8 CIRI CIRI IKAN SEGAR

8 Ciri - Ciri Ikan Segar  - Ikan merupakan keliru satu makanan yg cepat rusak, karena kandungan protein yang sangat tinggi menyebabkan bau busuk yg menyengat. Untuk keperluan konsumsi disarankan buat memilih ikan benar-sahih segar, di samping cita rasanya akan lebih baik, kandungan proteinnya pun lebih indah. 

Banyak orang yg belum bisa membedakan antara ikan yg segar serta ikan busuk. Lantaran mereka tidak mengerti serta mengetahui karakteristik ciri ikan segar serta ciri ciri ikan busuk.

Berikut disparitas antara ikan segar serta ikan busuk serta ciri cirinya :

8 Ciri - Ciri Ikan Segar 

1. Mata

Ciri karakteristik ikan segar dari mata dimana secara fisik mata ikan segar diantaranya :

- Cerah, Putih serta hitam dalam mata terlihat nampak

- Bening, Mata ikan segar bening tanpa terdapat cacat
- Nampak Mata Ikan menonjol Atau mata ikan segar cenderung ke luar


2. Insang

Ciri karakteristik ikan segar menurut Insang berdasarkan pengamatan maka akan nampak warna dalam insang merah serta tertutp lending bening. Jika rona insang telah berubah coklat maka pada pastikan ikan tersebut sudah busuk.

3. Warna

Sekilas Warna ikan 

4. Bau Ikan


5. Daging


6. Sisik ikan



7. Dinding Perut Ikan




8. Keadaan Tubuh ikan


Untuk Semua karakteristik ciri tadi pada akhir nya akan menyebabkan kemunduran mutu ikan serta buat menjaga ikan agar permanen segar maka nelayan pada wajibkan buat mengetahui serta mengerti bagaimana menjaga serta mempertahankan Mutu Ikan.

Selain Hal fisik Di atas Untuk mengetahui Tentang Kesegaran Ikan Bisa Menggunakan Parameter Kesegaran Ikan menggunakan Lengkap.


Sumber : Modul Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan Baca Juga Penyuluh Perikanan serta Komunitas Perikanan
Semoga Bermanfaat...

Comments