SIAPA PRIBUMI SIAPA PENDATANG ARTI PRIBUMI DAN PENJELASANNYA

Baru dilantik, baru berpidato, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah memunculkan polemik dengan menyebut-nyebut kata 'pribumi'. Kata pribumi diasosiasikan sebagai lawan berdasarkan pendatang. Karena memakai istilah pribumi maka, poly orang yg menduga bahwa, perkataan Anies Baswedan mengandung makna 'yang dulu bukan pribumi yang menguasai Jakarta'.
Lalu sebenarnya, apa arti istilah pribumi, apa penjelasannya serta bagaimana kemungkinan makna yg dimiliki sang kalimat yg diucapkan sang Anies Baswedan.
Secara etimologis, pribumi adalah kata pada bahasa Indonesia yang mempunyai arti penghuni orisinil, yg dari berdasarkan loka yang bersangkutan. Ini pengertian dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Selanjutnya pada pengertian dalam KBBI tersebut pribumi juga disamakan artiknya dengan inlander. 

Sementara, penjabaran yang masih ada dalam wikipedia berbahasa Indonesia, pribumi nir hanya perkara negara, namun kasus kewilayahan saja. Pribumi memiliki makna asala menjadi orang yg asal dari daerah atau negara yang bersangkutan. Lebih jelasnya lagi, batasan pribumi adalah orang yg lahir berdasarkan orang tua yang lahir pada tempat tadi.

Ini contoh konkret, kakek saya adalah pendatang pada dusun Mangaran desa Sukamakmur, asal berdasarkan Jepara di Zaman Kolonial Belanda. Bapak aku merupakan keturunan pendatang, lahir di dusun Mangaran. Sementara saya adalah orang yang lahir dari orang yang lahir pada dusun Mangaran. Berarti baru saya yg bisa dianggap sebagai pribumi pada dusun Mangaran. Bapak saya masih 'keturuan pendatang' dan kakek saya adalah 'pendatang'.
Sebenarnya sesederhana itu pengertian pribumi. Apabila dikembalikan pada makna asalnya, dan dikaitkan dengan posisi Anies Baswedan menjadi Gubernur DKI Jakarta, berarti yg dimaksud dengan Pribumi sanggup jadi memiliki batasan. Pribumi Jakarta. Karena bukan hanya kasus. Maka batasan itu bisa dijabarkan menjadi berikut: Pribumi Jakarta merupakan orang yg lahir dari orang tua yg pula lahir pada Jakarta.

Yang menjadi perkara adalah berapa persen penduduk Jakarta yang orang tuanya memang lahir di Jakarta? Sebagai kota besar , tentu poly pendatang yg masuk ke Jakarta sampai akhirnya menjadi warga Jakarta.
Nah, berkaitan menggunakan itulah kata pribumi yang dipakai sang Anies Baswedan sanggup menjadi istilah politis. Maka poly penafsiran yg bekembang berkait menggunakan pidato Anies Baswedan tersebut. Ada yang mengatakan Anies Baswedan mengorek luka usang. Karena Gubernur terpilih sebelumnya merupakan 'orang cina'.
Sebenarnya ucapan Anies Baswedan jua sanggup mampu dipahami menjadi, 'Ini saatnya orang Jakarta yang memimpin Jakarta'. Mengingat Ahok berasal menurut Belitung, dan Djarot dari Blitar. Bukan Pribumi Jakarta.
Meskipun Anies Baswedan telah mencoba 'meluruskan' kata yang dipakai, tapi terlanjur menjadi pembahasan. Setidaknya bangsa Indonesia telah peka menggunakan kata-istilah yg sensitif serta seharusnya jua lebih memahami kata secara menyeluruh termasuk di dalamnya merupakan istilah 'pribumi'. Bukan asal menggunakan apalagi mengomentari ucapan orang sebelum membaca pengertian pribumi atau istilah lainnya.
Nilai Makna serta Sinonim Pribumi

Dalam bagian ini nir lagi dikaitkan istilah Pribumi menggunakan Ucapan Anies Baswedan. Yang perlu disampaikan merupakan kata pribumi pernah menjadi suatu pujian. Dibandingkan menggunakan inlander yang adalah serapan menurut bahasa Belanda.
Inlander dianggap sebagai kata yg menghina dan merendahkan. Lantaran mempunyai arti rendahan. Sementara selain menggunakan istilah pribumi ada pula kata yang tak jarang digunakan sang penduduk Indonesia, yaitu kata Bumiputra. 

Dalam Tesaurus Alfabetis Bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Pusat Bahasa, istilah pribumi  bersinonim dengan dengan bumiputra, anak negeri, orisinil, bibit buwit (lihat Tesaurus Alfabetis Bahasa Indonesia page 453). Sementara kata pribumi memiliki antonim asing.

Comments