KONSENTRASI BENAR BERARTI MEDITASI DENGAN CARA PEMUSATAN PIKIRAN



8. KonsentrasiBenar
Konsentrasi Benar berarti meditasi dengan cara pemusatan pikiran. Meditasiberarti suatu proses latihan yang terus menerus menggunakan mengfokuskan suatu objekutama secara permanen tanpa tergoyahkan. Konsebtrasi benar merupakan praktek meditasi yg monoton akanmembantu kita pada mengembangkan konsentrasi pikiran memperoleh Kebijaksanaandan Pencerahan.
Pikiran merupakan sukar dikendalikan, tak jarang sebelum kita duduk menjalanimeditasi, kita berikrar buat nir memikirkan hal-hal lainnya. Tetapi padakenyataannya, pikiran seringkali terusik buat ikut bereaksi terhadap banyak sekali halyang timbul pada ketika kita sedang meditasi.
Meditasi Tanpa Suara

Suatu hari terdapatlah limaorang pemuda yang bermaksud mengadakan retreat selama tujuh hari denganmeditasi pada hutan. Selama retreat berlangsung, maka ada satu pantangan yangharus dipatuhi, yaitu tidak boleh berbicara antar sesama serta konsentrasi hanyapada nafas. Alhasil, masing-masing memakai bahasa isyarat tarzan, dimanasepanjang siang hari pertama, bisa dilalui menggunakan berhasil tanpa satu patahkata yg keluar menurut kelima pemuda tersebut.


lihatlah: Alam semesta buddha
Kemudian dalam malam harinya,maka masing-masing telah siap buat masuk ke gubug tempat mereka tidur yanghanya diterangi satu-satunya api lilin. Menjelang tengah malam, bertiuplahangin yg kencang sehingga memadamkan barah lilin tersebut, dan mulailah timbulkegelisahan pada antara mereka. Setelah sekian lama dalam keadaan gelap-gulita,maka mulailah pemuda pertama berbisik pada teman disebelahnya,"Kelihatannya barah lilin itu padam!" Pemuda ke 2 menyahutsambil berbisik juga, "Iya..., sebaiknya ada yang menyalahkannya."Pemuda ketiga menimpali dan mengingatkan akan janji mereka,"Hei...bukankah kita setuju buat tidak berbicara?" Pemuda keempatmengiyakan, "Iya nih,.... Koq jadi pada berisik sih..." , dan merekaberempatpun baru mulai menyadari hanya ada satu orang yg berhasil tidakberbicara sama sekali, namun belum sampai sedetik kemudian, pemuda kelimapunmulai berseru serta yang paling nyaring, "Ha..ha..ha..., lihatlah hanya sayayang paling hebat karena nir berbicara sama sekali!"



sudahkah anda gosok gigi hari ini?

Comments