CONTOH SOAL MATERI TEKS FANTASI PILIHAN GANDA DAN URAIAN

Dalam sebuah pembelajaran, perlu dilakukan penilaian sekaligus latihan supaya murid mampu lebih tahu sebuah materi. Seiring perkembangan zaman yang diikuti dengan perkembangan kurikulum di sekolah materi yang diajarkan pun berubah.
Pada kurikulum 2013 edisi revisi 2016 serta revisi 2017, materi bahasa Indonesia berubah drastis, meskipun masih masih ada irisan menggunakan materi pada kurikulum taraf satuan pendidikan (KTSP 2006). Tidak hanya berdasarkan segi materi, disparitas pula sangat mencolok antara kitab teks yang beredar pada sekolah. Jika dalam kurikulum 2006 kitab teks yg tersebar sangat beragam, buat kurikulum 2013 buku teks yg dipakai sang murid seragam, satu jenis. Yang dimuntahkan sang kementerian pendidikan nasional (Kemendikbud).
Dengan seragamnya kitab teks murid, tentu latihan soal yang menjadi referensi bagi pengajar pula sangat terbatas. Meskipun masing-masing guru idealnya mempunyai kemapuan buat menyusun soal sendiri diubahsuaikan menggunakan syarat murid, tetapi adanya surat keterangan bentuk dan gaya soal niscaya akan memudahkan seorang guru dalam menyusun soal sinkron menggunakan materinya.
Selain karena kendala nir adanya kitab pembanding yg lain, dalam buku teks murid Kurikulum 2013, sama sekali nir terdapat latihan soal. Yang ada adalah latihan tahu teks. Yang banyak adalah melengkapi tabel. Selain itu, ada juga yg berbentuk soal (bahkan buku teks bahasa Indonesia kurikulum 2013 sama sekali nir menyebut soal) akan tetapi hanya melengkapi bagian yang rumpang.
Adanya poly latiha pada kitab teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 bertujuan buat melatih siswa supaya lebih tahu teks, bukan sekadar sanggup mengerjakan soal. Maka nir terdapat latihan soal apalagi model soal Semester atau Ulangan Kenaikan Kelas.
Berangkat berdasarkan kondisi itu, pada blog ini disediakan model soal materi teks fantasi. Teks fantasi yang digunakan merupakan teks fantasi yang terdapat pada kitab teks.
Contoah soal yang digunaan pada blog ini merupakan contoh soal pilihan ganda serta contoh uraian.
Contoh soal pilihan ganda 1
Bacalah kutipan cerita fantasi ini dia!
Anika menemukan tiga kotak berwarna ungu, biru, dan kuning pada kamar ibunya. Kata ibunya apabila ada tiga teman yg menyukai rona misalnya dalam kotak itu akan menerima petualangan indah dan sekaligus mendapatkan berlian itu. Tapi saat yg diberikan buat ber pe tua lang hanya satu jam. Anika menyukai rona ungu. Tamika, sahabat dekat Anika, menyukai rona biru. Dan Chika menyukai warna kuning.
“Saya ingin mencoba petualangan latif itu Bu. Saya punya teman yg menyukai rona itu,” Anika meyakinkan ibunya.
Dengan konvensi ketiga teman itu berkumpul pada tempat tinggal Anika. Minggu  pukul 6 mereka seluruh masuk ke kamar Anika yg serba Biru. Di kamar Anika serasa ada di langit.
Latar ketika pada kutipan cerita di atas terjadi dalam....
a. Pagi hari
b. Sore hari
c. Siang hari
d. Malam hari
Contoh Soal Pilihan Ganda 2

Latar tempat peristiwa ajaib terjadi di ....
a. Pada langit
b. Pada kamar ibu
c. Di kamar Anika
d. Di dalam kotak
Contoh Soal Pilihan Ganda 3

Kutipan cerita di atas adalah bagian resolusi lantaran....
a. Memperkenalkan tokoh, watak, serta latar insiden secara umum.
b. Mengungkapkan secara lebih jelasnya tabiat tokoh.
c. Terdapat pertarungan yg timbul pada insiden tersebut.
d. Pertarungan yg ada pada cerita pada atas telah diselesaikan.
Materi Tentang Teks Cerita Fantasi lainnya dapat dicermati di sini: Klik buat Mendownload Materi Teks Fantasi Lengkap
Bacalah Kutipan Cerita Fantasi Berikut ini!
Cimun adalah seorang anak yang suka membaca, tak pernah dia melewatkan seharipun waktunya buat membaca. Maka dari itu, setiap istirahat, beliau selalu berkunjung ke perpustakaan. Buku yang paling suka ia baca merupakan sejarah. Terutama mengenai sejarah nasional Indonesia, baik sejarah raja-raja dan kerajaan nusantara sampai sejarah lebih kurang perang kemerdekaan.
Kali ini beliau membaca mengenai kitab teks sejarah mengenai pemberontakan PKI di Madiun. Ketika membaca page ke-9, Cimun merasa ada yg memanggil, "Bung! Ayo sembunyi!" begitu menoleh ke belakang ternyata pada tidak ada pada perpustakaan sekolah. Dia melihat sekeliling sedang terjadi pertempuran sengit antara pemberontak PKI dan Tentara Republik Indonesia.
Contoh Soal Pilihan Ganda 4

Dari kutipan cerita di atas bisa diketahui tentang hal-hal ini dia, kecuali....
a. Nama tokoh
b. Latar peristiwa
c. Masalah yang dihadapi
d. Penyelesaian
Contoh Soal Pilihan Ganda 5

Watak tokoh pada atas memiliki watak yg suka membaca dengan alasan....
a. Tidak senang ke kantin.
b. Bisa pulang ke zaman pemberontakan PKI.
c. Selalu membaca setiap hari.
d. Sedang membaca kitab sejarah
Contoh Soal Pilihan Ganda 6

Hal ajaib (fantasi) yg masih ada pada kutipan cerita pada atas merupakan....
a. Bisa ke kantin.
b. Bisa balik ke zaman dahulu.
c. Bisa membaca buku.
d. Bisa dipanggil 'Bung'
Demikian contoh soal pilihan ganda teks fantasi. Semoga bermanfaat.
Contoh Soal uraian bisa diunduh (download) melalui link ini dia: Contoh Soal Uraian

Comments