CONTOH SOAL URAIAN MATERI TEKS DESKRIPSI DAN TEKS CERITA FANTASI KELAS 7 KURIKULUM 2018

Contoh Soal Uraian Materi Teks Deskripsi serta Teks Cerita Fantasi Kelas 7Kurikulum 2013


Salah satu kekurangan Buku Teks Bahsa Indonesia Kurikulum 2013 edisirevisi 2016 adalah kurangnya latihan soal yang berupa deretan soal. Meskipunada poly sekali latihan tuga yg mampu dikerjakan oleh anak didik yg bisamenggiring pengetahuan dalam buku itu, tetapi kurangnya latihan soal cukupmenyulitkan siswa serta guru.

Guru kesulitan jika harus menyusun contoh soal buat ulangan maupun penilaiantengah semester, istilah pengganti Ulangan Tengah Semester pada kurikulum2013. Maka berdasarkan itu, pada goresan pena ini diunggah beberapa model soal yg bisadigunakan sang pengajar menjadi model pada menyusun soal buat UTS/Perguruan Tinggi Swasta gasal.


Contoh soal yg terdapat pada sini diambil menurut materi Bab I yaitu TeksDeskripsi serta Bab II yaitu Teks Cerita fantasi. Contoh soal yang ada pada sinihanya menjadi pembanding. Silahkan dibaca, diunduh, serta silahkan tulis sendirisoalnya sinkron dengan syarat sekolah masing-masing.

Soal Nomor 1

Sebutkan 3 bagian struktur Teks Deskripsi!

Untuk mengerjakan soalnomor dua-lima bacalah teks deskripsi yg berjudul: Perpustakaan yg Nyaman
SMP PGRI Jenggawah memilikiperpustakaan yang terletak di antara ruang kantor serta kelas 8C. Perpustakaanini mengoleksi kitab yang lengkap. Mulai menurut buku pelajaran hingga bukubacaan yang sangat banyak dan beraneka warna.
Di dalam perpustakaan SMP PGRIJenggawah terdapat perpaduan rak kitab yg tertata rapi menyamping. Dibagian depan terdapat meja buat pustakawan. Ketika berada di bagian belakang,pengunjung ditemani gemericik air yang menentramkan, mengalir di sungaibelakang sekolah. Di belakang, ada matras yg empuk buat membaca buku. Semuasiswa mengetahui bahwa perpustakaan ini lengkap. Pustakawan pula selalu memastikansiswa bisa dilayani menggunakan baik.
Perpustakaan Sekolah Menengah pertama PGRI Jenggawahmemang loka yg nyaman buat para murid yang ingin membaca kitab .

Soal Nomor 2

Tulis kalimat yg memakai cerapan pancaindra berdasarkan teks deskripsi diatas!
a.seoalah-olah mendengar         :
b.seolah-olah mencicipi.           :
c.seolah-olah melihat.                :

Soal Nomor 3

Tulislah istilah dasar serta imbuhan empat istilah yg tercetak tebal di atas!

Soal Nomor 4

Sebutkan bagian-bagian perpustakaan yg dijelaskan pada teks deskripsidi atas!


Soal Nomor 5

Tulislah 2 istilah yg memakai kata depan di serta 2 istilah yangmenggunakan imbuhan di-!

Soal Nomor 6

Sebutkan 3 bagian struktur Teks Cerita Fantasi!

Soal Nomor 7

Teks Cerita fantasi dibagi sebagai dua jenis yaitu Fantasi Total danFantasi Irisan. Jelaskan pengertian dua jenis cerita fantasi tersebut!
Cerita Fantasi Total :
Cerita Fantasi Irisan :


Untukmengerjakan soal nomor 8-9 bacalah kutipan teks cerita fantasi berikut ini!
Sepulang sekolah, Cak Rat tergesa-gesa pergi lantaran inginmembantu ayah dan ibunya bekerja di ladang. Di tengah jalan beliau bertemu dengansegerombolan monster yg berwarna hijau. Monster hijau itu bertarung dengansegerombolan monster berwarna hitam. Awalnya Cak Rat tidak memedulikan, tetapikarena kedua kelompok monster itu mulai beringas serta merusak fasilitas umum,mulai menurut kantor kecamatan hingga puskesmas, dan sekolah. Cak Rat bergegas mengambilpensil ajaib miliknya. Cak Rat menggambar tali raksasa. Tali itu mampu mengikatmonster hijau serta monster hitam. Kedua kelompok monster itu bisa diredam olehCak Rat.


Contoh Soal Nomor 8

Berdasarkan teks fantasi pada atas, jawablah pertanyaan ini dia!
Jelaskan tabiat tokoh Cak Rat dalam teks cerita fantasi di atas! Berikanjuga alasannya adalah!

Contoh Soal Nomor 9

Tulislah bagian cerita yang adalah fantasi:

Contoh Soal Nomor 10

Tulislah Teks Cerita Fantasi dengan Judul: Alien Menyerang SMP PGRIJenggawah!

Comments