TRADISIONAL BANGET BEGINI CARA MASAK PEPES TAHU KULINER BANDUNG YANG SEDERHANA TAPI MENGGODA SELERA

Sesekali menikmati makanan tradisional memang menyenangkan. Rasa dan aromanya yang spesial membuatnya tak pernah sanggup terlupakan. Meski ada poly pilihan masakan modern yg jua tak kalah enak, tapi permanen saja terkadang kita kangen buat menyantap lagi.
Pepes tahu, salah satunya. Kuliner Bandung yang satu ini menunjukkan cita rasa yang menarik hati kesukaan. Padahal, cara masak serta bahan serta bumbu yang dipakai tergolong sederhana.
Cara masaknya yg dikukus dengan kemasan daun pisang menciptakan aromanya sangat spesial . Terkadang, pepes memahami pula dibakar terlebih dulu sebelum dinikmati selesainya matang dikukus.

Proses pembakaran ini dimaksudkan buat mengurangi kadar air berdasarkan pepes tahu setelah melalui proses pengukusan. Bahkan dengan proses pembakaran aroma daun pisang dan bumbu pepes memahami yang juga khas itu akan semakin keluar.
Yuk pribadi saja simak ulasan lengkap cara masak pepes berserta bahan dan bumbu apa saja yg wajib disiapkan!
Bahan masak pepes tahu:
1. 10 pangkas memahami putih, dihaluskan.
2. 1 butir telur ayam, aduk rata lepas.
3. 100 gram udang, kupas.
4. 2 utas daun bawang, iris tipis.
5. 5 utas kemangi.
6. Daun pisang untuk membungkus.
7. Lidi buat menyemat.
Bumbu masak pepes tahu:
1. Tiga siung bawang putih, iris tipis.
2. 4 siung bawang merah, iris tipis.
3. 0,5 sendok teh ketumbar serbuk.
4. 1 sdt kaldu ayam instan.
5. Garam, gula pasir, dan lada putih serbuk secukupnya.
6. 8 butir cabe rawit merah utuh.
Tips:
1. Selain memahami putih, kita juga bisa memakai memahami yg lain yang tekstrunya lembut dan empuk, misalnya tahu sutra atau memahami china.
2. Apabila ingin menerima rasa campuran pepes memahami yg pedas, kita mampu menambahkan irisan cabai rawit atau cabe merah dan cabe hijau keriting atau akbar.
3. Tak hanya udang, kita jua sanggup menambahkan ikan teri segar atau udang ebi pada masakan bandung yg satu ini.
4. Saat membakar pepes, tekan pepes supaya proses penguapan air lebih cepat.
5. Agar lebih irit dan tidak sebagai stok terlalu usang lantaran masih residu poly, pakai ketumbar bumbu kemasan sachet.
6. Telur ayam harus dipakai supaya campuran pepes menjadi padat serta tidak musnah.
Cara masak pepes memahami:
1. Masukkan tahu yang telah dihaluskan ke dalam wadah untuk membuat campuran pepes tahu.
2. Tambahkan bawang putih, bawang merah, ketumbar serbuk, garam, gula pasir, lada putih serbuk, dan kaldu ayam instan, aduk rata hingga tercampur rata.
3. Masukkan telur ayam yang tadi sudah dikocok lepas, aduk rata hingga tercampur rata.
4. Ambil adonan secukupnya, letakkan pada selembar daun pisang.
5. Tambahkan daun kemangi serta cabai rawit utuh, bungkus, semat menggunakan lidi hingga tertutup rapat. Lakukan langkah 4 serta 5 sampai adonan pepes tahu habis.
6. Susun adonan pepes memahami yang telah dibungkus pada panci pengukus yg sebelumnya telah dipanaskan, kukus hingga matang (kurang lebih selama 20-30 menit), angkat, dan abaikan hingga suhunya menjadi hangat.
7. Bakar pepes memahami hingga kadar airnya berkurang, angkat.
8. Susun pada wadah saji, hidangkan pepes tahu bersama tumis cabai hijau bumbu kecap dan ikan belanak goreng bumbu kemiri.
Meski prosesnya relatif panjang, akan tetapi semuanya terbayar lunas dengan cita rasa pepes memahami yg sederhana tapi menggoda selera ini. Selamat mencoba!

Comments