INI DAFTAR MAKANAN KHAS SOLO YANG HARUS DICOBA

Kepuasan berwisata atau sekadar berkunjung ke suatu daerah tentunya belum akan terasa apabila belum mencoba kuliner khasnya. Tak terkecuali jika berkunjung ke Kota Solo. Ini bisa jadi merupakan sebuah rencana yang wajib terdapat. Oleh sebab itu, menjadi penting pula buat menentukan daftar kuliner yang nantinya wajib dicoba setibanya pada tempat tujuan.

Sekadar mengungkapkan, Solo merupakan sebuah kota yang mempunyai budaya yang relatif kuat. Masyarakatnya masih menjunjung tinggi nilai-nilai istiadat serta tradisi. Lantaran syarat geografis wilayahnya secara umum dikuasai merupakan dataran tinggi dan jauh menurut bahari, maka tidak heran bila dominan mata pencaharian warganya adalah petani. Lantaran terletak pada dataran tinggi, maka tidak heran jua jika kondisi udara pada dearah tadi nisbi sejuk. Dengan kondisi udara yg misalnya ini, tentunya rencana untuk mencicipi makanan yg telah ditulis di daftar kuliner khas Solo yg harus dicoba menjadi lebih menarik.

Berikut ini daftar kuliner spesial Solo yang wajib dicoba:


1. Selad Solo
Makanan ini merupakan satu-satunya masakan peranakan khas Solo yang paling terkenal. Disebut masakany peranakan karena kuliner ini tercipta berdasarkan alkulturasi budaya memasak rakyat lokal menggunakan budaya mengolah masyarakat Eropa yg diwakili sang warga Belanda. Masakan ini mulai terdapat sejak penjajahan bangsa Belanda di Indonesia, khususnya pada daerah Solo. Hidangan ini hampir seperti menggunakan steak. Namun, yang membedakan selat solo serta steak adalah saus mayones dan tekstur kuah. Mayones pada selat solo wajib diracik sendiri dari kuning telur ayam. Sedangkan dibanding kuah atau saus steak, kuah dalam selat solo lebih encer serta terasa segar. Konon loka penjual selat solo yang paling enak terdapat di Jalan Tirtasari, Jalan dr. Radjiman serta Jalan Yos Sudarso. Bila sudah sampai pada galat satu jalan tadi, terdapat baiknya jika bertanya pada rakyat kurang lebih buat memastikan warung atau restoran mana yang paling enak cita rasa selat solonya. Bila tertarik mencoba membuat sendiri, simak recipes strait (salad) solo beaf roast.


2. Tengkleng
Tengkleng merupakan kuliner yang terbuat berdasarkan tulang kambing yg diberi bumbu rempah. Adapun tulang yg dipakai adalah bagian tulang yg masih banyak masih ada dagingnya. Tak heran pula apabila kuliner ini memiliki cita rasa yang gurih. Derajat cita rasa tengkleng hampir sama menggunakan gulai atau bahkan malah lebih tinggi. Bila ingin mencoba menciptakan sendiri pada rumah, simak resep tengkleng kepala kambing istimewa, resep tengkleng jeroan kambing khas sedap, serta resep tengkleng kambing orisinil Solo.


3. Sate Buntel
Jika Anda telah sampai pada Jalan Sutan Shahrir, sayang bila tak mencoba sate buntel. Makanan spesial solo yang ini relatif unik. Umumnya, penyajian sate dilakukan menggunakan cara disemat. Berbeda dengan sate buntel. Daging kambing yg sebelumnya telah dihaluskan di campur menggunakan bumbu, lalu pada bungkuskan ke tusuk sate. Oleh karena itu, cita rasa bumbu dari sate buntel akan lebih kuat apabila dibanding sate kambing pada biasanya.


4. Timlo Solo
Berbeda lagi jika Anda kebetulan berada pada Pasar Gede atau kurang lebih Jalan Urip Sumoharjo. Sepertinya Anda wajib mencoba yang namanya timlo solo. Makanan khas solo ini memili cita rasa yg segar serta gurih. Pasalnya, terdapat kaldu daging ayam yang diolah dengan bumbu pindang. Selain itu, dalam makanan ini Anda jua dapat menjumpai sosis, telur serta jeroan ayam.

Nah, itulah beberapa makanan khas yang harus Anda coba bila berkunjung ke wilayah yang pula dijuluki menjadi kota budaya tersebut.

Comments