan mengendalikan. Apabila konseling yg diinginkan mempunyai pengaruh menyembuhkan, maka interaksi transferensi wajib digarap. Proses penggarapannya melibatkan eksplorasi sang konseli atas kesejajaran-kesejararan antara pengalaman masa lampau dan pengalaman masa kini . Jika analis berbagi pandangan-pandangan yang disharmoni yg dari menurut permasalahan-konfliknya sendiri maka akan terjadi kontratransferensi. Kontratransferensi ini sanggup terdiri berdasarkan perasaan tidak suka atau keterikatan dan keterlibatan yg berlebihan. Analisis wajib menyadariperasaan-perasaannya terhadap konseli dan mencegah efek-pengaruhnya yg merusak. Analis diharapkan supaya relative objektif dalam mendapat kemarahan, cinta, rujukan, kritik, serta perasaan-perasaan lainnya yang bertenaga berdasarkan konseli. Sebagian besar acara latihan psikoanalitk mewajibkan calon analis buat menjalani analisis yg intensif menjadi konseli. Analis dipercaya sudah berkembang mencapai tingkat dimana konflik-perseteruan utamanya sendiri terselesaikan,dan karenanya beliau bisa memisahkan kebutuhan-kebutuhan serta perkara-masalahnya sendiri berdasarkan situasi konseling. Sebagai hasil interaksi terapeutik, khususnya penggarapan situasi transferensi, konseli memperoleh pemahaman terhadap psikodinamika-psikodinamika tidak sadarnya. Kesadaran serta pemahaman atas bahan yg direfresi adalah landasan bagi proses pertumbuhan analitik. Konseli mampu tahu asosiasi antara pengalaman-pengalaman masa lampaunya dengan kehidupan kini . Pendekatan psikoanalitik berasumsi bahwa kesadaran diri ini bisa secara otomatis mangarah pada perubahan kondisi konseli.

Teknik-teknik terapeutik 
a. Asosiasi bebas
Teknik pokok pada terapai psikoanalisa merupakan asosiasi bebas. Konselor memerintahkan konseli buat menjernihkan pikiranya dari pemikiran sehari-hari dan sebesar mungkin buat mengungkapkan apa yg muncul pada kesadaranya. Yang utama, adalah konseli mengemukakan segala sesuatu melalui perasaan atau pemikiran menggunakan melaporkan secepatnya tanpa sensor. Asosiasi bebas adalah suatu metode pemanggilan kembali pengalaman-pengalaman masa lampau dan pelepasn emosi-emosi yang berkaitan dengan situasi-situasi traumatic dimasa lampau yg dikenal menggunakan sebutan kataris. Kataris hanya menghasilkan peredaan ad interim atas pengalaman-pengalaman menyakitkan yang dialami konseli, nir memainkan kiprah utama pada proses treatment psikoanalitik pada masa ini: kataris mendorong konseli buat menyalurkan sejumlah perasaannya yang terpendam, serta karenanya meratakan jalan bagi pencapaian pemahaman. Guna membantu konseli pada memperoleh pemahaman serta evaluasi diri yg lebih obyektif, analis menafsirkan makna-makna primer berdasarkan asosiasi bebas ini. Selama proses asosiasi bebas berlangsung, tugas analis adalah mengenali bahan yg direpres serta dikurung pada pada ketaksadaran. 

b. Penafsiran
Penafsiran merupakan suatu mekanisme dasar dalam menganalisis asosiasi-asosiasi bebas, mimpi-mimpi, resistensi-resistensi, dan transferensi-transferensi. Prosedurnya terdiri atas tindakan-tindakan analis yang menyatakan, menampakan, bahkan mengajari konseli makna-makna tingkah laris yg dimanifestasikan oleh mimpi-mimpi, asosiasi bebas, resistensi-resistensi, serta sang hubungan terapeutik itu sendiri. Fungsi penafsiran-penafsiran adalah mendorong ego buat mengasimilasi bahan-bahan baru serta meningkatkan kecepatan proses penyingkapan bahan tidak sadar lebih lanjut. Penafsiran-penafsiran analis menyebabkan pemahaman dan nir terhalanginya bahan tak sadar dalam pihak konseli. Penafsiran-penafsiran harus tepat saat, karena konseli akan menolak penafsiran-penafsiran yg diberikan dalam waktu yang tidak tepat. Sebuah anggaran generik merupakan bahwa penafsiran harus disajikan dalam saat gejala yg hendak ditafsirkan itu dekat dengan pencerahan konseli. Aturan generik yg lainnya adalah bahwa penafsiran wajib berawal dari bagian atas dan menembus hanya sedalam konseli mampu menjangkaunya sementara dia mengalami situasi itu secara emosional. Aturan umum yg ketiga merupakan bahwa resistensi atau pertahanan paling baik ditunjukan sebelum dilakukan penafsiran atas emosi atau konflik yg terdapat pada baliknya.

c. Analis mimpi
Analisis mimpi merupakan sebuah mekanisme yang penting buat menyikap bahan yang tidak disadari dan menaruh kepada konseli pemahaman atas beberapa area masalah yang tidak selesai. Freud memandang mimpi-mimpi sebagai “jalan istimewa menuju ketaksadaran”, sebab melalui mimpi-mimpi itu keinginan-cita-cita, kebutuhan-kebutuhan, serta ketakutan-ketakutan yg tak disadari. Mimpi-mimpi mempunyai dua tingkat isi: isi laten serta isi manifest. Isi laten terdiri atas motif-motif yg disamarkan, tersembunyi, simbolik, serta tak disadari. Karena begitu menyakitkan serta mengancam, dorongan-dorongan seksual dan agresif tidak sadar yang adalah isi laten ditransformasikan kedalam isi manifest yg lebih bisa diterima, yakni virtual sebagaimana yg tampil dalam si pemimpi. Proses transformasi isi laten mimpi kedalam isi manifest yang kurang mengancam itu diklaim kerja mimpi. Selama jam analitik, analis sanggup meminta konseli buat mengasosiasikan secara bebas sejumlah aspek isi manifest virtual guna menyingkap makna-makna yang terselubung. 

d. Analis dan Penafsiran Resistensi
Resistensi, sebuah konsep yang mendasar dalam praktek konseling psikoanalitik, merupakan sesuatu yg melawan kelangsungan konseling serta mencegah konseli mengemukakan bahan yg tidak disadari. Freud memandang resistensi sebagai dinamika tidak sadar yang digunakan oleh konseli menjadi pertahanan terhadap kecemasaan yang nir sanggup dibiarkan, yg akan menaikkan apabila konseli menjadi sadar atas dorongan-dorongan dan perasaan-perasaannya yang direpresi itu. Resistensi ditujukan buat mencegah bahan yang mengancam memasuki ke kesadaran, analis harus menunjukkannya dengan konseli harus menghadapinya bila beliau mengharapkan mampu menangani komplik-komplik secara realitis. Penafsiran analis atas resistensi ditujukan buat membantu konseli agar menyadari alasan-alasan yg ada dibalik resistensi sehingga beliau bisa menanganinya. Resistensi-resistensi bukanlah hanya sesuatu yang harus diatasi. Karena merupakan perwujutan dari pendekatan-pendekatan defensif konseli yg biasa pada kehidupan sehari-harinya, resistensi-resistensi harus dicermati sebagai indera bertahan terhadap kecemasan, namun merusak kemampuan konseli untuk mengalami kehidupan yg lebih memuaskan.

e. Analisis dan penafsiran transferensi 
Sama halnya menggunakan resistensi, transferensi adalah inti berdasarkan konseling psikoanalitik. Analisis transferensi adalah teknik yang primer pada psikoanalisis, sebab mendorong konseli buat menghidupkan pulang masa lampau pada konseling. Ia memungkinkan konseli bisa memperoleh pemahaman atas sifat berdasarkan fiksasi-fiksasi serta deprivasi-deprivasinya, serta menyajikan pemahaman tentang dampak masa lampau terhadap kehidupannya kini . Penafsiran hubungan transferensi juga memungkinkan konseli bisa menembus permasalahan-konflik masa lampau yang tetapdipertahankannya sampai kini dan yg merusak pertumbuhan emosionalnya. Singkatnya, efek-efek psikopatologis menurut interaksi masa dini yang tidak diinginkan, dihambat oleh penggarapan atas konflik emosional yg sama yang terhadap dalam interaksi konselingutik menggunakan analis.

Comments