KECERDASAN SPIRITUAL KECERDASAN DALAM MENGHADAPI RINTANGAN ETOS KERJA SDM

Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Dalam Menghadapi Rintangan, Etos Kerja SDM
Era globalisasi telah bergulir, penguasaan teknologi personal komputer digital menjadi infrastruktur sebagai teman para pelaku bisnis. Ekonomi akan lebih berbasis dalam pengetahuan, bukan tanah atau mesin-mesin tradisional. Aset ekonomi semakin nir lagi bersifat fisik, misalnya gedung, mesin atau properti lainnya, namun bersifat mental intelektual, seperti persepsi pasar, hubungan, gambaran bisnis, gambaran brand, hak paten, kredibilitas, visi dan pengetahuan spesifik (Sinamo, 2002).

Persaingan antar perusahaan di era globalisasi semakin tajam, sebagai akibatnya sumber daya insan (SDM) dituntut buat terus menerus mampu menyebarkan diri secara agresif. SDM wajib sebagai manusia-insan pembelajar, yaitu pribadi-pribadi yang mau belajar dan bekerja keras menggunakan penuh semangat, sebagai akibatnya potensi insaninya berkembang maksimal . Sinamo (2002) mengemukakan bahwa SDM yg dibutuhkan pada dalam era globalisasi ini merupakan SDM yg bisa menguasai teknologi menggunakan cepat, adaptif serta responsif terhadap perubahan-perubahan teknologi. Dalam syarat tadi integritas eksklusif semakin penting buat memenangkan persaingan.

Agar perusahaan sanggup terus bertahan serta bersaing, penguasaan teknologi saja tidak cukup jika tidak ditunjang oleh SDM yg handal, sehingga investasi pada sumber daya ekonomi yg paling berharga, yaitu SDM tidak bisa ditunda lagi. Menurut Handoko (2002) ancaman nyata terbesar terhadap stabilitas ekonomi merupakan angkatan kerja yg tidak siap (workforce illeguipped) untuk menghadapi tantangan-tantangan di abad 21. Kondisi SDM tersebut cenderung rentan pada menghadapi perubahan serta rintangan, akibatnya stres dan gangguan emosi lain nir bisa dihindari. Konsekuensinya merupakan kerugian yang dialami perusahaan dengan besarnya porto yg wajib dimuntahkan buat biaya pengobatan serta perawatan dan kehilangan jam kerja (Hawari, 1996). SDM yg nir mempunyai kesanggupan menghadapi tuntutan-tuntutaan globalisasi menganggap pekerjaan menjadi beban. Mereka menjalani pekerjaan menjadi suatu keharusaaan serta tuntutaan. Kondisi akhirnya adalah tidak dirasakannya makna kerja.

SDM yg menganggap pekerjaan sebagai beban bisa dikatakan sebagai SDM yg mempunyai etos kerja rendah. Menurut Latief (Tasmara, 1995) pandangan hidup kerja bangsa Indonesia relatif masih rendah, diantaranya tercermin menurut disiplin, semangat kerja dan produktivitas yg rendah. 

Konsep etos kerja lain dikemukakan oleh Sinamo (2002) bahwa terdapat delapan aspek etos kerja profesional pada era digital dunia yg dinamakan ethos 21, yaitu: kerjaa adalah rahmat, panggilan, amanah, aktualisasi diri, ibadah, seni, kehormatan dan pelayanan. Dikemukakan bahwa etos kerja tersebut merupakan doktrin kerja yg bersifat universal, artinyaa mempunyai moralitas kerja positif, lintas budaya dan agama. Peran SDM yg beretos kerja tinggi dalam global usaha yg penuh resiko, ketidakpastian serta perubahan tidak hanya dalam kemampuan buat menguasai high-tech, namun high-touch sekaligus.

Agar perusahaan mendapatkan SDM yg beretos kerja tinggi, perhatian terhadap aspek kecerdasan perlu ditingkatkan. Konsep kecerdasan dewasa ini semakin meluas. Kecerdasan intelektual (IQ) telah dianggap sekian usang menjadi penentu kinerja SDM. Dalam perkembangannya diketahui bahwa orang yang mempunyai IQ yg sama akan membuat kinerja yg tidak sama (Wahyono, 2002). Perhatian mulai beralih dalam konsep kecerdasan emosi (EQ), ternyata kinerja karyawan cenderung semakin tinggi dengan semakin tingginya kecerdasan emosi yang dimiliki (Melianawati, dkk., 2001). Kenyataannya nir seluruh orang yang memiliki kecerdasan emosi tinggi mampu menarik manfaat secara optimal menurut hal yang dimiliki tersebut (Lasmono, 2001).

Konsep baru yang tak jarang dibahas akhir-akhir ini merupakan kecerdasan spiritual (SQ) serta kecerdasan dalam menghadapi rintangan (AQ). Kecerdasan spiritual membantu seorang menjalani hayati dalam strata makna yang pada (Zohar serta Marshall, 2000). SDM yang mempunyai kecerdasan spiritual tinggi cenderung lebih kreatif, luwes, berwawasan luas dan spontan.

Zohar serta Marshall (2000) selanjutnya mengemukakan bahwa bila kecerdasan spiritual seseorang telah berkembang dengan baik, akan ditandai sang kemampuannya buat bersikap fleksibel (adaptif secara spontan serta aktif), taraf pencerahan diri yang tinggi, kemampuan buat menghadapi dan memanfaatkan penderitaan, kemampuan untuk menghadapi dan melampaui rasa sakit dan kualitas hayati yg diilhami oleh visi serta nilai-nilai. Mereka pula enggan buat melakukan sesuatu yang mengakibatkan kerugian karena nir dibutuhkan serta mempunyai kesamaan buat melihat keterkaitan antara banyak sekali hal (berpandangan holistik). Mereka memiliki pertanyaan fundamental, yaitu “mengapa” serta “bagaimana” serta memilii kemudahan buat bekerja melawan konvensi.

Jika SDM memiliki fleksibilitas, adaptif dan aktif, maka mereka memiliki kesiapan atau lebih proaktif pada menghadapi tantangan di era globalisasi. Menurut Covey (1997) orang yg proaktif akan mengerjakan sesuatu yang terhadapnya mereka bisa berbuat sesuatu, mempunyai energi positif, memperluas dan memperbesarnya, yang akan menyebabkan bulat imbas mereka meningkat. Kecerdasan spiritual menciptakan SDMmempunyai pencerahan diri yang bertenaga pada melakukan pekerjaan, sehingga pekerjaan dianggap sebagai sumber aktualisasi dan makna hayati. Mereka akan mempersepsi pekerjaan sebagai panggilan hati serta jujur.

Di sisi lain, SDM yg mempunyai kecerdasan dalam menghadapi rintangan tinggi bisa mengatasi kesulitan-kesulitan yang ditemui dan tidak berhenti berusaha sebelum energi dan batas kemampuan mereka sahih-sahih teruji (Stoltz, 1997). Dikemukakan bahwa SDM yg mempunyai kecerdasan pada menghadapi rintangan tinggi dapat diramalkan memiliki kinerja, motivasi, pemberdayaan, kreativitas, produktivitas yg tinggi jua. Mereka jua mempunyai pengetahuan, tenaga, pengharapan, kebahagiaan, vitalitas serta kegembiraan dan kesehatan emosional yang cenderung tinggi. Dampak lain merupakan tentang kesehatan jasmani, ketekunan, daya tahan serta mampu melakukan respon yang positif terhadap perubahan. SDM yg bekerja menggunakan penuh semangat, tanggung jawab, tuntas penuh integritas dan senang cita dan tekun adalah SDM yang mempunyai etos kerja tinggi.

Identifikasi dan pengembangan SDM yang mempunyai kecerdasan spiritual dan kecerdasan pada menghadapi rintangan tinggi perlu dilakukan oleh perusahaan, supaya dari sisi individual perusahaan mempunyai SDM yg bekerja penuh keikhlasan, vitalitas serta tahan terhadap kesulitan. Mereka akan menampakan etos kerja yg tinggi.

Pentingnya Etos Kerja di Era Globalisasi
Etos kerja yg dimiliki SDM sebuah organisasi memainkan peran krusial bagi produktivitas kerja. Mereka tidak hanya bisa bekerja sesuai tuntutan kerja, namun lebih daripada itu mereka melaksanakannya menggunakan penuh keikhlasan dan semangat. Hasil penelitian Hadipranata dan Sudardjo (1999) menemukan bahwa etos kerja memberi kontribusi yg akbar bagi produktivitas kerja insani.

Tasmara (1995) mengaatakan bahwa jika seseorang menganggap menjadi suatu hal yg dapat menaikkan harga dirinya menjadi insan, maka orang tersebut dalam bekerja cenderung giat, rajin dan mau mendayagunakan semua potensi dirinya. Ketika perusahaan dituntut buat bertahan dan bersaing agar bisa meraih dan memenangkan persaingan dunia, SDM tersebut akan menggunakan kapasitas dirinya secara optimal dengan penuh ketekunan serta semangat juang.

Perilaku etos kerja ditandai sang kegesitan dalam memakai kesempatan-kesempatan yg muncul, penuh tenaga, percaya terhadap kekuatan diri dan kesediaan buat memandang jauh ke masa depan (Myrdal pada Soewarso, dkk., 1996). Di era globalisasi pemanfaatan SDM menjadi kapital dasar wajib diikuti sang pengembangan dan pembaharuan terhadap kemampuan serta keahlian yg dimiliki agar setiap anggota organisasi mampu merespon dan peka terhadap arah perubahan organisasi (Harvey serta Brown dalam Rokhman Jr, 2001). SDM yang memiliki pandangan hidup kerja tinggi lebih peka terhadap perubahan yang terjadi secara cepat dan mampu menggunakan segenap kapasitas dirinya agar bisa merespon perubahan tadi.

Individu atau grup rakyat dikatakan memiliki pandangan hidup kerja tinggi apabila memperlihatkan indikasi-tanda sebagai berikut: mempunyai penilaian positif terhadap hasil kerja insan, menempatkan pandangan mengenai kerja menjadi suatu hal yang amat luhur bagi eksistensi insan, kerja dirasakan sebagai kegiatan yang bermakna bagi kehidupan insan, kerja dihayati menjadi suatu proses yg membutuhkan ketekunan serta sekaligus wahana yg penting dalam mewujudkan cita-cita serta kerja dilakukan sebagai bentuk ibadah (Doelhadi, 2001). Persaingan antar perusahaan serta negara membutuhkan ketekunan serta sekaligus keikhlasan. Rintangan-rintangan yg muncul di samping ditanggapi sebagai peluang juga wajib dilakukan dengan penuh tanggung jawab.

Sinamo (2002) mengemukakan ethos 21, yg terdiri dari delapan aspek pandangan hidup kerja. Delapan aspek tadi adalah: kerja sebagaai raahmat, yg dilakukan dengan penuh ketulusan serta rasa syukur; kerja merupakan jujur, ialah seorang bekerja dengan penuh tanggung jawab; kerja adalah panggilan, artinya seseorang bekerja dengan tuntas penuh integritas; kerja adalah aktualisasi, seseorang bekerja keras penuh semangat. SDM yang memiliki etos kerja tinggi juga ditandai oleh: kerja dipercaya menjadi ibadah, sehingga dalam bekerja lebih berfokus penuh kecintaan; kerja merupakan seni, sebagai akibatnya pada bekerja legih kreatif penuhsuka cita; kerja merupakan kehormatan, sehingga pada bekerja tekun penuh keunggulan serta yang terakhir kerja merupakan pelayanan, sebagai akibatnya dalam bekerja menggunakan penuh kesempurnaan penuh kerendahan hati.

Etos kerja adalah syarat perlu (necessary condition), namun bukan kondisi relatif (sufficient condition) bagi keberhasilan (Sinamo, 2002). Dikemukakan bahwa etos kerja merupakan kunci sukses yg unik, lantaran sekaligus sanggup menjadi fundamen keberhasilan pada tingkatan personal, organisasional serta sosial. Etos kerja merupakan fundamen keberhasilan. Tingkatan sosial pada era globalisasi bisa dimulai dari level personal serta organisasional, sehingga keberhasilan suatu bangsa diantaranya didasari oleh pandangan hidup kerja setiap personel serta organisasi yang berada dalam naungan bangsa tersebut. Apabila pondasi tersebut kuat, maka bangsa pula kuat dan siap menghadapi era digitas global.

Peran Kecerdasan Spiritual (SQ) serta Kecerdasan dalam Menghadapi Rintangan (AQ) terhadap Pembentukan Etos Kerja SDM
Siburian (1997) dan Pudyastuti (1997) mengemukakan beberapa faktor yg menghipnotis etos kerja. Secara internal pandangan hidup kerja dipengaruhi sang situasi serta kondisi SDM serta agama, sedangkan secara eksternal dipengaruhi sang situasi dan syarat lingkungan dan hubungan sosial. Kecerdasan spiritual serta kecerdasan dalam menghadapi rintangan merupakan faktor yg bersifat internal, tetapi pengembangannya dapat dilakukan secara eksternal. Menurut Zohar serta Marshall (2000) serta Agustian (2001), kecerdasan spiritual beroperasi dalam pusat otak, yaitu fungsi-fungsi penyatu otak yang dinamakan titik Tuhan (God-Spot). Sedangkan kecerdasan pada menghadapi rintangan adalah pengembangan area cortex prefrontallis yg membesar dibandingkan menggunakan hewan. Area tadi bertugas buat melakukan perbandingan laba rugi melalui rasionalitas (Wahyono, 2001), sebagai akibatnya saat menghadapi rintangan seorang akan terus melakukan penilaian untung rugi antara menyerah serta bertahan.

Ancok (2001) menegaskan bahwa agar dapat hayati pada bisnis dunia, kapital yg harus dilakukan adalah intelektual, sosial dan spiritual. Disampaikan bahwa kapital spiritual sebagai semakin krusial peranannnya lantaran upaya membentuk insan yang cerdas dengan IQ tinggi dan insan yg pintar mengelola emosi dalam berhubungan dengan orang lain tidak menghantarkan insan dalam kebermaknaan hidup. Kebermaknaan hayati adalah motivasi yg bertenaga menjadi pendorong seseorang buat melakukan sesuatu aktivitas yang bermanfaat. SQ menempatkan konduite serta hayati manusia dalam konteks makna yg lebih luas dan kaya (Zohar serta Marshall, 2001).

Agustian (2001) mengembangkan model penggabungan antara kecerdasan emosi dan spiritual (ESQ). Melalui konsep tersebut mereka berbagi empat langkah buat memaknai hayati, termasuk pekerjaan. Proses pertama adalah melalui penjernihan emosi dan pikiran (zero mind process), selanjutnya melalui pembangunan mental (mental building), penguatan karakter (personal strength) serta sosial. Apabila SDM di perusahaan melakukan pekerjaan dengan niat karena ibadah serta tanpa belenggu-belenggu negatif dari dalam hati (prasangka, prinsip-prinsip hidup, pengalaman, kepentingan dan prioritas, sudut pandang, pembanding dan literatur), maka mental serta kepribadiannya akan bertenaga serta mampu menjalin perilaku dalam konteks menyeluruh.

Tasmara (2001) mengistilahkan kecerdasan spiritual menjadi kecerdasan ruhaniyah (trancendental intelligence). Menurut konsepnya kecerdasan ruhaniyah bertumpu pada ajaran cinta. SDM yg mengasihi pekerjaannya akan menganggap pekerjaan menjadi sebuah rahmat (Sinamo, 2002), sehingga pada bekerja akan terdorong buat dilakukan dengan benar-benar-sungguh. Mereka bekerja menggunakan penuh rasa syukur menurut hati yg higienis serta tulus. Dalam pengertian lain bekerja merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan, dan dalam bentuk derivatnya adalah bentuk rasa syukur pada negara, pemilik kapital dan manajemen.

Aspek kecerdasan lain yg bisa mengatasi kelemahan konsep kecerdasan emosi adaalah kecerdasan pada menghadapi rintangan (AQ). Kemampuan SDM ini terlihat waktu kesulitan semakin semakin tinggi, baik pada tingkatan warga , loka kerja juga individu (Stoltz, 1997). Dalam kondisi kesulitan yg semakin meningkat diharapkan SDM yg mampu bertahan menggunakan rasa optimis dan mampu merogoh langkah yg sempurna agar dapat keluar dari situasi tadi. Perusahaan harus sanggup berbagi SDM yang bertipe pendaki (climber) daripada tipe berhenti (quitter) serta berkemah (camper). SDM yg bertipe quitter akan segera berhenti di tengah jalan waktu menghadapi kesulitan, sedangkan camper walaupun telah berusaha berjalan dan bersemangat, namun mereka cepat puas serta berhenti pada tengah jalan. Lain halnya bagi para pendaki (climber), mereka akan mewujudkan hampir semua potensi dirinya yang terus berkembang sepanjang bepergian hidupnya di perusahaan. Climber memahami bahwa kesulitan merupakan bagian berdasarkan hayati, menghindari kesulitan sama saja menggunakan menghindari kehidupan.

SDM yang bertipe climber memiliki keuletan dalam menghadapi serta mengatasi seluruh kesulitan. Mereka merespon kesulitan menggunakan optimis, menduga kesulitan bersifat ad interim, nir akan melebar ke aspek-aspek kehidupan lainnya dan hal tadi lebih bersifat eksternal (Stoltz, 1997). Menurut Sinamo (2002) jika SDM tetap bekerja keras, maka potensi dirinya akan berkembang, lantaran kerja keras berfungsi sebagai wahana ekspresi bagi manusia pekerja. Manusia tersebut saat bekerja akan mengerahkan energi bio-psiko-spiritual yg selain membentuk karakter serta kompetensi, sekaligus membuat mereka sehat serta bertenaga lahir batin. Dikemukakan lebih lanjut bahwa SDM yang bekerja keras seolah-olah memiliki semangat tanpa batas serta tidak mengenal kata menyerah. SDM demikian dikatakan sebagai SDM yg memiliki pandangan hidup kerja tinggi.

Stoltz (1997) jua mengemukakan cara untuk mencapai AQ tinggi, yaitu melalui LEAD (listen, explore, analyze dan do). Prosesnya diawali dari mendengarkan respon terhadap kesulitan, menjajaki asal-usul atau penyebab serta pengakuan atas dampak (yang menentukan tanggung jawab), menganalisis bukti-bukti serta akhirnya melakukan tindakan nyata berdasarkan kondisi yg dihadapinya. Stoltz (dalam Lasmono, 2001) lalu memperbaiki LEAD menggunakan mengubah E sebagai establish (menegakkan akuntabilitas terhadap sesuatu yg wajib diperbaiki). Berdasarkan hal tadi, SDM yang dimiliki perusahaan akan senantiasa melakukan langkah-langkah konstruktif serta akan tercermin dalam perilaku bertahan dan berani mengambil resiko supaya keluar dari situasi kesulitan yg dihadapi. Mereka akan nampak sebagai SDM yang ulet serta pantang menyerah.

Comments