APLIKASI CETAK RAPORT K13 KELAS 5 SEMESTER 2 REVISI 2018

AplikasiCetak Raport K13 Kelas lima Semester 2 Revisi 2017

Laporan Pendidikan yang seringkali kita sebut raport mempunyai fungsi yang relatif krusial, yaitu; baik bagi siswa, orang tua, guru kelas/wali kelas.

Laporan Pendidikan atau juga lebih akrab dipanggil Raport itu sendiri merupakan galat satu pertanggungjawaban sekolah terhadap masyarakat tentang kemampuan yg sudah dimiliki peserta didik yang berupa sekumpulan output evaluasi.kegiatan penilaian dilakukan melalui pengukuran atau pengujian terhadap siswa sehabis mengikuti proses pembelajaran pada suatu unit eksklusif. Untuk memperoleh fakta yang akurat evaluasi harus dilakukan secara sistematik dengan memakai prinsip evaluasi.

Seperti yg tercantum pada pasal 25 (4) Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menyebutkan bahwa kompetensi lulusan meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ini berarti bahwa pembelajaran dan penilaian perlu berbagi kompetensi peserta didik yg herbi ranah afektif (sikap), kognitif (pengetahuan), dan psikomotor (keterampilan) (baca; Penilaian Psikomotorik)
Berikut ini merupakan fungsi kitab raport :
  1. Bagi Peserta didik: Mengetahui kemajuan output belajar diri, konsep-kosep atau teori-teori yang belum dikuasai, Memotivasi diri buat belajar lebih baik, Memperbaiki strategi belajar
  2. Bagi Orang Tua: Mengetahui perkembangan anaknya sehingga orang tua dapat membantu anaknya belajar, memotivasi buat menaikkan output belajar dan melengkapi fasilitas belajar di tempat tinggal .
  3. Bagi Guru Mata Pelajaran: Sebagai feedback pula evaluasi digunakan guru buat mengetahui kekuatan dan kelemahan peserta didik dalam satu kelas. Hasil evaluasi wajib dapat mendorong pengajar supaya mengajar lebih baik, dan membantu pengajar buat menentukan strategi mengajar yg lebih sempurna.
  4. Bagi Pengajar Kelas/Wali Kelas: Melalui raport guru kelas/wali kelas dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan siswa dalam kelas yang diampunya pengajar kelas/wali kelas dapat memilih strategi pada pengelolaan kelas yang menjadi tanggung jawabnya misalnya dengan menata ulang pengaturan tempat duduk, pembagian anggota grup belajar serta langkah strategis lainnya buat membantu siswa menaikkan kompetensi peserta didik atau membantu mengatasi kesulitan blajar siswa yang lemah.

Melalui nilai raport inilah banyak hal yg bisa dilakukan seseorang guru kelas/wali kelas, orang tua maupun siswa itu sendiri, serta diharap bisa mempererat kerjasama antar pihak sekolah serta orang tua sehingga apa yang kita harapkan buat menjadikan putra/putri kita yg sarat menggunakan Iptek dan Imtaq bisa terwujud.

Seiring perkembangan kurikulum dalam bidang Pendidikan tentu akan merubah beberapa aspek administrasi pendidikan dalam jenjang Pendidikan Dasar serta Menengah, Kurikulum 2013 adalah produk baru pada dunia pendidikan kita menggantikan kurikulum 2006 (KTSP), kurikulum 2013 mulai diberlakukan sejak tahun 2014, lambat laun namun niscaya dibutuhkan semua sekolah mengikuti perkembangan tadi yaitu melaksanakan pembelajaran menggunakan memakai kurikulum  2013.

Banyak diantara sekolah yg telah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan kurikulum baru 2013, karena merupakan hal baru bagi sekolah yang baru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan kurikulum 2013, telah barang tentu bagi bapak serta bunda pengajar masih wajib belajar serta mendalami pokok-utama isi berdasarkan kurikulum 2013 tadi, untuk aplikasi pendidikan pada sekolahnya, perubahan-perubahan mendasar dalam Kurikulum 2013 tadi adalah metode pembelajaran, penilaian pembelajaran serta juga perubahan pada administrasi pengajar termasuk penilaian output belajar atau bentuk Raport yg tidak selaras (RAPORT K-13).

Sehingga pada kesempatan emas ini kami pakai buat sedikit menyebarkan materi yang sebelumnya materi ini adalah output karya teman pendidik dari Jawa Timur serta dia jua aktif di dunia Medsos, sebagai akibatnya menggunakan mudah kami berkomunikasi melalui blog yg beliau (Kang Martho) kelola yaitu www.kangmartho.com  dengan ijin beliaulah akhirnya kami ikut membagikan karyanya. Dan berikut output karya yg berupa sebuah Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013.
Download: Aplikasi Raport K-2013 Kelas lima Semester dua Revisi 2017.xlsm
Lebih jelas download vidio tutorial ini dia:
Download: Tutorial Aplikasi Raport K-2013 Kelas 4 Revisi 2017.mp4
Demikian semoga materi Aplikasi Cetak Raport K13 Kelas lima Semester 2 Revisi 2017 dapat berguna, dan kami ucapkan poly terima kasih yg sudah bisa menemukan blog kami buat menerima banyak sekali materi pendidikan yang diperlukan sang kaum pendidik.

Baca pula:

Terima kasih kunjungannya, kami tunggu kunjungan berikutnya, semoga bisa mendapatkan apa yg diharapkan sang pengunjung seluruh. Kurang serta lebihnya mohon maaf.

Sumber Utama: //www.kangmartho.com

Comments