UJI KECEPATAN MICROSOFT EDGE DENGAN CHROME DAN FIREFOX SIAPA YANG LEBIH CEPAT

Microsoft Edge adalah browser yang dikembangkan oleh Microsoft berdasarkan Project Spartan dan dikenal menjadi browser default Windows 10. Browser ini terbilang baru, tetapi cukup terkenal lantaran kecepatannya yang dibilang-bilang sangat cepat dibandingkan browser-browser lainnya. Sebagian besar orang sesudah memakai browser ini menyampaikan browser ini memang cepat, tetapi mereka belum membuktikannya dari segi teknis.

Di artikel kali ini saya akan menandakan seberapa cepat browser Microsoft Edge apabila dibandingkan browser menggunakan memakai tools benchmark yang disediakan sang beberapa website, pribadi saja simak yang berikut ini.
Uji benchmark Sunspider
Uji coba pertama akan kita lakukan menggunakan memakai bencmark yang disediakan oleh Sunspider. Sunspider akan mengetes seberapa cepat respon (ping) para browser menghadapi data yang diterima dari server ke personal komputer seperti membuka hash md5, menerjemahkan kode base32, hingga menguji rendering 3D.
Microsoft Edge ke Google Chrome
Jika ditinjau menurut hasil benchmark pada atas Microsoft Edge unggul dan dinyatakan 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan Google Chrome dari semua pandangan. Namun bagaimana apabila Microsoft Edge dibandingkan menggunakan Mozilla Firefox.
Microsoft Edge dengan Mozilla Firefox
Jika dipandang berdasarkan benchmark pada atas, Microsoft Edge tetap unggul menggunakan kecepatan 1.84 kali lebih cepat dibandingkan dengan Mozilla Firefox. Mari uji coba menggunakan mesin benchmark yang lainnya.
Benchmark Octane Google
Benchmark kali ini menggunakan tools developer milik Google yang dinamai dengan Octane. Octane dijalankan menggunakan JavaScript misalnya mesin benchmark lainnya yg akan menghasilkan laporan seberapa cepat performa JavaScript dalam browser.
Dari gambar-gambar pada atas kita memahami bahwa Microsoft Edge tetap unggul, Firefox pada peringkat kedua, dan Google Chrome pada peringkat ketiga. Microsoft Edge menerima skor sebesar 14368, Firefox 13631, serta Google Chrome 13011.
Benchmark JetStream
JetStream sebenarnya adalah kembangan berdasarkan Sunspider, namun telah dioptimalkan dan lebih baik pada mengbenchmark suatu browser menggunakan JavaScript. Lihat screenshot laporan benchmark browser Microsoft Edge, Chrome, dan Firefox pada bawah ini.
Dari hasil uji benchmark di atas kita mengetahui bahwa Microsoft Edge tetap unggul, Google Chrome di peringkat ke 2, serta Firefox di peringkat ketiga. Apabila berdasarkan seluruh hasil uji benchmark di atas sudah dinyatakan bahwa Microsoft Edge lebih cepat memproses data dibandingkan browser lainnya. Jadi sudah terbukti Microsoft Edge memang cepat serta bukan dari pendapat orang saja.

Comments