CONTOH SOAL PENGGUNAAN KATA DALAM KALIMAT EFEKTIF

Soal yang dibahas dalam tulisan ini diambil berdasarkan soal UN 2016. Dipiliha hanya soal yang berkaitan dengan kalimat efektif serta penggunaan katan.
Soal 1
Bacalah teks berikut!
Tanaman yg dipupuk denganpupuk sangkar ternyata lebih subur serta tahan terhadap penyakit. Daun serta bunga dalam tumbuhan yang dipupuk dengan pupuk kandang lebih banyak. Tanaman pun terlihat lebih kuat serta sehat. Tanaman yang dipupuk menggunakan pupuk kimia mempunyai daun dan bunga yang lebih sedikit. Selain itu, pupuk sangkar mampu menjaga unsur ekuilibrium unsur hara dalam tanah sebagai akibatnya tanaman tetaap menerima gizi secara seimbang. Berbeda menggunakan pupuk kimia yang bisa membuat tanah menjadi rusak.
Perbaikan kata gizi yg tepat dalam teks tersebut merupakan....
a. Nutrisi
b. Vitamin
c. Asupan
d. Kalori
Jawaban:
Yang dibahas pada teks soal pada atas adalah flora. Kata gizi umumnya digunakan buat manusia. Begitu jua dengann vitamin, serta asupan. Sementara istilah kalori umumnya digunakan buat zat yang dibutuhkan oleh manusia atau hewan. Jadi, kata yg paling sempurna buat mengubah istilah gizi pada bacaan di atas adalah kata nutrisi.
Nutrisi adalah  a. Nutrisi.
Soal 2

Perhatikan kalimat berikut!
Setelah mendapat penjelasan menurut pembina OSIS, akhirnya mereka [....] buat saling memaafkan.
Kata yang tepat buat melengkapi kalimat tersebut merupakan....
a. Bersalaman-bersalaman
b. Salam-salaman
c. Bersalam-salam
d. Bersalam-salaman
Jawaban
Kata dasar yg dipakai buat mengisi kekosongan kalimat pada atas adalah sama yaitu istilah 'salam'. Yang perlu dicari merupakan makna imbuhan yang paling sempurna. Dijelaskan pada kalimat, makna yg diperlukan adalah makna 'saling'.
Maka, imbuhan yg bermakna saling adalah jawaban yang paling tepat. Sementara dalam pilihan jawaban pada soal di atas yang paling memungkinkan merupakan b) salam-salaman serta d) bersalam-salaman.
Sementara jawaban a) bersalaman-bersalaman sudah nir mungkin. Karena tidak ada imbuhan ber-an untuk masing-masing istilah ulangnya. Jawaban c) bersalam-salam juga tidak mungkin lantaran nir dikenal istilah imbuhan tersebut.
Jawaban yg paling sempurna adalah d) bersalam-salaman karena ini adalah bentuk imbuhan kata standar. Kata salam-salaman mampu timbul pada ragam nir standar.
Soal 3
Perhatikan teks berikut!
Pelajaran Bahasa Indonesia krusial dalam rangka memeroleh tujuan pendidikan nasional. Pendidikan berdsasarkan Pancasila bertujuan untun menambahkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
Perbaikan penggunaan istilah memeroleh dan menambahkan yang tepat adalah....
a. Mencari, menumbuhkan
b. Mencapai, meningkatkan
c. Mendapatkan, menstabilkan
d. Menggapai, mengembangkan
Jawaban:
Masing-masing jawaban merupakan sinonim dari soal. Namun wajib dipiliha kata yang paling pas dan sesuai. Kata mencapai, menerima, dan menggapai adalah sinonim atau persamaan istilah memeroleh (memperoleh). 

Kata yg paling sempurna buat dirangkai menggunakan frasa tujuan pendidikan nasional adalah kata mencapai lantaran tujuan berkaitan menggunakan tempat. Tempat atau tingkat, lebih tepat apabila memakai kata dicapai daripada didapatkan. Sementara kata menggapai lebih bersifat puitis. Biasanya, menggapai digunakan buat sesuatu yg ada pada loka lebih tinggi atau tergantung. Misalnya menggapai virtual atau menggapai butir yg ada pada dahannya.
Kemudian, jawaban yg paling tepat buat menambahkan adalah kata meningkatkan. Meskipun bersinonim, istilah menambah dan meningkatkan memiliki perbedaan medan makna. Menambah berarti memperbanyak jumlahnya. Sementara meningkatkan memiliki arti satu namun ditingkatkan kualitasnya.
Contoh, Pak Anton menambah rumahnya. Berarti rumah Pak Anton bertambah satu lagi. Beda menggunakan kalimat Pak Anton semakin tinggi rumahnya. Berarti, Lantai Rumah Pak Anton bertambah akan tetapi rumahnya permanen satu.
Begitu pula menggunakan ketakwaan. Masing-masing warga negara pemeluk agama memiliki keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan yang satu. Jadi, yang perlu adalah meningkatkan ketakwaan tidak menambah ketakwaan. Kualitas ketakwaan yg ditingkatkan.
Soal 4

Perhatikan kaliamt berikut!
Bantuan pada pengunsi yang pada bentuk daripada bahan makanan sangat dianjurkan.
Perbaikan kalimat tadi adalah menghilangkan kata ....
a. Yang, daripada
b. Dalam, sanat
c. Bahan, daripada
d. Bentuk, makanan
Jawaban:

Dalam menjawab pertanyaan soal kalimat efektif seperti ini, bisa dilakukan menggunakan cara bongkar pasang jawaban. Yaitu dengan cara mencoba semua kemungkinan jawaban. Misalnya yang a. Yang dihilangkan adalah istilah yang dan kata daripada. Diaplikasikan ke pada kalimatnya menjadi:
Bantuan kepada pengungsi pada bentuk bahan makanan sangat dianjurkan.
Kalimat tersebut telah efektif. Berarti jawabannya telah sahih.
Penggunaan istilah yang bertujuan buat menyebutkan subjek sehingga nir sebagai predikat. Misalnya:
Orang yg melakukan bepergian jauh tadi disambut dengan meriah.
Orang yg melakukan bepergian jauh merupakan subjek, predikatnya adalah disambut menggunakan meriah. Jika yang dihilangkan, maka akan diperikan lagi menjadi: Orang melakukan bepergian jauh. Maka, orang merupakan subjek, selanjutnya merupakan predikat yang membutuhkan pelengkap. Misalnya: Orang melakukan perjalanan jauh buat mengambil air. Mengambil air adalah pelengkap.
Soal No 5
Bacalah kalimat berikut!
Grup pemberantasan korupsi akan memeriksa pejabat yang terduga penerima suap. Pemeriksaan ini rencanaya akan diperiksakan di gedung KPK, Jakartaa.
Perbaikan kata bercetak miring yg tepat merupakan....
a. Gerombolan , menganggap, dilakukan
b. Grup, menduga, digelar
c. Tim, diduga, dilakukan
d. Tim, diduga, diperkirakan
Jawaban:

Kata yg bercetak miring adalah grup, terduga, dan diperiksakan. 

Grup pemberantasan korupsi. Penggunaan istilah grup pada frasa tersebut tidak tepat. Grup biasanya digunakan untuk menyatakan kelompok musik. Misalnya grup band. Pilihannya antara kelompok dan tim. Kelompok mampu dipakai untuk menyatakan sekumpulan orang pada lembaga tidak resmi. Yang resmi pemerintahan dipakai Tim.
Maka, kemungkinan jawabannya adalah c, dan d. Selanjutnya, istilah terduga pasti harus diganti dengan diduga karena klausa pejabat yg terduga penerima suap merupakan klausa pasif. Maka yang sahih merupakan diduga. Yang menganggap adalah Tim pemberantasan korupsi.

Kata diperiksakan tidak sesuai lantaran telah terdapat kata periksa di awal kalimat Pemeriksaan ini rencananya akan dilakukan pada gedung KPK, Jakarta. Kata diperiksakan diganti dengan istilah dilakukan. Kareka istilah pemeriksaan yang berarti proses serta aktivitas periksa sudah ditulis pada awal kalimat.
Demikian penejelasan pemugaran istilah agar sebagai kalimat efektif. Semoga berguna. Salam Pustamun!

Comments