BUDIDAYA IKAN KERAPU
Kelangsungan Hidup BenihKerapu dalam Transportasi sistem TertutupTabel 1 dapat dipandang bahwa padatransportasi sistem tertutup buat benih berukuran 4 – lima centimeter kepadatan yg optimumdengan kantong berukuran 30 x 50 cm dalam lama waktu trtansportasi 12 jam adalah 30ekor per kantong menggunakan kelangsungan hayati (SR) 95-99%; sedang selama 22 jamadalah 25 ekor per kantong (97-99%). Untukbenih berukuran lima – 6 centimeter kepadatan yang optimum menggunakan kantong ukuran 30 x 50 cmpada usang saat trtansportasi 12 jam adalah 25 ekor per kantong dengankelangsungan hayati (SR) 98-99%; sedang selama 22 jam merupakan 20 ekor per kantong(96-99%). Untuk benih ukuran 6–7 centimeter serta 7-8 centimeter acapkali mengalami hambatan kantong plastik yg bocor dankempes lantaran tertusuk tulang sirippunggung. Pada transportasi selama 12 jam kendala palstik kempes masih tidakterlalu fatal, terutama pada transportasi darat walaupun plasti kempes benihmasih bisa tertolong oleh goncangan yang mempercepat difusi oksigen.
Tabel 1. Kepadatan,ukuran ikan. Usang pengangkutan danpersen sintasan dalam transportasi benihikan kerapu bebek dengan sistem tertutup dari Bali ke perbagai kota tujuan
Ukuran panjang total benih
(centimeter)
Ukuran kantong
(centimeter)/ volume air (liter)
Kepadatan benih per kantong
(ekor)
Lama transportasi (jam)
Kota
tujuan
Alat
angkut
Sintasan (%)
Keterangan
(terdapat/tidak kantong
Plastikyang kempes)
1
2
3
4
5
6
7
8
4,0-5,0
30 / 2
30
12
Jakarta
Pesawat
93-95
Tidak
4,0-5,0
30 / 2
25
12
Jakarta
Pesawat
98-99
Tidak
4,0-4,5
30 / 2
30
22
Bengkulu
Pesawat
90-93
Tidak
4,0-5,0
30 / 2
25
22
Bengkulu
Pesawat
97-98
Tidak
5,0-6,0
30 / 2
20
12
Jakarta
Pesawat
98-99
Tidak
5,0-6,0
30 / 2
17
12
Bengkulu
Pesawat
98-99
Tidak
5,0-6,0
30 / 2
20
12
U.pandang
Pesawat
98-99
Tidak
6,0-7,0
30 / 2
15
12
Bengkulu
Pesawat
92-93
ada
6,0-7,0
30 / 2
20
12
Jakarta
Pesawat
92-93
ada
6,0-7,0
30 / 2
25
12
Lombok
Darat
98-99
ada
6,0-7,0
35 / 4
35
12
Lombok
Darat
97-99
ada
7,0-8,0
30 / 2
25
12
Lombok
Darat
92-93
Ada
7,0-8,0
35 / 4
25
12
Lombok
Darat
98-99
Ada
5,0-6,0
30 / 2
15
18
Batam
Pesawat
98-99
Tidak
4,0-4,5
30 / 2
20
18
Batam
Pesawat
98-99
Tidak
7,0-8,0
30 /2
15
12
Lombok
Darat
98-99
Ada
KelangsunganHidup Benih Kerapu pada Transportasi Sistem Terbuka
Pada transportasi terbuka semua pelakuanmenghasilkan kelangsungan hidup yang sangat tinggi (>99%). Hal ini karena kodisi kualitas air relatifstabil terutama kadar oksigen dan amoniak terlarut oleh anugerah aerasi oksigen murni danpenggantin 70-80% air laut setiap 6-8 jam (Tabel 2).
Tabel2. Kepadatan,ukuran ikan.usang pengangkutan dan % sintasan dalam transportasi benih ikankerapu bebek menggunakan sistem terbuka dariBali ke perbagai kota tujuan
Ukuran panjang total benih
(centimeter)
Volume
Bak (m3)
Alat angkut
Jumlah benih yang diangkut
(ekor)
Lama transportasi (jam)
Tujuan
Frekuensi Penggan
tian air (kali)
Kelang
sungan hidup
benih
(%)
5,0-6,0
4,0
Truk
6.000
15,0
Lombok
1,0
100,0
10,0-12,0
2,0
Truk
2.000
15,0
Lombok
1,0
100,0
12,0-19,0
2,0
Truk
900
15,0
Lombok
1,0
100,0
5,0-7,0
4,0
Truk
4.000
15,0
Lombok
1,0
100,0
15,0-17,0
4,0
Truk
2.000
72,0
Larantuka
6,0
99,5
8,0-9,0
4,0
Truk
6.000
48,0
Lampung
4,0
99,5
6,0-7,0
4,0
Truk
4.000
60,0
Lb.bajo
4,0
99,5
8,0-9,0
4,0
Truk
4.000
24,0
Dompu
2,0
99,5
Keberhasilan transportasiikan hayati selalu dipengaruhi sifat fisiologi ikan sendiri, ukuran ikan,kebugaran/mutu ikan menjelang transportasi, mutu air selama transportasi (suhumedia DO, pH, CO2. Dan ammonia), kepadatan ikan dalam wadah, teknik mobilitasidengan memakai suhu rendah atau bahan kimia dan metabolit alam dan lamapenggangkutan (Suryaningrum et al., 2001; Pipet et. Al 1982;Basyarie, 1990; Subangsinghe, 1972; Prorent, 1990; Frose. R. 1997). Padakenyataan pada melakukan aktivitas transportasi ikan hidup selalu terjadikompetisi penggunaan ruang dan pemanfaatan oksigen yg tersedia. Pengangkutandengan sistim tertutup memakai kantong plastik, nilai oksigen merupakanparameter penentu dalam transportasi ikan hidup ( Berka, 1986).
Peningkatan kepadatanmenyebabkan penurunan mutu air selama transportasi. Hal ini terlihat darikondisi visual air selama pengangkutan air media agak keruh, berlendir danRespon ikan terhadap perubahan lingkungan suhu, oksigen terlarut, sertapeningkatan metabolik ikan ditunjukkan oleh perubahan rona (Utomo dalam Suryaningrum, 2000). Pada syarat stress, ikan berubahmenjadi pucat, rona menjadi keputihan dan pola warna hilang. Apabila ikan mudahdapat menyesuaikan diri menggunakan syarat lingkungannya pola warna tadi menggunakan cepatakan normal kembali.
Pada dasarnya keberhasilankegiatan pengangkutan benih ikan kerapu bebek tidak terlepas kaitannya daricara penanganan benih ikan semenjak sebelum dikemas sampai hingga loka tujuan,tetapi yg lebih penting lagi menurut semuanya itu merupakan cara mempertahankanagar kualitas fisiko-kimia air media selama pengangkutan supaya lebih stabilsehingga dibutuhkan bisa mendukung dan menjaga kesehatan benih yang sedangdiangkut.
Hasil pengamatan terhadapsuhu media selama pengangkutan terlihat peningkatan pada suhu air akhirpengangkutan berkisar antara 24-25oC. Dalam transportasi ikan hidupsuhu memegang peranan krusial didalam mengendalikan tingkat metabolisme ikan,pada suhu tinggi aktivitas dan metabolisme ikan meningkat. Oleh karena itu suhurendah dipertahankan selama mungkin untuk menekan metabolisme serta aktifitasikan selama transportasi. Sehingga ikan dapat diangkut selama mungkin. MenurutUtomo dalam Suryaningrum et al. (2000) suhu ideal yg berpeluanguntuk transportasi ikan kerapu berkisar antara 17 – 21oC. Tabel 3menunjukkan bahwa suhu sehabis pengangkutan selama 18 jam transportasi suhumedia homogen-homogen 25oC. Menurut Wibowo et al. (1997) dalam suhu21-27oC cenderung terjadi peningkatan metabolisme sebagai akibatnya respirasi meningkatkanekskresi ammonia.
Kandungan oksigen terlarutmenunjukan penurunan menggunakan makin meningkatnya taraf kepadatan dan usang waktutransportasi. Hal ini membuktikan bahwa taraf konsumsi oksigen sangatdipengaruhi oleh faktor kepadatan sebagai akibatnya berdasarkan kajian tersebut dapatdisimpulkan bahwa peranan faktor kepadatan mempunyai hubungan positif terhadaptingkat pemanfaatan oksigen, ialah meningkat kepadatan taraf konsumsioksigen akan menjadi lebih tinggi demikian kebalikannya.
Kelarutan oksigen padasaat pengepakan yaitu 6,dua mgO2,/liter, selanjutnya pada merupakan 3-4 mgO2/liter,ini berpengaruh terhadap aktivitas fisiologi ikan. Menurut Rammerswaal (1993)kelarutan oksigen yg rendah didalam air akan menyebabkan warna ikan menjadipucat, kegiatan ikan lamban, kadang-kadang ikan naik kepermukaan. Lebih lanjutUtomo dalam. Suryaningrum et al. (2000) pada penelitianyamenyatakan bahwa kelarutan
oksigen sebesar tiga,47 mgO2/liter menyebabkan ikan gelisah, warna sebagai pucat, aktifitas lamban.
Kandungan amonia setelahtransportasi semakin tinggi menggunakan meningkatnya kepadatan. Kandungan amonia padaakhir transportasi berkisar 8-11 mg/liter, tetapi kandungan NH3 amonia tersebutbelum bersifat racun atau mematikan ikan terlihat dari sintasa ikan masihtinggi. Hal ini lantaran ammonia yang dianalisa dalam bentuk amonium (NH4+),sebagai akibatnya daya racun nir begiru bertenaga. Meningkatnya kandungan amonia dalam airini dapat dari dari hasil metabolisme pemecahan protein menjadi amonia olehbakteri (Remmarswaal, 1993). Tingginya kandungan amonia pada air menyebabkanpengeluaran amonia dalam darah dan jaringan tinggi. Hal ini mengakibatkan pHdalam darah naik. Keadaan ini menyebabkan meningkatnya konsumsi oksigen olehikan, sementara kelarutan oksigen dalam media semakin menurun, sehinggaakhirnya menyebkan kematian ikan.
Comments
Post a Comment