BIOLOGI FUNGSI ALAT TUBUH PADA TUMBUHAN PERNAPASAN PADA TUMBUHAN

Pernapasan Pada Tumbuhan

A. Tujuan

Setelah menyelidiki Kegiatan Belajar 1 ini, Anda diharapkan bisa:
  1. Menuliskan kembali proses pernapasan dengan benar
  2. Menjelaskan sistem pernapasan pad tanaman tingkat tinggi
  3. Menjelaskan sistem pernapasan pada tumbuhan tingkat rendah
  4. Menunjukan fakta bahwa tanaman melakukan kegiatan bernapas
  5. Menyebutkan hasil primer menurut proses pernapasan.
B. Pokok Materi
  1. Proses Pernapasan (Respirasi)
  2. Pernapasan dalam Tumbuhan Tingkat Tinggi
  3. Pernapasan dalam Tumbuhan Tingkat Rendah
C. Uraian Materi

1. Proses Pernapasan (Respirasi)

Salah satu ciri berdasarkan makhluk hidup adalah bernapas. Dengan demikian, selama flora serta fauna hidup, selama itu jua melakukan proses pernapasan. Sehingga nir heran jikalau warga pada biasanya acapkali menggunakan kata "telah menghembuskan napas yg terakhir" sebagai kata lain dari wafat atau mangkat global.

Dalam hayati, istilah pernapasan atau respirasi memiliki dua pengertian. Yang pertama, respirasi sel atau proses oksidasi dn yg kedua artinya respirasi eksternal yg lebih  umum dikenal dengan pertukaran gas oksigen (O₂) dan karbondioksida (CO₂) antara organisme dengan lingkungannya.

Dengan menggabungkan ke 2 pengertian tersebut bisa kita katakan bahwa pernapasan merupakan masuknya gas oksigen ke dalam tubuh organisme buat suatu proses oksidasi atau pembakaran lalu diikuti sang gas karbondioksida dah output sampingannya berupa uap air.

Hasil primer menurut proses pernapasan adalah energi. Energi yg merupakan hasil pembakaran digunakan untuk segala aktivitas hidup organisme. Bahan yg umunya dibakar atau dioksidasi adalah karbohidrat, persamaan kimia dari suatu proses respirasi yaitu C₂H₁₂O₆+6O₂ ➔ 6H₂O + 6CO₂ + Energi. Degan melihat persamaan tadi, tampak bahwa proses respirasi atau pernapasan adalah reaksi kebalikan dari proses fotosintesis.

Proses pernapasan ini baik pada hewan juga dalam tumbuhan terjadi sepanjang siang dan malam.

2. Pernapasan dalam Tumbuhan Tingkat Tinggi

Pada tanaman tingkat tinggi, udara ke luar masuk melalui stomata (lisan daun) dalam daun atau lentisel (ekspresi kulit batang) dalam batang. Oksigen masuk ke sel-sel flora dan karbondioksida ke luar berdasarkan sel-sel tumbuhan langsung secara difusi.



Selain dalam daun dan btg, akar yg ada di pada tanah pula melakukan pernapasan. Karena itu umumnya flora nir akan hidup dengan baik bila tanahnya pada (sebagai akibatnya tidak ada udara di antara butir-buah tanahnya) atau tanahnya tergenang air.

Sekarang anda tahu, mengapa para petani selalu menggemburkan tanah pertaniannya. Dalama kehidupan sehari-hari kita temui adanya cacing tanah yg hayati pada tanah-tanah tertentu.

Apakah adanya cacing tanah dapat merugikan atau justru bisa menguntungkan para petani? Jelaskan mengapa demikian?

Timbuh-flora taraf tinggi, ada juga yang mempunyai alat pernapasan khusus berupa rongga udara di dalam batangnya. Alat khusus ini umumnya dimiliki sang flora yg hidup pada air misalnya padi, kangkung dan eceng gondok.

Beberapa anggrek yg epifit (menempel dalam tumbuhan lain) memiliki akar napas, yaitu akar yg digunakan buat bernapas. Akar-akar ini bergantungan pada udara.

Beberapa jenis pohon lain memiliki akar spesifik untuk bernapas, misalnya pohon beringin (memiliki akar gantung) dan pohon bangkai (mempunyai akar tiang).

Tumbuhan yg hidup pada dalam air, contohnya Hydrilla, nir mempunyai mulut daun. Gas-gas yg diharapkan buat pernapasan masuk ke dalam tubuh melalui seluruh bagian atas tubuhnya secara difusi.

Untuk pertanda adanya pernapasan dalam tumbuhan dapat dilakukan percobaan dengan memakai air kapur yg ditempatkan pada sebuah botol dan flora yang dimasukan ke pada botol air kapur tersebut. Jika air kapur berubah menjadi keruh berarti ada proses pernapasan. Air kapur akan bereaksi menggunakan karbondioksida sebagai akibatnya larutan air kapur tadi menjadi keruh. Untuk detail lakukan aktivitas berikut adalah:

  1. Sediakan dua buah botol, kain kasa-air kapur dan tutup botol. Berilah pertanda pada masing-masing botol, contohnya botol A serta B.
  2. Susunlah indera-alat tadi seperti dalam gambar 1.tiga pada gambar A, kain kasa berisi tanaman (kecambah) sedangkan pada botol B kain kasa nir berisi tanaman .
  3. Letakan ke 2 botol tadi dalam tempat yg gelap selama ±1 jam
  4. Amati air kapur yg terdapat pada botol A dan B
  5. Apa yg terjadi pada botol A serta Botol B? Apa konklusi Anda berdasarkan aktivitas ini. 

3. Pernapasan pada Tuumbuhan Tingkat Rendah

Pada tumbuhan tingkat rendah yg berhijau daun (berklorofil), oksigen diambil dan karbondioksida dimuntahkan melalui selaput sel secara difusi.

Untuk mendapatkan tenaga, fungi ragi nir melakukan pernapasan dengan memakai oksigen bebas, namun menggunakan oksigen terikat dalam molekul lain atau unsur lain menggunakan donasi enzim (fermen) dalam menguraikan zat terapung menjadi alkohol serta karbondioksida.

      Zat tepung ------------------> alkohol + karbondioksida + Energi


Kemampuan ragi atau bakteri-bakteri lain untuk mengadakan fermentasi ini, nir saja dimanfaatkan buat pembuatan tape, namun pula buat pembuatan alkohol, minuman beralkohol, roti serta sebagainya.

D. Kata-istilah Penting

Pernapasan Aerob : pernapasan menggunakan memakai oksigen

Pernapasan Anaerob : pernapasan tanpa menggunakan oksigen bebas
Difusi  :  perpindahan zat berdasarkan konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah tanpa melalui membran semipermiabel.
Oksidasi  : proses pembakaran dengan menggunakan gas
Epifit  :  hidup menempel pada flora lain
Energi  :  tenaga
Fermen  :  enzim
Konsentrasi  :  kepekatan
Lentisel  :  ekspresi kuning batang
Respirasi  :  pernapasan
Respirasi sel  :  pernapasan
Respirasi eksternal  :  pertukaran gas antara organisme dengan lingkungannya.
Stomata  :  ekspresi daun
Fotosintesis  :  proses penyusunan kuliner dengan bantuan energi cahaya yang dilakukan oleh tumbuh-flora yang memiliki zt hijau daun (klorofil).  

E. Rangkuman


Alat pemukul yg terdapat dalam tumbuhan bersel poly serta sebagian akbar terjadi melalui pembuluh. Tumbuhan mengeluarkan residu-sisa pembakaran melalui stomata (mulut daun) serta bagian eksklusif.


F. Latihan/ Soal-soal

  1. Uraikan dengan istilah-kata sendiri, apa yg dimaksud dengan proses pernapasan.
  2. Berapa jenis flora tinggi yg mempunyai bagian khusus buat melakukan pernapasan. Sebutkan bagian-bagian spesifik tadi beserta contoh tumbuhannya, masing-masing 2 buah
  3. Tuliskan perbedaan peristiwa pengambilan oksigen antara tumbuhan tingkat tinggi menggunakan tumbuhan tingkat rendah yang berklorofil
  4. Mengapa pohon tomat akan meninggal apabila tanah tempat tumbuhnya tergenang air
  5. Coba anda analisis. Apakah eksistensi cacing tanah dalam tanah pertanian merugikan atau menguntungkan bagi petani.

Baca pula Pembahasan  Alat Pengangkutan Tumbuhan !!

Comments