INILAH ALASAN BANGSA INDONESIA MEMPERTAHANKAN IDEOLOGI PANCASILA

Cara flexi---Warga belajar serta siswa sekalian, pada pembahasan materi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) kita akan melihat tentang alasan bangsa Indonesia mempertahankan Ideologi Pancasila. Seperti kita ketahui bahwa Pancasila adalah dasar negara dan ideologi negara yang wajib dipahami, diamalkan, serta dipertahankan sang seluruh warga negara Indonesia.

Jika kita melihat balik ke masa kemudian dalam rentang sejarah bepergian Pancasila menjadi ideologi, maka kita akan melihat poly nya godaan dan gangguan yg berusaha buat merubah serta mengganti ideologi Pancasila ini menggunakan paham serta ideologi lain. Tetapi kita bangsa Indonesia tetap tak bergeming dan terus mempertahankan Ideologi Pancasila menjadi satu-satunya ideologi bagi bangsa Indonesia ini.

Adapun alasan bangsa Indonesia mempertahankan Ideologi Pancasila bisa diketahui menurut 3 aspek, yaitu ; Historis,  Sosiologis, serta Ancaman ideologi lain. 

a. Historis

     Secara Historis, nilai-nilai Pancasila sudah dimiliki oleh bangsa Indonesia sebelum adanya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Oleh karenanya, kita sebagai bangsa Indonesia harus menghayati, melestarikan, dan mempertahankan nilai-nilai Pancasila itu dalam hayati bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


b. Sosiologis

       Melemahnya kepercayaan rakyat terhadap ideologi Pancasila dapat mengancam persatuan serta kesatuan bangsa Indonesia yg sudah usang dibina, dipelihara serta dijaga. Oleh karenanya, sebagai bangsa Indonesia harus mengembangkan dan menelaah lagi nilai-nila Pancasila menjadi hasil karya akbar menurut bangsa sendiri.


c. Ancaman ideologi lain

       Dalam rangka mempertahankan ideologi Pancasila kita sadar akan keberadaan ideologi lain yg membahayakan kelangsungan hidup Pancasila, misalnya;
1) Paham komunis
2) Paham liberalisme
3) Paham yang menyalahgunakan agama

Golongan-golongan yg mengatas-namakan kepercayaan sering melakukan aktivitas yg membahayakan kelestarian Pancasila. Agama mengajarkan kebaikan dan kebenaran, cinta kasih sesama insan, tetapi acapkali disalahgunakan oleh pihak-pihak yang mengatasnamakan kepercayaan tetapi ajarannya bertentangan agama sebagai akibatnya menyesatkan rakyat.

Demikian mengenai alasan bangsa Indonesia mempertahankan Ideologi Pancasila, semoga bermanfaat menjadi bahan belajar buat memahami lebih jauh mengenai Ideologi Pancasila. Terimakasih.

* * *

Comments