BELAJAR MERAKIT PANEL MOTOR LISTRIK 3 PHASE PANDUAN LENGKAP PART3

Bagaimana Cara Merakit Panel Motor Listrik 3 Phase, Berikut Panduan lengkapnya! [Part-3]
Bagi anda yang ingin belajar sedikit pengetahuan tentang bagaimana cara merakit panel Motor listrik tiga-phase, maka pada kesempatan kali ini kita akan coba memberikan sedikit penjelasan lanjutan tentang bagaimana cara merakit panel Motor listrik 3 Phase, dan Artikel ini sudah memasuki Bagian ketiga [Part-3], Oleh karena itu apabila anda belum membaca artikel sebelumnya, sebaiknya anda ikuti terlebih dahulu artikel tentang:
Belajar Merakit Panel Listrik tiga Phase, Part-1
Belajar Merakit Panel Listrik 3 Phase, Part-2
Artikel mengenai Cara merakit Panel Listrik tiga Phase, Part-3 ini adalah kelanjutan dari 2 Artikel sebelumnya Part-1 dan Part-2, dan hanya menjadi pelengkap atau tambahan pengetahuan Mengenai Panel listrik 3 Phase serta melengkapi Bagaimana Belajar merakit Panel Listrik.
Artikel kali ini, bertujuan buat melengkapi, serta lebih mendalami tentang cara merakit panel listrik, menggunakan dasar yang utama berawal dari Pemahaman fungsi NO dan NC yang ada pada setiap komponen panel listrik.

Belajar Merakit Panel Motor Listrik tiga Phase, Part-3


Pemahaman fungsi NO-NC
Sistem kerja Panel Listrik buat Motor Listrik 3 Phase, nir sanggup terlepas dari fungsi NO serta NC, yg selalu ada di Setiap Komponen-komponen Panel Listrik, dan Ini adalah Hal terpenting buat bisa merakit Panel motor listrik maupun panel-panel listrik lainnya.
Komponen-Komponen Panel Listrik
Setiap Komponen Panel Listrik, Bekerja menurut Prinsip kerja NO dan NC, dan pengembangan penggunaannya bisa lebih luas serta dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan pemahaman kita tentang fungsi dan prinsip kerja NO serta NC menurut aneka macam Komponen yang ada.
Mengenal Fungsi Kontaktor, Push Button, NO dan NC

Sebagai Contoh MCCB (Moulded Case Circuit Breaker), berfungsi menjadi Pengaman menggunakan sistem kerja waktu terjadi Over Current, maka secara Otomatis, MCCB akan menetapkan rangkaian Listrik.
Prinsip kerja MCCB sebagai Pengaman arus Lebih ini, sanggup mengkategorikan sama dengan Prinsip kerja NC (Normally Close), dalam keadaan Normal syarat rangkaian tersambung (Close), kemudian waktu terjadi gangguan Arus lebih (Over Current), maka rangkaian MCCB akan terputus (Open).
Begitu jua menggunakan berbagai Komponen atau Alat listrik lainnya, yg bekerja berdasarkan Prinsip kerja NO (Normally Open), maupun NC (Normally Close).
Dari pemahaman tentang bagaimana prinsip kerja NO dan NC menurut aneka macam komponen Panel Listrik inilah, sanggup dikembangkan aneka macam sistem rangkaian Panel Listrik, maupun sistem Otomatis lainnya.
Berbagai Sistem rangkaian Panel bekerja secara Otomatis, berawal berdasarkan prinsip kerja NO/NC, dan dapat diadaptasi menggunakan kebutuhan berbagai jenis pengoperasian Motor Listrik dan Mesin-mesin lainnya.
Sebagai Contoh:
Jika kita ingin menciptakan Rangkaian Sederhana, sistem otomatis perpindahan Listrik dari PLN ke Genset atau kebalikannya listrik Genset ke PLN, bila kita sudah memahami fungsi berdasarkan berbagai komponen panel Listrik, serta Memahami prinsip kerja NO dan NC pada komponen tadi, maka kita dapat menggunakan mudah membuat rangkaian Panel ini yang biasa diklaim menggunakan panel ATS (Automatic Transfer Switch).
Lakukan beberapa percobaan buat memahami lebih jauh mengenai prinsip kerja NO serta NC, dengan memakai 1 buah Magnetic Contactor, dan menciptakan berbagai rangkaian yg tidak sama sesuai menggunakan kebutuhan serta harapan kita. (Yang perlu diperhatikan dalam melakukan banyak sekali percobaan ini, adalah Pastikan Kabel Power Phase tidak terhubung menggunakan Kabel Netral), lantaran hal ini akan menyebabkan terjadi Korsleting (Short Circuit).
Dengan membaca memahamai Artikel mengenai "Belajar Merakit Panel Motor Listrik 3 Phase menurut mulai Part-1, dua serta 3", semoga anda sudah bisa Merakit Panel Motor Listrik sendiri, bahkan lebih berdasarkan itu, dapat menciptakan rangkaian-rangkaian lainnya sinkron kebutuhan di lapangan.
Semoga berguna!
CARA FLEXI

Comments