SIMAK CARANYA PROSES PEMBUATAN KNALPOT MOTOR

TAhukah anda bahwa bahan dasar pembuatan knalpot biasa diproses berdasarkan bahan drum bekas serta diberi lapisan bahan anti zat oksidasi, namun terdapat jua knapot yg bahan dasarnya terbuat berdasarkan plat stainless stell, dan menurut skema proses pembuatan knalpot di taraf industri usaha mini menengah ( UKM ) ternyata proses pembuatan knalpot khususnya knalpot motor tidaklah sulit. Secara garis besar bisa kita produksi sendiri di bengkel kita menggunakan alat-alat - peralatan yang sederhana. Seiring pertumbuhan tunggangan pada indonesia yg sangat pesat terlebih kendaraan roda 2 ( sepeda motor ) tentu saja permintaan pasar akan knalpot pula akan semakin tinggi, apalagi knalpot yg di produksi bentuknya unik dan mempunyai fungsi peredam panas dan peredam suara letupan mesin menggunakan baik. Apabila anda tertarik bergelut di industri pembuatan knalpot, maka tidak terdapat salahnya anda menyimak artikel ini hingga tuntas, paling nir terdapat sedikit gambaran bahwa memproduksi knalpot itu tidak sulit.
Agar wawasan anda lebih terbuka seputar proses pembuatan knalpot motor silahkan gali berita sebanyak - banyaknya bersama kami pada sini.
Ternyata terdapat poly sekali Knalpot Non Standart yg keren - keren modelnya dengan harga yg terjangkau dan kwalitas yang terjamin, sebelum anda tetapkan buat belajar menciptakan knalpot dan memproduksinya secara massal menggunakan skala home indutri, terdapat baiknya anda menyimak terlebih dahulu model - model knalpot motor yg sedang demam isu dan di gemari para pecinta otomotif pada indonesia, selengkapnya sanggup melihatnya sejenak pada --> SINI
Atau Bisa Anda Cek pada --->  SINI

Untuk contoh - model contoh produk knalpot motor yg lebih lengkap menggunakan bahan dasar yg berkwalitas sampai bahan dasar serat karbon, dan dalam umumnya ada pada indonesia serta mudah didapatkan pada pasaran, selengkapnya bisa juga anda simak  di --> SINI
Knalpot atau bila di artikan pada bahasa indonesia diklaim sebagai Saringan Udara, memiliki rumus perhitungan agar knalpot yg anda buat dapat berfungsi menggunakan aporisma, silahkan anda simak rumusnya di bawah ini :
RUMUS PERHITUNGAN UKURAN KNALPOT

L = ( 850 x ET ) / MAX RPM – 3
L = panjang pipa knalpot yg akan dibuat
ET = Exhaust Timing, kapan klep buang mulai membuka sebelum TMBMAX
RPM = RPM yang dimau buat mendapatkan puncak tenaga
Contoh : apabila Mesin motor anda timing exhaust mulai membuka 80 derajat sebelumTMB , maka perhitungannya adalah
L = ( 850 x 260 ) / 10,000 – 3L = 19.1 inches = 485 mm
Kemudian kita akan mementukan diameter pipa knalpot yang dibutuhkan merupakan sbb:
D = sqrt ( CC / ((L + tiga) x 25) ) x dua.1
D merupakan diameter pipa yg diinginkan
CC adalah kapasitas silinder
L merupakan panjang knalpot
Maka diameter pipa knalpot untuk motor anda merupakan :
D = sqrt ( 171 / ((19.1 + tiga ) x 25) ) x 2.1
D = 29
mmsqrt = 0.317 = 0.563


Gambaran Model Knalpot :



Ukur sepeda motor anda berdasarkan sambungan pipa dalam mesin kepalake kaki pasak serta kemudian ke belakang, ingat buat gambar sketsa bentukdasar untuk knalpot Anda,




Cobalah anda perhatikan skema sistem pembuangan udaraknalpot berikut ini :
8 Ruang bakar. 9 Katup buang. 10 Saluran buang. 11 Exhaustmanifold. 12Catalytic converter. 13 Muffler.umumnya komponen pada sistem pembuanganterdiri menurut :

Kepala silinder, dimana pipa pembuangan dimulai, kecuali dalam mesin dua langkahdimanasaluran pembuangan ditempatkan dibagian bawah dinding silender.

Exhaust manifold atau exhaust header, dimana pipa daribeberapa ruang bakar/silinderbergabung.

Catalytic converter buat menurunkan kadar gas beracun, CO,HC serta NO

Knalpot, pipa buat mengalirkan gas output pembakaran.

Peredam bunyi atau dianggap juga muffler yg berfungsi untukmeredam bunyi. Pada sepeda motor, peredam bunyi terdapat di pada knalpot, Selain itu pada motor keluaran modern di pada knalpotnya terdapat part yg namanya catalytic converter atau katalis. Part ini berfungsi menjadi penghilang kandungan berbahaya akibat proses pembakaran misalnya hidrokarbon. “Part ini berfungsi menekan kadar emisi gas buang berdasarkan residu pembakaran.

Untuk Proses dan Cara Pembuatan Knalpot Bisa anda simak selengkapnya pada  video ini dia :

--> SELANJUTNYA

Comments