RPP GERAKAN LITERASI SEKOLAH GLS KELAS 4 TEMA 6 7 8 9 KURIKULUM 2018

RPP Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Kelas 4 Tema 6, 7, 8, 9  Kurikulum 2013

RPP Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Kelas 4 Tema 6, 7, 8, 9  Kurikulum 2013 - Secara garis akbar bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah aktivitas penyusunan sebuah rencana pembelajaran yg dikerjakan sebelum melaksanakan proses belajar mengajar (pada global pendidikan).

Namun sebelum kami membagikan materi yang berhubungan dengan rencana aplikasi Pembelajaran (RPP) Gerakan Literasi Sekolah yang sering disingkat GLS, terlebih dahulu kami paparkan Panduan Gerakan Literasi Sekolah SD sebagai berikut.

Gerakan Literasi Sekolah yang digagas serta dikembangkan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar serta Menengah adalah kepedulian atas rendahnya kompetensi siswa Indonesia dalam bidang matematika, sains, dan membaca. Data penelitian dalam Progress International Reading Literacy Study (PIRLS) tahun 2011 menerangkan bahwa kemampuan anak didik Indonesia pada memahami bacaan berada di bawah rata-rata internasional. Melalui penguatan kompetensi literasi, terutama literasi dasar, siswa diharapkan bisa memanfaatkan akses lebih luas dalam pengetahuan agar rendahnya peringkat kompetensi tadi dapat diperbaiki.
Kompetensi literasi dasar (menyimak-berbicara, membaca-menulis, berhitung-memperhitungkan, serta mengamati-menggambar) sudah selayaknya ditanamkan semenjak pendidikan dasar, lalu dilanjutkan dalam jenjang pendidikan yg lebih tinggi supaya siswa bisa menaikkan kemampuan buat mengakses fakta serta pengetahuan. Selain itu, siswa mampu membedakan liputan yg berguna serta nir bermanfaat. Hal itu lantaran literasi mengarahkan seseorang pada kemampuan memahami pesan yang diwujudkan pada banyak sekali bentuk teks (lisan, tulis, visual).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti, keliru satunya, mengenai kegiatan membaca buku nonpelajaran selama 5 belas mnt sebelum ketika belajar dimulai. Kegiatan tersebut adalah upaya menumbuhkan kecintaan membaca pada peserta didik dan pengalaman belajar yang menyenangkan sekaligus merangsang khayalan. Sebagai keliru satu desain induk penumbuhan budi pekerti, Gerakan Literasi Sekolah perlu melibatkan para pemangku kepentingan secara terprogram dengan satu tujuan agar peserta didik, terutama di tingkat pendidikan dasar, sebagai manusia berbudaya literasi. Untuk itu, perlu diterbitkan buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SD.

Panduan ini merupakan rujukan bagi pemangku kepentingan pada tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, satuan pendidikan, dan warga pada melaksanakan kegiatan literasi yg terintegrasi serta efektif.

Adapun beberapa penjelasan mengenai gerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah:

Pengertian Literasi

Pengertian Literasi Sekolah pada konteks GLS adalah kemampuan mengakses, memahami, dan memakai sesuatu secara cerdas melalui banyak sekali kegiatan, diantaranya membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara.

Gerakan Literasi Sekolah
GLS adalah sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh buat menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yg warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

Tujuan

1. Tujuan Umum
Menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yg diwujudkan dalam Gerakan Literasi Sekolah supaya mereka sebagai pembelajar sepanjang hayat.

2. Tujuan Khusus
  • Menumbuhkembangkan budaya literasi pada sekolah.
  • Meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah supaya literat.
  • Menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan serta ramah anak supaya masyarakat sekolah sanggup mengelola pengetahuan.
  • Menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan majemuk buku bacaan serta mewadahi banyak sekali taktik membaca.

Ruang Lingkup
  1. Lingkungan fisik sekolah (fasilitas dan sarana prasarana literasi).
  2. Lingkungan sosial dan afektif (dukungan dan partisipasi aktif seluruh warga sekolah).
  3. Lingkungan akademik (program literasi yang menumbuhkan minat baca serta menunjang aktivitas pembelajaran pada SD).

Sasaran
Sasaran Panduan GLS adalah pendidik, ketua sekolah, dan energi kependidikan pada SD.

Target Pencapaian Pelaksanaan GLS pada SD
GLS di Sekolah Dasar membentuk ekosistem pendidikan di Sekolah Dasar yang literat. Ekosistem pendidikan yg literat merupakan lingkungan yg:
  1. menyenangkan dan ramah siswa, sebagai akibatnya menumbuhkan semangat warganya pada belajar;
  2. semua warganya memperlihatkan empati, peduli, serta menghargai sesama;
  3. menumbuhkan semangat ingin memahami serta cinta pengetahuan;
  4. memampukan warganya cakap berkomunikasi dan bisa berkontribusi kepada lingkungan sosialnya; dan
  5. mengakomodasi partisipasi semua masyarakat sekolah serta lingkungan eksternal Sekolah Dasar.

Untuk melengkapi penjelasan pada atas, maka dalam pembelajaran Kurikulum 2013 khususnya pada SD telah diterapkan dan masuk pada Subtema pada masing-masing tema dalam Buku Pegangan Guru serta Siswa. Akhirnya pada kesempatan kali ini pula kami bagikan materi RPP Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sekolah Dasar kelas 4 Semester 2 yg pribadi dapat didownload dalam menu berikut ini:
Demikian dan semoga materi RPP Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Kelas 4 Tema 6, 7, 8, 9  Kurikulum 2013 dapat dimanfaatkan oleh semua pihak yang membutuhkan dan kebetulan bertepatan pula berkunjung di blog kami ini.
Baca juga: RPP Gerakan Literasi Sekolaj (GLS) Lainnya
bagi rekan yg belum mempunyai file tersebut di atas silahkan dibagikan atau bagikan ulang pada dunia internet ketika ini.

Comments