APLIKASI CETAK RAPORT K13 KELAS 4 SEMESTER 2 REVISI 2018

Aplikasi Cetak Raport K13 Kelas 4 Semester dua Revisi 2017

Laporan Pendidikan yang seringkali kita sebut raport memiliki fungsi yang relatif krusial, yaitu; baik bagi siswa, orang tua, guru kelas/wali kelas.
Laporan Pendidikan atau jua lebih akrab dipanggil Raport itu sendiri merupakan salah satu pertanggungjawaban sekolah terhadap rakyat mengenai kemampuan yang sudah dimiliki peserta didik yang berupa sekumpulan hasil evaluasi.kegiatan evaluasi dilakukan melalui pengukuran atau pengujian terhadap siswa selesainya mengikuti proses pembelajaran dalam suatu unit eksklusif. Untuk memperoleh kabar yang akurat evaluasi wajib dilakukan secara sistematik menggunakan memakai prinsip evaluasi.
Baca jua: Panduan Penilaian Kurikulum 2013 seluruh jenjang sekolah
Seperti yg tercantum pada pasal 25 (4) Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 mengenai Standar Nasional Pendidikan menjelaskan bahwa kompetensi lulusan meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ini berarti bahwa pembelajaran dan evaluasi perlu berbagi kompetensi peserta didik yang berhubungan dengan ranah afektif (sikap), kognitif (pengetahuan), serta psikomotor (keterampilan) (baca; Penilaian Psikomotorik)

Berikut ini adalah fungsi buku raport :
  1. Bagi Peserta didik: Mengetahui kemajuan output belajar diri, konsep-kosep atau teori-teori yg belum dikuasai, Memotivasi diri untuk belajar lebih baik, Memperbaiki strategi belajar
  2. Bagi Orang Tua: Mengetahui perkembangan anaknya sebagai akibatnya orang tua dapat membantu anaknya belajar, memotivasi buat mempertinggi hasil belajar dan melengkapi fasilitas belajar di tempat tinggal .
  3. Bagi Pengajar Mata Pelajaran: Sebagai feedback jua evaluasi dipakai pengajar untuk mengetahui kekuatan serta kelemahan siswa pada satu kelas. Hasil evaluasi harus bisa mendorong guru agar mengajar lebih baik, serta membantu guru buat menentukan strategi mengajar yg lebih tepat.
  4. Bagi Pengajar Kelas/Wali Kelas: Melalui raport pengajar kelas/wali kelas bisa mengetahui kekuatan serta kelemahan peserta didik dalam kelas yang diampunya guru kelas/wali kelas dapat memilih strategi dalam pengelolaan kelas yg sebagai tanggung jawabnya misalnya menggunakan menata ulang pengaturan loka duduk, pembagian anggota kelompok belajar dan langkah strategis lainnya buat membantu peserta didik menaikkan kompetensi siswa atau membantu mengatasi kesulitan blajar peserta didik yg lemah.
Dengan nilai raport inilah poly hal yang dapat dilakukan seorang guru kelas/wali kelas, orang tua maupun peserta didik itu sendiri, serta diharap bisa mempererat kerjasama antar pihak sekolah serta orang tua sebagai akibatnya apa yg kita harapkan buat mengakibatkan putra/putri kita yang sarat menggunakan Iptek dan Imtaq dapat terwujud.

Seiring perkembangan kurikulum pada bidang Pendidikan tentu akan merubah beberapa aspek administrasi pendidikan pada jenjang Pendidikan Dasar serta Menengah, Kurikulum 2013 adalah produk baru pada global pendidikan kita menggantikan kurikulum 2006 (KTSP), kurikulum 2013 mulai diberlakukan dari tahun 2014, lambat laun namun pasti diharapkan seluruh sekolah mengikuti perkembangan tadi yaitu melaksanakan pembelajaran dengan memakai kurikulum  2013.

Banyak diantara sekolah yang sudah melaksanakan pembelajaran menggunakan memakai kurikulum baru 2013, lantaran merupakan hal baru bagi sekolah yg baru melaksanakan pembelajaran dengan memakai kurikulum 2013, sudah barang tentu bagi bapak serta bunda guru masih wajib belajar serta mendalami utama-utama isi berdasarkan kurikulum 2013 tadi, buat aplikasi pendidikan pada sekolahnya, perubahan-perubahan mendasar dalam Kurikulum 2013 tadi merupakan metode pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan jua perubahan pada administrasi guru termasuk penilaian hasil belajar atau bentuk Raport yang tidak sama (RAPORT K-13).

Sehingga pada kesempatan emas ini kami pakai buat sedikit berbagi materi yang sebelumnya materi ini merupakan hasil karya teman pendidik berdasarkan Jawa Timur dan dia jua aktif di dunia Medsos, sebagai akibatnya dengan mudah kami berkomunikasi melalui blog yg beliau (Kang Martho) kelola yaitu www.kangmartho.com  dengan ijin beliaulah akhirnya kami ikut memberikan karyanya. Dan berikut output karya yg berupa sebuah Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013. Lebih kentara cara pengisiannya lihat vidio tutorial berikut ini:


Aplikasi Raport K-2013 Kelas 4 Semester dua Revisi 2017.xlsm
Lebih kentara cara pengisiannya download vidio tutorial ini dia:
Tutorial Aplikasi Raport K-2013 Kelas 4 Revisi 2017.mp4
Demikian semoga materi Aplikasi Cetak Raport K13 Kelas 4 Semester dua Revisi 2017 dapat berguna, dan kami ucapkan banyak terima kasih yg sudah dapat menemukan blog kami buat menerima berbagai materi pendidikan yang diharapkan oleh kaum pendidik.
Link download lainnya yg sudah kami bagikan terdahulu:
  • Aplikasi Cetak Raport K13 Kelas 1 Semester 2 Revisi 2017 [ link Download ]
  • Aplikasi Cetak Raport K13 Kelas dua Semester dua Revisi 2017link Download ]
Sumber Utama Aplikasi ini adalah: //www.kangmartho.com

Comments