TIPS KERJA & CARA MENJADI SUPERVISOR SUKSES HANDAL

Supervisor sukses & handal - Mungkin kebanyakan dari kita belum mengetahui apa itu pekerjaan sebagai supervisor. Supervisor dalam bahasa Indonesia dikenal menjadi penyelia, supervisor sendiri seperti dikutip berdasarkan situs Wikipedia dari berdasarkan kata supervise yang sanggup berarti pengawas, pengarah, pengendali dsb. Tugas primer supervisor adalah menjembatani antara jabatan diatasnya (manager, direktur maupun direksi) pada para bawahannya (staf, karyawan). Mengungkapkan kebijakan atasan dan melanjutkannya pada para staf serta karyawan. Sehingga tugas & tanggung jawab supervisor sangat krusial, sehingga dibutuhkan skill khusus untuk jabatan ini.
Oleh karena itu, seseorang penyelia (supervisor) wajib memiliki kemampuan yang bermutu tinggi dan meliputi keterampilan membina hubungan baik pada antara atasan serta bawahan; keterampilan terhadap kegunaan serta peran kerja supaya sanggup bekerja menggunakan baik, berdayacipta (creative), berhasilguna, bermutu, bisa membentuk, berdayaguna (efficient), berturutkerja (synergetic), serta cerdas melakukan penyeliaan terhadap bawahan; keterampilan kecerdasan jiwa batiniah (emotional intelligence) dan pola pikir yg membina tabiat baik.

Setelah beberapa ketika lalu saya membahas mengenai tugas dan tanggung jawab supervisor, kali ini aku akan sedikit membahas mengenai bagaimana menjadi supervisor yang tangguh, handal dan sukses sinkron bidang pekerjaan. Supervisor dapat dibagi dalam beberapa tugas sinkron bakat dan pengalamannya menjadi model supervisor produksi, marketing, management dan sebagainya,  tetapi secara generik supervisor memiliki tugas primer yaitu memonitoring suatu jalannya produksi supaya berjalan lancar dan terkendali.
Kemampuan Yang dimiliki Supervisor Handal
Nah berikut adalah beberapa skill, kemampuan dan tanggung jawab yg diperlukan untuk menjadi supervisor yang handal serta sukses:
  • Mampu menyampaikan kebijakan yang disampaikan oleh jabatan di atasnya pada semua bawahan dan groupnya dengan baik, oleh karenanya seorang supervisor yang handal dituntut bisa mnyampaikan warta dengan baik.
  • Seorang supervisor handal harus mempunyai jiwa kepemimpinan, mampu mengatur kelompok kerja dalam grup yang dipegangnya ataupun memberikan tugas pada subordinatenya
  • Seorang supervisor handal juga harus memiliki kemampuan ekstra tidak hanya mengandalkan kinerja para staf atau karyawan namun jua melaksanakan tugas, proyek, dan pekerjaan secara langsung
  • Seorang supervisor handal juga harus menjadi pengayom, memberikan pembinaan, memimpin, memotivasi, menegakkan aturan, disiplin, sanggup memecahkan masalah, mengontrol, mengevaluasi kinerja anak buahnya.    Supervisor dituntut memiliki jiwa pemimpin, leader, sanggup memimpin serta membina karyawan pada bawahnya, persoalan solver.

Nah disini pentingnya sebuah perusahaan, instansi maupun organisasi memiliki seorang supervisor. Lewat supervisor inilah visi dan misi perusahaan diharapkan dapat tercapai. Seorang supervisor harus mempunyai kriteria pemimpin yg baik serta adil, hal ini dikarenakan vitalnya kiprah supervisor dalam kesuksesan perusahaan. Tugas supervisor dan tanggung jawabnya memang krusial buat perusahaan, namun secara garis akbar supervisor dapat kita bagi menjadi lima tanggung jawab yang akbar yaitu.
  • Planning, merencanakan kegiatan yg menjadi tugasnya
  • Organizing, mengordinasikan aktivitas serta tugas supaya berjalan lancar
  • Staffing, memastikan setiap orang yang terlibat pada tugas dan pekerjaan tersebut.
  • Directing, Mengarahkan bagaimana agar tugas serta pekerjaan tersebut bisa berjalan lancar.
  • Controlling, melakukan kontrol terhadap kegiatan pada kelompok dan pekerjaan yg dilakukan oleh kelompok tadi.

Peran supervisor sangat diperhatikan manajemen dalam kurun waktu 3-4 bulan selesainya mendapat kenaikan pangkat sebagai leader, kebanyakan supervisor baru kebingungan menggunakan langkah apa yang dimulai terlebih dahulu, memang disatu sisi jabatan serta kompensasinya semakin baik, tetapi jua berbanding dengan itu tugas dan tanggung jawabnya sudah sangat berpengaruh langsung dengan kinerja organisasinya. 
Mulai mempersiapkan diri anda buat menjadi seseorang Supervisor jauh hari sebelum promosi atau hire yg ditawarkan, memeriksa menggunakan seksama dan terus dilatih mengenai keterampilan teknis serta menilai bagaimana pekerjaan anda kini . Nah bagi anda yg bersiap buat sebagai supervisor atau penyelia serta menempati jabatan tersebut, berikut tips yang mungkin bermanfaat buat kelangsungan karir anda yg lebih baik yaitu sebagai supervisor yang sukses dan handal.
Banyak belajar
Pelajarilah poly kitab -buku tentang manajemen serta leadership. Membaca mengenai hal itu minimum 20 mnt perhari termasuk hari sabtu dan minggu. Ambil kelas pendek mengenai leadership yang peluangnya anda jalani, pada Indonesia banyak sekali pembinaan-pelatihan pendek antara tiga hari s/d 1 bulan yg membarui sudut pandang anda tentang kepemimpinan. Aktivitas anda misalnya ini biasanya akan diketahui sang pimpinan anda dan melihat anda berusaha menaikkan kemampuan diri. Yakinlah apabila hal ini yg anda lakukan, ini akan menjadi norma yg sangat baik.
Jangan malu bertanya dan meninta bantuan
Siapapun orang yang baru menempati jabatan yg baru diemban tentu membutuhkan banyak pengetahuan dan rapikan cara yang berlaku diperusahaan tadi. Jadi jangan lupakan cek lima-10 mnt laporan-laporan yg anda kelola dari staf anda dipagi hari serta jangan malu buat meminta saran dan bantuan mereka.
Sigap dan tegas mengambil keputusan
Supervisor dituntut menjadi leader atau pemimpin, jadi tunjukkan dalam karyawan, bawahan atau staf anda bahwa anda seorang pemimpin yang disiplin, tegas, mengayomi, mengarahkan serta menjaga peraturan.
Memotivasi anak buah
Perhatikan dengan benar-benar-sungguh hal-hal yang tidak perlu namun mengganggu staf anda serta perbaikilah. Tidak usah terlalu panjang membicarakannya, memutuskan suatu keputusan, lantaran mereka mencatat itu menjadi kekurangan anda. Buat mereka bekerja dengan nyaman. Cari tahu kelebihan staf anda dan melihat pengembangan karir mereka. Dengan hal seperti ini mungkin suatu saat anda akan kehilangan mereka, namun mereka lebih termotivasi serta bersemangat buat mencapai tujuan selama pada pengawasan anda. Ajaklah serta ajarkanlah pada suatu dunia pekerjaan yg sehat dan logis serta jelaskan pada staf anda mengapa perusahaan memerlukan karyawan dengan tipe misalnya itu. Tantanglah staf anda buat suatu tujuan positif bukan karena kekuasaan organisatoris belaka, bila mereka menghadapi masalah anda wajib turun buat menopang dan membantu mereka.

Comments