TIPS SEBELUM MEMBELI LAPTOP

Dulu laptop pernah sebagai barang glamor, terutama pada ketika pertama kali perilisannya, ini dikarenakan dulu personal komputer tidak sanggup dibawa kemana-mana lantaran mempunyai bentuk dan berat yang besar . Sekarang hampir setiap orang memiliki laptop, bahkan ada orang yang menduga laptop merupakan kebutuhan utama, terutama bagi orang-orang yg memiliki bisnis yg berkaitan menggunakan internet.


Sebelum kita memiliki laptop, pastinya kita wajib membelinya terlebih dahulu. Banyak orang yg sehabis membeli laptop baru/bekas malah menyesal karena laptopnya tidak sinkron menggunakan kebutuhannya serta ingin segera membeli yang baru. Untuk mencegah hal tersebut kita harus mengetahui seperti apa laptop yg ingin kita beli, jangan lihat dari fisik saja. Di artikel ini saya akan membahas tips pada waktu membeli laptop supaya nir menyesal nantinya, mari kita simak yg berikut adalah.

Lihat liputan mengenai laptop yg dijual

Untuk mencari laptop, kita sanggup melihat keterangan tentang laptop-laptop yang dijual melalui online shop pada internet atau pada toko-toko personal komputer yg ada di kurang lebih kita. Setelah itu lihat berita tentang laptop yang dijual tadi, terutama dalam spesifikasinya, harganya, dan merk laptopnya. Jika anda sudah yakin menggunakan laptop itu, anda mampu menuju ke tips yang berikutnya.

Lihat spesifikasi laptop


Spesifikasi laptop merupakan penyebab orang menyesal membeli laptop paling besar , lantaran kebanyakan orang nir melihat spesifikasi laptopnya terlebih dahulu, sehingga ketika dipakai laptop terasa lambat karena spesifikasi yg tidak memadai. Spesifikasi laptop dalam biasanya hampir sama dengan komputer dekstop seperti processor, RAM, VGA, VRAM, layar laptop, audio serta CD/DVD ROM.
Memilih spesifikasi laptop sesuai menggunakan keseharian
Keseharian masing-masing orang pada global ini tentunya tidak sama, terdapat orang yang memakai laptop hanya buat browsing, dengar musik, nonton film serta yang lainnya. Untuk keseharian seperti ini kita mampu memilih laptop menggunakan spesifikasi enteng, misalnya:
  • Processor, lebih kurang Intel Atom dan Intel Celeron (umumnya hanya dituliskan dengan Intel Inside), atau AMD E1. Untuk keseharian misalnya ini kita mampu memilih processor berkecepatan rendah kurang lebih 1.0 GHz hingga 1.5 GHz, berarsitektur 32-bit.
  • RAM, untuk keseharian yg enteng kita sanggup menentukan RAM dari 1 - dua GB, tetapi aku sarankan RAM 2GB.
  • VGA, buat keseharian yg seperti ini kita nir perlu membeli laptop dengan VGA tambahan (seperti nVidia, AMD RADEON, dll), laptop dengan VGA terintregrasi seperti Intel GMA saja telah relatif.
  • Audio, buat keseharian misalnya mendengarkan musik, kita sanggup memilih laptop dengan audio SonicMaster (ASUS) atau Dolby Surround.
  • Memiliki Wi-Fi.

Untuk keseharian pengguna laptop yg senang main game, atau nonton film HD, kita bisa menentukan laptop menggunakan spesifikasi sedang misalnya:
  • Processor, disarankan Intel Celeron atau Intel Core i3 dan i5, berkecepatan 1.5 GHz hingga dua.5 GHz, berarsitektur 32-bit sampai 64-bit. Dual Core.
  • RAM, minimal buat gaming merupakan dua GB, disarankan lebih menurut 2 GB.
  • VGA, VGAnya bebas yg krusial terdapat VGA tambahan misalnya AMD RADEON serta nVidia telah sangat membantu pada mencegah lag pada game.
  • Wi-Fi, diharapkan apabila kegiatan yang dilakukan sehari-hari memerlukan internet.
  • Audio, untuk keseharian seperti ini kita bisa memilih audio dengan suara yang jernih serta keras.

Untuk orang yang menggunakan laptop untuk 3D design, main game berat, multitasking, kita bisa memilih laptop dengan spesifikasi tinggi misalnya:
  • Processor, disarankan Intel Core i5 hingga i7, berkecepatan dua.5 GHz atau lebih. Quad Core.
  • RAM, minimal 4 GB, disarankan 6 GB atau lebih.
  • VGA, memiliki VGA yg bertenaga (terutama buat yg seringkali main game berat dan 3d design).
Lihat jenis baterai


Dengan adanya baterai kita sanggup memakai laptop dimana saja serta kapan saja, kecuali jika baterai laptop tadi habis. Jenis baterai serta kapasitas baterai merupakan hal yang sangat mempengaruhi ketahanan baterai serta umur baterai. Jadi kita wajib memilih jenis baterai yang sempurna supaya baterai tidak cepat rusak, Anda bisa melihat perbedaan baterai li-po dan li-ion pada sini.

Melihat OS bawaan


OS atau operating system adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai antarmuka dan pengatur hardware, model dari OS yaitu Windows, Linux, dll. Sebagian laptop biasanya dilengkapi dengan OS bawaan dari pabrik, OS yg ditawarkan umumnya misalnya Windows 7 dan 8, ada juga yg Linux. Kalau sanggup, pilih laptop menggunakan OS bawaan Windows orisinil saja supaya lebih mudah penggunaannya dan dapat menghemat porto.
Lihat keadaan laptop

Pada waktu kita membeli laptop baru juga bekas, tentunya kita harus melihat terlebih dahulu keadaan laptopnya. Keadaan laptop mampu dilihat dari fisik juga menurut softwarenya, bila anda ingin membeli laptop bekas sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada penjualnya plus serta minusnya serta apakah laptop pernah terbanting?. Tes pula suaranya, apabila suara sudah pecah-pecah maka keadaan laptop tersebut telah tidak baik.
Pilih berukuran layar

Laptop memiliki majemuk berukuran layar, ukuran layar ini juga mempengaruhi resolusi layar yg terdapat pada dalam laptop. Pilihlah ukuran layar yg nyaman pada mata anda dan sesuai dengan kebutuhan anda sehari-hari.
  • 11" - 13", disarankan buat orang yg sering membawa laptopnya pulang, karena ukurannya yg kecil serta beratnya yang relatif ringan.
  • 13" - 14", ukuran layar ini merupakan berukuran yang paling acapkali digunakan oleh laptop menengah, layarnya relatif lebar serta nyaman pada mata, tetapi lumayan berat buat di bawa.
  • 15" - 17", berukuran layar yang ini umumnya digunakan oleh laptop-laptop gaming. Ukurannya besar jika dibandingkan dengan laptop dalam umumnya, laptop ini jua sangat berat buat dibawa-bawa.
Pilih hybrid atau biasa

Seiring berkembangnya teknologi, laptop pun pula ikut dikembangkan. Salah satu yg sedang terkenal kini merupakan laptop hybrid, yaitu laptop yang seperti dengan tablet, layarnya sanggup dipisah menurut keyboard, toucscreen, dan terdapat yg sanggup direntangkan sampai 180 derajat. Laptop hybrid dalam umumnya mempunyai OS Windows 8 atau lebih, laptop hybrid lebih mahal apabila dibandingkan dengan laptop dalam umumnya dan tidak direkomendasikan untuk gaming.

Pilih merek laptop


Kualitas laptop umumnya ditentukan menurut mereknya, jika kualitasnya indah maka merek tadi akan populer menjadi merek laptop yg awet dan kebalikannya. Jadi minta pendapat dari orang lain yg sudah berpengalaman memakai laptop berdasarkan beberapa merek, umumnya mereka bisa memberikan saran lantaran telah pernah memakai laptop menggunakan merek yang bersangkutan. Atau anda mampu mengambil menurut sini Merek laptop terbaik di dunia tahun 2015.

Lihat berukuran keyboard


Keyboard merupakan keliru satu hardware input yg berfungsi buat memasukkan huruf atau karakter-karakter tertentu ke pada komputer. Jika anda seringkali mengetik, maka anda harus menyesuaikan kenyamanan anda terhadap keyboard, lihat apakah jari anda mampu mengetik dengan nyaman dan cepat.

Sesuaikan dengan jumlah uang anda

Hal yg terpenting pada membeli laptop merupakan uangnya. Sebaiknya sesuaikan terlebih dahulu laptop yg ingin dibeli dengan kebutuhan sehari-hari serta uang yang anda miliki. Pikir ke depannya apabila anda ingin membeli modem atau langganan internet, maka anda harus membagi dana ke laptop dan akses internet.

Lihat garansi laptop


Banyak produsen laptop yg sudah memberanikan dirinya untuk memasang garansi pada beberapa produknya. Garansi ini berfungsi bila laptop rusak tanpa sepengetahuan kita, jika laptop terjatuh atau tercebur air maka garansi tidak berlaku. Jika laptop ada garansinya berarti laptop tersebut sudah dijamin ketahanannya minimal hingga garansi laptop tadi berakhir.

Pilih toko laptop yang terpercaya

Toko laptop terpercaya bisa ditemukan di sekitar tempat anda atau kota-kota akbar. Dan sanggup diketahui dari orang-orang yang pernah membeli laptop, toko laptop yang terpercaya umumnya memiliki sertifikat berdasarkan beberapa perusahaan seperti Microsoft yaitu Microsoft Gold Partner. Dengan membeli laptop dari toko yang terpercaya kita mampu meminimalisir pembelian laptop yg palsu.
Dengan tips-tips di atas semoga anda bisa menentukan laptop yg sesuai menggunakan kebutuhan anda sehari-hari dan tidak menyesal nantinya apabila telah membeli laptop.

Comments