CONTOH SOAL UJI KOMPETENSI GURU

Berdasarkan kabar yg dirilis pada website Direktorat Jendral Pengajar Dan Tenaga Kependidikan , dalam bulan Nopember Tahun 2015 akan diselenggaran Uji Kompetensi pengajar. Uji Kompetensi ini harus diikuti sang semua pengajar baik pengajar PNS juga Guru honorer dengan kondisi sudah memiliki NUPTK. Uji kompetensi ini bertujuan buat memetakan kompetensi guru serta melihat citra objektif pengajar serta merupakan sumber berita krusial bagi pemerintah buat menentukan kebijakan yang menyangkut materi dan struktur training yg diperlukan guru.
Hasil UKG tahun 2015 ini akan diintegrasikan dengan acara Penilaian Kinerja Pengajar serta Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan sebagaimana diamanatkan pada Permenpan dan RB Nomor 16 Tahun 2009 menjadi persyaratan kenaikan pangkat serta jabatan fungsional guru. Pengembangan keprofesian berkelanjutan dikoordinasikan sang PPPPTK menurut identifikasi peta kompetensi pengajar yg diketahui berdasarkan output UKG . UKG ini akan sebagai rencana rutin bagi guru buat mengetahui level kompetensi pengajar menjadi bahan pertimbangan aktivitas peningkatan profesi pengajar. Dengan demikian, pengajar nantinya dibutuhkan tidak resisten terhadap UKG dan akan sebagai terbiasa selalu ingin mengetahui level kompetensi melalui UKG serta senantiasa menginginkan kompetensinya buat diukur secara terjadwal.

Uji kompetensi ini sesungguhnya bukan hal yang baru. Pada tahun 2012 kemendikbud melalui BPSDMPK PMP telah melaksanakan uji kompetensi pengajar secara online terhadap guru yg sudah bersertifikat pendidik serta pula bagi pengajar yang akan mengikuti PLPG tahun 2012, 2013,2014 dan 2015.
Untuk melihat kabar mengenai Uji Kompetensi Guru, bisa dilihat pada gosip GTk yg beralamat pada  //223.27.144.195:8081/  , //223.27.144.195:8084/ . Bila anda lalu menerima tampilan page misalnya di bawah, klik saja beranda serta anda akan masuk ke page Info GTK.
Sebagai persiapan pada mengikuti uji kompetensi guru serta meskipun waktunya masih usang, tapi tidak ada salahnya bila kita mempersiapkan diri mulai dari sekarang. Bagaimanapun tidak terdapat jalan bagi kita kecuali mengikuti apa yang sudah digariskan oleh pemerintah seraya berusaha semaksimal mungkin.
Soal UKG yang dilaksanakan  tahun 2014
Bagi rekan yang membutuhkan soal-soal UKG tahun 2012 sebagai bahan buat belajar mempersipakan diri mengikuti UKG secara lengkap bisa pada download  di sini . Selain itu terdapat beberapa link buat menerima soal-soal latihan UKG yg asal dari asal lain.
1. Soal latihan UKG yg dipublikasikan sang Kurnia Septa : //www.mediafire.com/view/?Mecb2t465gtvnct
2. Soal latihan UKG yang dipublkasikan sang Sitti Nahria Saidvia :
//id.scribd.com/doc/237068990/Kunci-Dan-Soal-Ukg-Sd-Plpg-Guru-Sd-2014

Referensi: //www.harianterbit.com/hanteriptek/read/2015/08/08/37614/22/22/Kemendikbud-Uji-Kompetensi-38-Juta-Pengajar-Tahun-Ini

Comments