CONTOH SOAL URAIAN MATERI FABEL

Dalammenyusun sebauh rangkaian penilaian, maka wajib diperhatikan beberapa aspek.minimal taraf keterbacaan soal harus mampu dijangkau oleh masing-masing siswapeserta didik kita.

Adabeberapa hal yang sanggup ditanyakan pada materi fabel. Bisa materi teoritismaupun langsung praktif penerapan ilmu yg telah didapat selama prosespembelajaran.

Misalnyacontoh soal buat materi fabel yg paling sederhana merupakan:

Contoh Soal1:

Apa yangdimaksud dengan fabel?

Jawaban:Fabel adalah karya cerita yg seluruh tokoh pada cerita tersebut adalahbinatang.

Contoh Soal2:

Sebutkanempat struktur teks fabel!

Jawaban:Orientasi, Komplikasi, Resolusi, Koda.

Contoh-contohsoal pada atas adalah contoh soal yang nir aplikatif. Bukannya tidak bolehdigunakan. Bentuk soal untuk materi fabel seperti contoh pada atas nir melatihkemampuan menganalisis siswa. Apabila semua pertanyaan misalnya di atasmaka hanya akan melatih siswa buat sebagai mesin pengingat.

Maka adabaiknya, selain soal buat teks fabel berupa hafalan teori juga bisamenggunakan soal yg membutuhkan analisis menurut murid buat mampu menjawab.

Contoh soaluntuk sanggup membuat siswa berpikir kritis serta belajar menganalisis tampak padakumpulan soal teks fabel berikut adalah:


Bacalah kutipan fabel berikut adalah dengan seksama!



PercakapanPara Unggas



BurungPerkutut sedang terbang mencari makan. Dia terbang naik turun berdasarkan atas pohonhingga ke tanah. Begitu mendapat makanan beliau terbang lagi ke atas pohon. Darikejauhan Bebek berjalan mendekati pohon yg ada di tepi sungai.

Ketikaberpapasan, Bebek mengatakan, “lezat sekali hidupmu Perkutut, mampu terbang ke sanake mari. Sementara aku meski punya sayap nir sanggup terbang. Berjalan punpelan.”

“Janganberkata begitu, Bek.” Sahut si Perkutut, “Kamu memang tidak bisa terbang, tapikamu mampu berenang. Sedangkan saya, jangankan berenang. Berjalan menggunakan kaki punaku nir bisa.”

“Kaliankenapa bertengkar? Sudah-telah!” Jago berteriak berdasarkan kejauhan. Si Jago berlarimenuju ke arah Perkutut dan Bebek. “Jangan saling menyalahkan. Lakukan sajahidup kita, syukuri apa yang kita punya.” Burung Perkutut serta Bebek terdiammendengarkan ucapan si Jago.

Si Jagomelanjutkan ucapannya, “Bebek, kamu nir sanggup terbang. Tapi sanggup berenang danbulumu nir mampu basah meski terkena air. Kamu hebat. Bisa cari makan di dalamair. Burung, engkau memang tidak bisa jalan. Tapi bisa terbang tinggi. Bikinsarang pada pohon. Hebat jua.”  Jagoberkata sembari mencakar-cakar tanah. “Aku tidak mampu terbang, tak mampu berenang.setidaknya aku masih punya cakar yg bisa kugunakan mencari makan.”

Mendengarpenjelasan si Jago, Perkutut serta Bebek menunduk. Di dalam hati masing-masingdia bersyukur karena punya kelebihan yg sanggup digunakan buat mencari makandan menghadapi hidup.

1.latartempat terjadinya insiden fabel pada atas adalah……….
2.watak tokohAyam dalam cerita di atas adalah ……………….. Alasannya, ……………………..

3.tulislahrangkaian peristiwa fabel PercakapanPara Unggas, Lengkapi rangkaian insiden ini dia!
a.awalnya……
b.kemudian…..
c.selanjutnya…..
d.akhirnya…..

4.amanat yangbisa kita ambil berdasarkan cerita fabel di atas adalah……


Nah, apabila bentuk soalnya misalnya pada atas, maka siswa yangmengerjakan soal tadi wajib berpikir logis, berpikir kritis, akan tetapi tetapterarah. Siswa tidak begitu kesulitan waktu menghadapi soal misalnya pada ataskarena telah diberi rambu-rambu yang jelas.

Untuk Jawaban serta Pembahasan Soal uraian di atas bisa dibaca dalam artikel yg berjudul: Jawaban dan Pembahasan Contoh Soal Materi Fabel 'Percakapan Para Unggas'
Selebihnya, silahkan kembangkan bentuk soal buat bisamengukur dan melakukan penilaian supaya bisa sesuai dengan kondisi masing-masingsiswa.

Comments