FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM SEBUAH GAGASAN MEMBANGUN PENDIDIKAN ISLAM
Filsafat Pendidikan Islam, Sebuah Gagasan Membangun Pendidikan Islam
Kurikulum adalah keliru satu komponen yang sangat memilih dalam suatu sistem pendidikan, karenanya kurikulum merupakan alat buat mencapai tujuan pendidikan serta sekaligus menjadi panduan pada pelaksanaan pedagogi dalam seluruh jenis serta taraf pendidikan. Setiap pendidik wajib tahu perkembangan kurikulum, lantaran adalah suatu formulasi pedagogis yg paling penting dalam konteks pendidikan, pada kurikulum akan tergambar bagaimana usaha yg dilakukan membantu murid pada berbagi potensinya berupa fisik, intelektual, emosional, serta sosial keagamaan dan lain sebagainya.
Dengan memahami kurikulum, para pendidik dapat memilih dan menentukan tujuan pembelajaran, metode, teknik, media pedagogi, dan indera penilaian pengajaran yg sesuai serta tepat. Untuk itu, dalam melakukan kajian terhadap keberhasilan sistem pendidikan ditentukan sang seluruh pihak, wahana dan organisasi yang baik, intensitas pekerjaan yg realistis tinggi dan kurikulum yg tepat guna. Oleh karenanya, telah sewajarnya para pendidik dan energi kependidikan bidang pendidikan Islam tahu kurikulum dan berusaha mengembangkannya. Dalam makalah ini akan dibahas kurikulum pendidikan Islam secara mendalam.
A. Pengertian Kurikulum Pendidikan Islam
Secara etimologi kurikulum asal dari bahasa Yunani yaitu curir yg merupakan pelari, atau curere yg berarti jeda yg harus ditempuh sang pelari. Istilah ini dalam mulanya digunakan dalam global olahraga yg berarti suatu jeda yang harus ditempuh pada pertandingan olahraga. Berdasarkan pengertian ini, dalam konteksnya dengan dunia pendidikan, member pengertian menjadi suatu bundar pedagogi pada mana guru dan anak didik terlibat di dalamnya.
Kurikulum ialah rencana atau bahasan pedagogi , sehingga arah kegiatan pendidikan menjadi jelas dan terperinci. Zakiah Darajat memandang kurikulum menjadi suatu program yang direncanakan pada bidang pendidikan serta dilaksanakan buat mencapai sejumlah tujuan-tujuan pendidikan itu. Kurikulum jua mampu diistilahkan menggunakan sejumlah pengalaman pendidikan, kebudayaan, sosial, olahraga, dan kesenian yg disediakan oleh sekolah bagi siswa-muridnya di dalam dan di luar sekolah dengan maksud menolongnya berkembang secara menyeluruh pada segala segi pada mengganti tingkah laku mereka sesuai menggunakan tujuan pendidikan.
Kurikulum pendidikan Islam adalah bahan-bahan pendidikan Islam berupa aktivitas, pengetahuan dan pengalaman yang menggunakan sengaja serta sistematis diberikan pada murid dalam rangka mencapai tujuan pendidikan Islam. Atau dengan kata lain kurikulum pendidikan Islam merupakan seluruh aktivitasi, pengetahuan serta pengalaman yg menggunakan sengaja dan secara sistematis diberikan oleh pendidik kepada murid dalam rangka tujuan pendidikan Islam.
Kurikulum dalam pendidikan Islam, dikenal dengan kata manhaj yg berarti jalan yg terang yang dilewati oleh pendidik bersama anak didiknya buat berbagi pengetahuan, keterampilan, dan perilaku mereka. Selain itu, kurikulum juga dapat dipandang menjadi suatu program pendidikan yg direncanakan serta dilaksanakan buat mencapai pendidikan.
B. Prinsip-prinsip Penyusunan Kurikulum Pendidikan Islam
Dalam penyusunan kurikulum, kita harus memperhatikan prinsip-prinsip yang dapat mewarnai kurikulum pendidikan Islam. Prinsip-prinsip tadi adalah sebagai berikut:
- Prinsip berasaskan Islam, termasuk ajaran dan nilai-nilainya. Maka setiap yg berkaitan dengan kurikulum, termasuk falsafah, tujuan-tujuan, kandungan-kandungan, metode mengajar, cara-cara perlakuan, dan hubungan-hubungan yg berlaku pada forum-lembaga pendidikan wajib menurut dalam agama dan akhlak Islam.
- Prinsip menunjuk kepada tujuan adalah seluruh kegiatan dalam kurikulum diarahkan buat mencapai tujuan yang dirumuskan sebelumnya.
- Prinsip integritas antara mata pelajaran, pengalaman-pengalaman, serta aktivitas yang terkandung di dalam kurikulum, begitu jua menggunakan pertautan antara kandungan kurikulum menggunakan kebutuhan siswa juga kebutuhan masyarakat.
- Prinsip relevansi, yaitu adanya kesesuaian pendidikan menggunakan lingkungan hidup siswa, relevansi menggunakan kehidupan masa kini dan akan dating, relevansi menggunakan tuntutan pekerjaan.
- Prinsip fleksibilitas, adalah masih ada ruang gerak yg memberikan sedikit kebebasan dalam bertindak, baik yang berorientasi dalam fleksibelitas pemilihan acara pendidikan juga pada mengembangkan program pedagogi.
- Prinsip integritas, adalah kurikulum tersebut dapat menghasilkan manusia seutuhnya, insan yg mampu menintegrasikan antara fakultas dzikir dan fakultas pikir, dan manusia yang bisa menyelaraskan struktur kehidupan dunia serta struktur kehidupan akhirat.
- Prinsip efisiensi, merupakan agar kurikulum bisa mendayagunakan waktu, tenaga, dana, dan asal lain secara cermat, tepat, memadai, dan bisa memenuhi asa.
- Prinsip kontinuitas serta kemitraan adalah bagaimana susunan kurikulum yg terdiri menurut bagian yang berkelanjutan menggunakan kaitan-kaitan kurikulum lainnya, baik secara vertikal (perjenjangan, tahapan) maupun secara horizontal.
- Prinsip individualitas merupakan bagaimana kurikulum memperhatikan perbedaan pembawaan dan lingkungan anak pada biasanya yang meliputi seluruh aspek eksklusif murid, misalnya perbedaan jasmani, watak, inteligensi, talenta serta kelebihan dan kekurangannya.
- Prinsip kecenderungan memperoleh kesempatan, serta demokratis merupakan bagaimana kurikulum dapat memberdayakan semua peserta didik memperoleh pengetahuan, keterampilan, serta perilaku yg sangat diutamakan. Seluruh peserta didik berdasarkan banyak sekali kelompok misalnya gerombolan yg kurang beruntung secara ekonomi dan sosial yg memerlukan bantuan khusus, berbakat, dan unggul berhak menerima pendidikan yg sempurna sesuai dengan kemampuan serta kecepatannya.
- Prinsip kedinamisan, adalah supaya kurikulum tidak tidak aktif, namun bisa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan perubahan sosial.
- Prinsip keseimbangan, merupakan bagaimana kurikulum dapat membuatkan sikap potensi siswa secara serasi.
- Prinsip efektivitas, merupakan supaya kurikulum bisa menunjang efektivitas pengajar yg mengajar serta peserta didik yang belajar.
C. Komponen Kurikulum Pendidikan Islam
Ahmad Tafsir (2006) menyatakan bahwa suatu kurikulum mengandung atau terdiri atas komponen-komponen : 1) tujuan ; dua) isi; 3) metode atau proses belajar mengajar, serta 4) evaluasi. Setiap komponen dalam kurikulum diatas sebenarnya saling terkait, bahkan masing masing adalah bagian integral dari kurikulum tadi.
Sedangkan komponen kurikulum dari Ramayulis meliputi:
1. Tujuan yang ingin dicapai.
Tujuan mencakup: tujuan akhir, tujuan generik, tujuan spesifik serta tujuan ad interim. Di pada Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) seorang pendidik wajib jua dapat merumuskan kompetensi yang ingin dicapai, yaitu: kompetensi lulusan, kompetensi lintas kurikulum, kompetensi mata pelajaran, serta kompetensi dasar.
Setiap tujuan tadi minimal ada 3 domain, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor. Dalam pendidikan Islam, domain afektif lebih primer menurut yg lainnya.
2. Isi Kurikulum
Berupa materi pembelajaran yang diprogram buat mencapai tujuan pendidikan yg sudah ditetapkan. Materi tadi disusun ke dalam silabus, dan dalam mengaplikasikannya dicantumkan juga dalam satuan pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.
3. Media (Sarana serta Prasarana)
Media sebagai sarana perantara pada pembelajaran untuk menjabarkan isi kurikulum agar lebih gampang dipahami oleh siswa. Media tadi berupa benda (materiil) serta bukan benda (non-materiil).
4. Strategi
Strategi merujuk pada pendekatan serta metode dan teknik mengajar yg digunakan. Dalam strategi termasuk pula komponen penunjang lainnya seperti: sistem administrasi, pelayanan BK, remedial, pengayaan, dan senbagainya.
5. Proses Pembelajaran
Komponen ini sangat penting, karena dibutuhkan melalui proses pembelajaran akan terjadi perubahan tingkah laku pada diri siswa sebagai indicator keberhasilan pelaksanaan kurikulum. Oleh karenanya, dalam proses pembelajaran dituntut wahana pembelajaran yg kondusif, sehingga memungkinkan dan mendorong kreativitas peserta didik.
6. Evaluasi
Dengan evaluasi (penilaian) bisa diketahui cara pencapaian tujuan.
D. Orientasi Kurikulum Pendidikan Islam
Pada dasarnya, orientasi kurikulum pendidikan dalam umumnya bisa dirangkum sebagai lima, yaitu orientasi pada pelestarian nilai-nilai, orientasi pada kebutuhan sosial, orientasi dalam tenaga kerja, orientasi pada siswa, serta orientasi pada masa depan dan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi.[6]
1. Orientasi Pelestarian Nilai
Dalam pandangan Islam, nilai terbagi atas 2 macam, yaitu nilai yg turun berdasarkan Allah SWT, yang disebut nilai ilahiyah, dan nilai yang tumbuh dan berkembang dari peradaban manusia sendiri yg disebut dengan nilai insaniyah. Kedua nilai tersebut selanjutnya membangun norma-norma atau kaidah-kaidah kehidupan yang dianut dan melembaga pada warga yang mendukungnya. Tugas kurikulum selanjutnya merupakan membangun situasi-situasi dan acara eksklusif buat tercapainya pelestarian kedua nilai tadi.
2. Orientasi dalam Kebutuhan Sosial
Masyarakat yg maju merupakan rakyat yg ditandai oleh munculnya berbagai peradaban dan kebudayaan sebagai akibatnya masyarakat tadi mengalami perubahan serta perkembangan yang pesat walaupun perkembangan itu nir mencapai pada titik klimaks. Hal ini Lantaran kehidupan merupakan berkembang, tanpa perkembangan berarti nir terdapat kehidupan.
Orientasi kurikulum merupakan bagaimana memberikan donasi positif dalam perkembangan sosial dan kebutuhannya, sehingga hasil di forum pendidikan bisa menjawab dan mengatasi masalah-perkara yg dihadapi warga .
3. Orientasi dalam Tenaga Kerja
Manusia sebagai makhluk biologis memiliki unsur prosedur jasmani yang membutuhkan kebutuhan-kebutuhan lahiriah, misalnya makan minum, bertempat tinggal yg layak, dan kebutuhan biologis lainnya. Kebutuhan-kebutuhan tadi wajib terpenuhi secara layak, dan keliru satu pada antara persiapan buat menerima pemenuhan kebutuhan yang layak merupakan melalui pendidikan. Dengan pendidikan, pengalaman dan pengetahuan seseorang bertambah dan bisa memilih kualitas serta kuantitas kerja seorang. Hal ini lantaran dunia kerja dewasa ini semakin banyak saingan, dan jumlah perkembangan penduduk jauh lebih pesat menurut penyediaan lapangan kerja.
Sebagai konsekuensinya, kurikulum pendidikan diarahkan buat memenuhi kebutuhan kerja. Hal ini ditujukan setelah keluar berdasarkan forum sekolah, peserta didik memiliki kemampuan dan keterampilan yg profesional, berproduktif serta kreatif, bisa mendayagunakan asal daya alam, sumber daya diri serta sumber daya situasi yg mempengaruhinya.
4. Orientasi pada Peserta Didik
Orientasi ini menaruh kompas pada kurikulum buat memenuhi kebutuhan siswa yang diubahsuaikan menggunakan talenta, minat, serta potensi yang dimilikinya, serta kebutuhan peserta didik. Orientasi ini diarahkan kepada pembinaan 3 dimensi peserta didiknya.
a. Dimensi kepribadian menjadi manusia, yaitu kemampuan buat menjaga integritas antara sikap, tingkah laris, etiket, serta moralitas.
b. Dimensi produktivitas yang menyangkut apa yg didapatkan anak didik pada jumlah yang lebih banyak, kualitas yg lebih baik sehabis dia menamatkan pendidikannya.
c. Dimensi kreativitas yang menyangkut kemampuan murid buat berpikir dan berbuat, membentuk sesuatu yg bermanfaat bagi diri sendiri serta warga .
5. Orientasi pada Masa Depan Pekembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)
Kemajuan suatu zaman ditandai oleh kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi dan produk-produk yang dihasilkannya. Hampir semua kehidupan dewasa ini nir tanggal dari keterlibatan IPTEK, mulai dari kehidupan yang paling sederhana hingga kehidupan serta peradaban yg paling tinggi. Dengan IPTEK, masalah yg rumit sebagai lebih gampang, masalah yg nir berguna menjadi lebih bermanfaat, perkara yg using serta kemudian dibumbui dengan produk IPTEK menjadi lebih menarik.
Comments
Post a Comment