7 JENIS KERUSAKAN YANG ADA PADA KAPAL FIBER

7 JENIS KERUSAKAN YANG ADA PADA KAPAL FIBER - Kapal Fiber pula mampu mengalami hal kerusakan. Dimana menggunakan Kita Mengetahui akan hal kerusakan maka menggunakan sendirinya pemilik kapal mampu buat memperbaikinya.

7 JENIS KERUSAKAN YANG ADA PADA KAPAL FIBER


Jenis Kerusakan dalam kapal fiber sangat banyak serta dengan kita mengetahui akan kerusakan setidaknya akan mempermudah serta memperlancar aktivitas pada hal perawatan kapal berbahan fiber.
Jenis jenis Kerusakan yang terdapat dalam kapal berbahan fiber diantaranya 

1.  kerusakan kapal fiberglass akibat Kebocoran badan Kapal

Kebocoran adalah tipe kerusakan kapal fiberglass yang tak jarang ditemui. Tabrakan menggunakan kapal lain, benda asing dilaut, atau dok yang sulit ditemukan  oleh operator karena nir terdengar saat menabrak objek tersebut karena suara bising mesin. 

Biasanya kebocoran atau grounding akan diketahui minimal dengan inspeksi visual berdasarkan kerusakaan yg dicurigai. Pertanyaan selanjutnya merupakan bagaimana buat bagian yang nir bisa di inspeksi dengan visual? 

Maka hal yang wajib dilakukan merupakan menggunakan teknik tapping, menandai daerah yg dicurigai terjadi kerusakan, bila telah konfirm maka langkah selanjutnya merupakan membuat lubang mini buat dilakukan perbaikan.

Untuk mengatasi kebovoran kapal akibat menabrak benda asing adalah memeriksa kapal setiap kali menabrak benda asing, serta jangan memakai mesin yg lebih besar daripada yang disarankan dikarenakan getaran yang lebih besar serta berat kapal. Jika ditemukan kerusakan yg nampak dipermukaan kapal maka secepatnya dilakukan pemugaran.
2.  Delaminasi (antara lapisan atau skin ke inti pengikat)

Delaminasi diantara laminasi nir bisa ditinjau secara visual, meskipun kadang-kadang panel akan lebih “lunak” waktu terkena beban. 

Pngetukan atau ultrasonic sebagai keliru stau cara buat mengetahui jenis kerusakan ini. 


Pengetahuan tentang konstruksi serta struktur interior adalah nilai menurut NDE buat mendeteksi kerusakan delaminasi dalam kapal FRP. 

Sebelum menginvestigasi kerusakan deliminasi maka yang harus kita ketahui adalah berapa permission buat delaminasi atau berukuran void yg diijinkan. Secara sederhana satu inch diameter delaminasi tidak akan berpangaruh signifikan terhadap performa konstruksi

Baca Juga ; Perbaikan Kapal Berbahan FIber Glass

3. Fracture atau Debonding penegar internal, sekat serta sambungan

Penegar internal menarik beban serta masih ada konsentrasi beban. Hal ini sebagai hal yang bagus lantaran beban yang diterima oleh badan kapal di teruskan ke penegar (karena apabila badan kapal yang rusak maka kapal akan tenggelam). 

Hal buruknya adalah penegar ini tidak selalu bisa diakses buat pemeriksaan visual dikarenakan terdapat interior serta finishing yang dipasang di kapal yg menambah keindahan kapal FRP. Sering penegar yang rusak diketahui sang tegangan retak yg terlihat berdasarkan panel yg ditumpunya.
4. Kegagalan Sambungan Geladak

Sambungan dek yang ditujukan pada beban hull menyeluruh dan jua wajib tahan dalam docking. Area ini jua adalah sebagai kunci cek point penjaminan mutu selama pembangunan kapal. Sebagai keliru satu titik kritis dimana pengikat mekanik dan adhesive di bangun serta pada desain. 

Kerusakan pada sambungan dek umumnya terlihat pada exterior namun mencari menggunakan metode intrusi air juga cukup membantu. Dikarenakan geometri berdasarkan sambungan dek yg relatif komplek, beberapa teknik NDE tidak cocok dalam investigasi kegagalan dalam sambungan dek

5.  Air yg masuk kedalam core.

Air yang masuk kedalam core dari laminasi sandwich sulit buat diamati. Penyebab menurut adanya air yg masuk ke dalam core biasanya terjadi dikarenakan waktu membuat lubang menurut hull kapal, dan kemudian menutupnya umumnya nir paripurna sebagai akibatnya mengakibatkan air bisa masuk kedalam core. 

Jika dipakai dengan benar, meteran kelembaban dapat mengindikas variasi kelembaban dalam laminasi. Pencitraan termografik dengankamera infra merah sangat berguna untuk menentukan lokasi menurut air yang terperangkap pada pada laminasi sandwich.
6. Crack pada Gelcoat

Gelcoat yang baik akan meningkatkan nilai jual kapal, lantaran semakin bagun penampilan gel coat maka pembeli akan semakin tertarik. Berbdeda dengan metal, crack pada fiberglass jarang merambat melalui ketebalan dari laminasi yang nantinya akan menyebabkan kerusakan. 

Gel coat rusak dalam level regangan yg rendah dibandingkan menggunakan struktur laminasi, sehingga tegangan pada gelcoat mengalami keretakan yang secara definisi adalah bagian atas laminasi, pemeriksaan visual merupakan cara paling efektif buat teknik NDE, kadang-kadang penggunaan dye penetran juga mampu dipakai buat meyakinkan inspeksi visual.
7. Cacat diakibatkan oleh manufaktur

Sebagian akbar kerusakan kapal fiberglass dampak manufaktur bisa ditemukan melalui inspeksi visual yang cermat. Hal ini merupakan termin penting yg harus dilakukan sebelum element strukturan ditutup sang interior. 

Galangan yg sadar akan pentingnya inspeksi tersebut dapat meminimalkan klaim garansi pada masa yg akan tiba dan menaikkan nama perusahaannya. Pada kerusakaan ini bisa dilakukan inspeksi memakai infra merah yg dpaat menampakan ronggra dibawah gel coat.

Comments